3 Faktor Penyebab Motivasi Kerja Karyawan Menurun

motivasi kerja karyawan menurun

Seorang yang tidak memiliki kepercayaan diri takut untuk menerima tantangan yang memaksa mereka keluar dari zona nyaman. Sementara itu seseorang yang percaya diri malah ingin mendapatkan tantangan baru dan keluar dari zona nyaman mereka.

Dua tipe orang tersebut bisa Anda temukan di lingkungan kantor, yakni pada diri karyawan. Tingkat kepercayaan diri karyawan dapat terlihat dari kinerja mereka. Seseorang yang tidak percaya diri akan sulit memberikan hasil pekerjaan terbaiknya.

Agar hal itu tidak terjadi pada diri karyawan Anda, pastikan 3 hal yang menghancurkan rasa percaya diri karyawan seperti ini tidak terjadi pada lingkungan perusahaan.

1. Tidak Ada Feedback Positif dan Dukungan

Apakah Anda pernah memberikan umpan balik positif atau dukungan bagi karyawan Anda? Jika jarang atau malah tidak pernah, maka ketahuilah bahwa hal tersebut bisa menghancurkan rasa percaya diri karyawan. Mereka akan merasa tidak bisa melakukan pekerjaan dengan baik.

Anda tidak harus berbohong hanya untuk memuji karyawan dan menyenangkan hati mereka. Melainkan, sampaikanlah opini Anda sebagai bentuk feedback positif yang membangun bagi karyawan.

Anda juga harus memberikan dukungan yang mereka butuhkan baik berupa alat pendukung ataupun motivasi. Cara ini membuat karyawan merasa dihargai sehingga mendorong rasa percaya diri mereka.

Baca juga:  6 Cara Membangun Budaya Perusahaan yang Baik

2. Bullying

Kata siapa bullying hanya terjadi pada lingkungan sekolah? Bullying juga banyak ditemukan di lingkungan kerja, dan bahkan menjadi “budaya” pada beberapa perusahaan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Judy Blando (University of Phoenix), 75% karyawan terlibat dalam kasus bullying baik sebagai target atau saksi. Jumlah ini terbilang sangat tinggi dan mengindikasikan bahwa perusahaan terkait tidak sehat.

Jika ingin memiliki karyawan yang percaya diri maka Anda harus menghentikan praktik bullying yang ada di perusahaan Anda. Tetapkan peraturan yang tidak memberikan toleransi bagi siapapun pelaku bullying dan meminta para saksi untuk berani berbicara.

3. Kurang Kompensasi

Faktor uang selalu mempengaruhi performa karyawan, untuk lebih baik atau buruk. Jika ada karyawan yang merasa tidak mendapatkan gaji atau kompensasi yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan, maka mereka akan mulai merasa tidak percaya diri dan kurang dihargai. Hal tersebut kemudian perlahan menghilangkan motivasi karyawan untuk bekerja.

Kesimpulan

Ketika ingin menilai karyawan, Anda harus memikirkan tentang performa yang sudah dilakukan dan potensi performa yang mungkin masih terpendam. Idealnya, performa karyawan yang telah ditunjukkan berada pada tingkat yang sama dengan potensi performa yang belum terlihat.

Baca juga:  5 Cara Jitu Mengajukan Permohonan Cuti Kerja

Namun sayangnya tidak semua karyawan bisa menunjukkan potensi mereka yang sebenarnya karena merasa tidak percaya diri. Karyawan tidak akan bisa bekerja secara maksimal tanpa adanya rasa percaya diri

Untuk itu, pastikan Anda telah menghilangkan 3 hal yang disebutkan di atas untuk memberikan rasa percaya diri pada karyawan.

Sumber:
Recruiter: 3 Things That Can Impact an Employee’s Confidence (and Performance)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *