7 Cara Memotivasi Diri Sendiri agar Bekerja Keras Meskipun Sedang Tidak Mood

Back to Blog

Tidak ada seorang pekerja yang bisa memiliki motivasi kerja selama 24/7. Ada kalanya suasana hati sedang buruk, yang kemudian berpengaruh pada performa kerja Anda. Jika suasana hati yang buruk dibiarkan, maka Anda akan dikuasai olehnya.

Jangan sampai hal ini terjadi agar pekerjaan Anda bisa tetap lancar. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mood buruk agar motivasi kerja tetap terjaga.

banner_karyaone

Jangan menganggapnya sebagai kerja keras

Pikirkan bahwa pekerjaan yang Anda lakukan seperti layaknya bermain puzzle. Jangan berpikir pekerjaan adalah tanggung jawab besar dan sebuah kewajiban yang harus dilakukan setiap harinya.

Buatlah pemikiran bahwa bekerja setiap hari adalah layaknya menyusun kepingan-kepingan puzzle agar mendapatkan satu gambaran utuh yang indah.

Dengan bekerja, Anda sedang melakukan langkah untuk mencapai cita-cita dan impian di masa depan. Dengan berpikir bahwa Anda sedang di jalan meraih mimpi, motivasi akan muncul dengan sendirinya.

Buat tujuan-tujuan kecil

Menyelesaikan sebuah proyek yang besar bisa saja membuat Anda kebingungan harus memulainya dari mana. Hal ini juga bisa mempengaruhi suasana hati saat sedang bekerja. Daripada memikirkan sebuah gambaran proyek besar dan menakutkan, akan lebih baik jika memecahnya menjadi bagian-bagian yang kecil.

Anda bisa membuat daftar hal apa saja yang harus diselesaikan menjadi tujuan-tujuan yang kecil. Setelah mendapat gambaran tersebut, Anda bisa mulai menyelesaikannya satu per satu.

Dengan begini, setiap Anda selesai menyelesaikan satu tujuan yang kecil, akan ada rasa puas karena ada kemajuan dan pencapaian yang dilakukan. Motivasi kerja juga akan semakin bertambah.

Tanamkan kebiasaan membaca

Tips yang satu ini bisa saja membuat kening Anda berkerut. Di saat motivasi adalah hal yang diinginkan, Anda malah diminta untuk membaca.

Namun, bukankah Anda sudah tahu bahwa kebiasaan membaca buku menjadi bagian tersendiri dari cerita kesuksesan orang-orang terkenal di dunia? Bisa saja dari buku yang Anda baca, ada yang bisa membangkitkan suasana hati menjadi lebih baik dan bersemangat lagi.

Mulailah dengan membaca buku di pagi hari selama satu jam. Jika terlalu lama, bisa dengan dua puluh menit terlebih dahulu di awal. Jadikan ini aktivitas wajib untuk mendapatkan motivasi kerja yang baik saat memulai pekerjaan di pagi hari.

Berhenti memikirkan urusan yang tidak penting

Memikirkan hal-hal tidak berarti yang tidak berhubungan dengan Anda adalah sebuah cara paling mudah untuk membuang waktu sekaligus menghabiskan energi. Bahkan drama-drama yang biasa ada di kantor, jika Anda mengikuti dan terlalu ingin tahu, bisa membuat suasana hati menjadi buruk.

Berhenti memikirkan segala hal yang tidak berhubungan dengan Anda maupun pekerjaan. Tak perlu ingin tahu segala macam urusan orang lain. Fokuskan saja energi dan pikiran untuk menyelesaikan tugas kantor.

Jadwalkan waktu untuk istirahat

Cara terbaik untuk memunculkan motivasi saat suasana hati sedang tidak baik adalah dengan mengambil waktu istirahat sejenak. Anda mungkin merasa selalu dikejar oleh deadline pekerjaan sehingga merasa terburu-buru dan mengacaukan mood.

Tentukan waktu untuk diri sendiri istirahat dan tidak hanya memikirkan urusan kantor. Anda harus mematuhi jam istirahat yang sudah ditentukan.

Berhenti membalas email atau chat pekerjaan saat sudah diatas jam 21:00. Saat Anda sudah memutuskan untuk berlibur dan mengambil cuti, jangan memikirkan urusan pekerjaan.

Hal ini agar pikiran Anda kembali segar dan bisa memunculkan motivasi untuk bekerja kembali. Agar proses pengajuan cuti atau izin bisa segera diproses dan disetujui, gunakan Manajemen Absensi dan Kehadiran dari KaryaONE. Data akan terimport otomatis dari mesin absensi seperti fingerprint scanner dan radio-frequency identification.

Just do it!

Menunda-nunda pekerjaan adalah sebuah kesalahan. Maka dari itu, jika sudah dihadapkan dengan pekerjaan, jangan pikirkan hal lain dan fokuslah untuk menyelesaikannya.

Terkadang Anda harus bertindak seperti robot agar membuat fokus tidak terganggu. Pastikan jika sudah berada di kantor, buat diri Anda fokus. Lupakan hal-hal lain sejenak. Ini efektif untuk mengobarkan rasa semangat dan motivasi kerja.

Rayakan pencapaian

Agar terhindar dari pikiran yang buruk dan bisa mengacaukan mood, rayakan sekecil apa pun bentuk pencapaian yang sudah Anda lakukan. Anda masih ingat dengan tips membagi sebuah proyek yang besar menjadi tujuan-tujuan yang kecil?

Nah, setiap tujuan-tujuan kecil yang sudah Anda capai dan selesaikan patut untuk dirayakan. Setidaknya, untuk menyelesaikan hal yang besar, Anda sudah memulainya langkah demi langkah. Setelah puas bisa melakukan satu hal, Anda akan termotivasi menyelesaikan langkah selanjutnya.

Jangan biarkan perubahan mood mengambil alih diri Anda. Jika tetap dibiarkan, bukan tidak mungkin pekerjaan akan terbengkalai. Terus motivasi diri dengan berbagai cara di atas agar pekerjaan tetap selesai secara baik walaupun Anda sedang tidak mood. Good luck!

Sumber : Themuse

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog