Pelajari Opportunity Cost Lebih Lanjut di Sini!

opportunity cost

Dalam ilmu ekonomi, pasti Anda tidak asing lagi dengan istilah opportunity cost. Opportunity cost sendiri banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun begitu, banyak yang belum mengenal istilah tersebut. Lalu, apa itu opportunity cost sebenarnya? Simaklah ulasannya dalam artikel berikut ini!

Banner KaryaOne - Payroll Software Indonesia

Apa Itu Opportunity Cost?

Dalam bahasa Indonesia, opportunity cost memiliki arti ‘biaya peluang.’ Opportunity cost sendiri merupakan hilangnya potensi keuntungan dari sebuah alternatif lain saat salah satu alternatif dipilih.

Opportunity cost ini merupakan konsep utama dalam ekonomi yang merefleksikan hubungan fundamental antar kelangkaan dan peluang.

Konsep ini biasa dipakai dalam konsep ekonomi yang mana pelakunya akan merelakan sebuah kesempatan untuk mengambil kesempatan lain dengan mengeluarkan biaya berjumlah tertentu.

Biaya peluang ini tidak hanya terbatas pada biaya moneter saja, tapi juga termasuk biaya riil output, kesenangan, manfaat, atau kehilangan waktu.

Kenapa Opportunity Cost Penting?

Biaya peluang memiliki manfaat untuk memperoleh alternatif tindakan terbaik dari berbagai alternatif yang tersedia.

Salah satu tujuan dari ide atau konsep ini adalah menggunakan sumber daya yang tersedia dengan efisien.

Tingkat efisiensi ini bergantung pada cara mempertimbangkan dan memutuskan. Maka dari itu, pemahaman konsep opportunity cost sangat penting dalam sebuah praktik ekonomi.

Contoh Sederhana

Anda bisa bayangkan jika Anda hendak membeli sebuah tas baru. Ada dua tas yang menarik perhatian Anda.

Tas pertama memiliki wadah untuk meletakkan laptop tapi ukurannya sangat besar untuk Anda bawa ke mana saja.

Sementara itu, tas kedua ukurannya tidak terlalu besar, tapi tidak ada wadah untuk meletakkan laptop Anda.

Setelah Anda mempertimbangkan tas mana yang akan Anda beli, akhirnya Anda memutuskan untuk membeli tas pertama yang memiliki wadah laptop daripada tas kedua yang tidak memilikinya.

Dengan demikian, Anda tidak harus merasakan membawa tas dengan ukuran sangat besar sehingga pengalaman menggunakan tas yang berukuran normal adalah biaya peluang yang harus Anda bayarkan.

Bagaimana Cara Menghitung Opportunity Cost?

Berdasarkan contoh di atas, Anda bisa membayangkan sendiri konsep dari opportunity cost itu seperti apa.

Anda harus mempertimbangkan keputusan mana yang lebih baik dalam mengambil keputusan dengan mempertimbangkan pengeluaran dan konsekuensinya.

Contoh lain untuk menjelaskan hal tersebut adalah biaya yang harus Anda keluarkan untuk perjalanan dari rumah Anda ke kantor.

Jika Anda pergi menggunakan transportasi umum untuk pulang pergi, Anda memerlukan biaya sekitar Rp10.000.

Namun, Anda tidak bisa sampai di depan kantor langsung karena Anda harus berjalan setidaknya 1 kilometer dari tempat pemberhentian transportasi umum.

Bandingkan bila Anda memilih menggunakan sepeda motor sendiri untuk perjalanan pulang pergi bekerja, Anda harus mengeluarkan biaya Rp10.000 untuk bisa berkendara sampai di depan kantor.

Pastinya, akan lebih efektif dan efisien untuk memilih menggunakan sepeda motor karena tidak memakan waktu lebih lama saat di perjalanan dan juga tidak menguras tenaga Anda untuk berjalan kaki.

Itulah biaya peluang yang Anda dapatkan saat memilih menggunakan sepeda motor daripada transportasi umum.

Menentukan pertimbangan dalam pengambilan keputusan harus menghitung biaya peluang adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Dalam sebuah bisnis, hal tersebut bisa jadi pertimbangan dalam menekan biaya pengeluaran bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan performa kerja yang lebih efektif saat mengetahui opportunity cost dari masing-masing opsi yang ada.

Semoga informasi ini mampu menambah ilmu Anda dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Sumber : bigcommerce.com

__________
KaryaONE adalah HR dan Software Payroll Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *