Memilih Karyawan Efektif

8 Tips Memilih Karyawan Secara Efektif

Dengan tujuan memilih karyawan yang terbaik untuk pekerjaan yang tepat, kita harus mengidentifikasi kandidat yang melamar ke perusahaan. Ada beberapa cara yang kita bisa lakukan agar mendapatkan kandidat terbaik. Namun apakah semua cara tersebut perlu sepenuhnya diterapkan dalam pemilihan kandidat tergantung pada jenis pekerjaan yang [...]

kandidat karyawan

Cara Mencari Kandidat Karyawan Berkualitas

Keberhasilan dalam mencari kandidat karyawan berkualitas merupakan salah satu faktor penting dalam proses perekrutan yang efektif. Namun perusahaan tidak bisa melakukan perekrutan apabila tidak ada calon kandidat yang melamar. Perusahaan yang mampu mencari atau mengundang kandidat terbaik tak hanya akan meningkatkan produktivitas karyawan, namun mengurangi tingkat persaingan [...]

cara berkomunikasi

Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Bawahan di Kantor

Anda berharap bisa berkomunikasi secara bebas dengan karyawan dan sebaliknya. Untuk mencapai tujuan ini, Anda mencoba untuk bersikap terbuka dan ramah sehingga bisa didekati oleh karyawan. Namun, ada kalanya karyawan tetap enggan untuk berkomunikasi dengan Anda. Akibatnya, karyawan cenderung menyimpan informasi yang sebenarnya berharga bagi [...]

onboarding karyawan

Langkah Onboarding Karyawan Baru yang Efektif

Apakah anda memiliki karyawan baru? Jika iya, apakah anda sudah menjalankan proses yang tepat untuk menerima karyawan tersebut? Agar karyawan baru bisa bekerja secara efektif sesuai job description, sebaiknya anda menjalankan proses bernama onboarding. Apa itu Onboarding? Onboarding adalah proses yang memastikan karyawan baru diperkenalkan kepada perusahaan, [...]

menahan ijazah karyawan

Menahan Ijazah Karyawan atau Membangun Kepercayaan?

Untuk memastikan karyawan tidak mengundurkan diri, ada kalanya perusahaan menahan ijazah karyawan tersebut. Pencari kerja pun berkompromi dalam situasi ini dengan menyerahkan ijazahnya agar dia bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut. Sampai saat ini, belum ada aturan tingkat nasional yang memperbolehkan dan/atau melarang menahan ijazah. [...]

karyawan yang memiliki kerja sambilan

Tips Menangani Karyawan yang Memiliki Kerja Sambilan

Mengapa perusahaan perlu tahu cara menangani karyawan yang memiliki kerja sambilan?  Ada kalanya kita menemukan karyawan perusahaan memiliki usaha sampingan. Misalnya, karyawan tersebut menjadi freelancer atau bahkan karyawan di perusahaan lainnya. Tentunya, kita berharap karyawan tersebut tidak memiliki kerja sambilan di tempat lainnya. Seberapa besar [...]

kinerja karyawan

Resiliensi & Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan

Kinerja karyawan adalah hal yang sangat mempengaruhi kesuksesan perusahaan dalam mencapai tujuannya.  Ada banyak tipe atau sifat yang dimiliki para karyawan yang mempengaruhi motivasi kerja mereka. Ada karyawan yang mudah frustasi, mudah belajar, santai menjalani pekerjaan, tidak bisa bekerja sama dalam tim dan sebagainya. Semua sifat [...]

efikasi diri

Inilah pentingnya Efikasi Diri Pada Karyawan

Dalam dunia kerja, beliefs merupakan sebuah keyakinan dari individu yang ditampilkan pada apa yang dikatakan atau dilakukan. Beliefs dapat menjelaskan bagaimana individu dapat menilai atau mengevaluasi suatu kejadian yang kemudian disampaikan melalui perilaku dirinya. Sementara itu, efikasi diri (self efficacy) adalah beliefs tentang kemampuan seseorang [...]