7 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Dunia

pekerjaan dengan gaji tertinggi

Apa yang membuat gaji seorang karyawan tinggi? Anda bisa melihat apakah Anda sekarang mempunyai pengalaman atau jam terbang yang tinggi, bagaimana kemampuan dibandingkan karyawan yang lain, dan apakah tingkat kesulitan pekerjaan itu?

Jika Anda merasa ketiga faktor tersebut sudah terpenuhi, berarti Anda bisa mengajukan kenaikan gaji kepada manajer Anda.

Lalu, bagaimana jika gaji sudah naik tetapi Anda masih merasa gaji yang dimiliki masih kecil? Sepertinya Anda membutuhkan kemampuan baru dan lapangan pekerjaan baru.

Jangan khawatir, pada artikel kali ini kita akan membahas tujuh pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia. Apa saja pekerjaan tersebut?

1. Dokter bedah

Pekerjaan pertama yang mempunyai gaji tertinggi di dunia versi Investopedia.com adalah dokter bedah. Untuk menjadi dokter bedah, Anda harus melalui total sepuluh tahun masa studi secara normal.

Rinciannya adalah empat tahun kuliah dokter umum, tiga tahun untuk kuliah ahli penyakit dalam, dan kemudian tiga tahun masa pelatihan agar menjadi seorang dokter bedah.

Di tengah masa tiga tahun pelatihan, Anda harus mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh Dewan Ilmu Penyakit Dalam. Setelah melalui semua itu, Anda akan digaji sekitar 352 ribu dolar atau sekitar 4 miliar rupiah per tahunnya.

2. Psikiater

Menurut laporan bbc.com pada tahun 2011 dengan penduduk Indonesia saat itu adalah 235 juta, ternyata Indonesia hanya punya 616 ahli bergelar psikiater.

Baca juga:  7 Alasan Mengapa HRD Dibenci Banyak Karyawan

Padahal menurut Investopedia.com, gaji seorang psikiater di dunia ini termasuk nomor dua yang terbesar di dunia.

Gaji psikiater ini adalah 181 ribu dolar atau sekitar 2 miliar rupiah per tahunnya. Setiap tahunnya, gaji seorang psikiater akan naik sebesar 1%-2%.

3. Dokter umum

Masih seputar dunia kesehatan, gaji tertinggi nomor tiga di dunia adalah dokter umum. Dengan tingkat kebutuhan yang sangat tinggi, wajar dokter umum menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi dunia.

Gaji dokter umum di dunia adalah 180 ribu dolar atau sekitar 1,9 miliar rupiah per tahunnya.

4. Manajer

Pekerjaan dengan gaji tertinggi nomor empat di dunia adalah manajer level. Sebenarnya daftar nomor empat ini sangat bervariasi, mulai dari manajer SDM, manajer bank, manajer perusahaan IT, dan sebagainya.

Lalu karena selisihnya tidak terlalu jauh, maka Investopedia.com menggabungkannya menjadi satu. Gaji dari manajer level per tahunnya adalah sekitar 173 dolar atau sekitar 1,8 miliar rupiah per tahunya.

5. Teknik perminyakan dan pertambangan

Pekerjaan dengan gaji tertinggi selanjutnya dimiliki oleh teknik perminyakan dan pertambangan. Menurut Investopedia.com, dengan hanya mempunyai gelar S1 di bidang perminyakan dan pertambangan, Anda bisa mendapatkan gaji sekitar 130 ribu dolar atau sama dengan 1,4 miliar rupiah selama setahun.

Baca juga:  Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik

Walaupun minyak dunia sedang mengalami masalah yang cukup pelik, ternyata kebutuhan perusahaan minyak dunia akan engineers ternyata masih cukup tinggi.

6. Ortodontis

Ortodontis adalah next level dari dokter gigi. Ketika Anda sudah lulus dan menjadi dokter gigi, Anda harus sekolah lagi selama tiga tahun dan mengikuti ujian ortodontis untuk menjadi seorang ahli ortodontis.

Ketika Anda sudah menjadi seorang ortodontis, Anda bisa melakukan pembedahan secara menyeluruh di wilayah, gigi, mulut, dan beberapa bagian wajah. Gaji dari seorang ortodontis adalah sekitar 129 ribu dolar atau sekitar 1,4 miliar rupiah selama setahun.

7. Data Scientist

Akhirnya ada pekerjaan yang datang dari dunia teknologi selain manajer level. Gaji tertinggi selanjutnya adalah data scientist. Pekerjaan yang sebenarnya masih tergolong baru ini mempunyai gaji mencapai 124 ribu dolar per tahunnya di tahun 2015 atau sekitar 1,3 miliar rupiah.

Untuk menjadi seorang data scientist, Anda harus kuliah di jurusan computer science atau software engineering. Setelah itu, Anda juga harus menguasai dengan baik ilmu bisnis, ekonomi, marketing, operasional, dan manajemen.

Bagaimana, apakah ada salah satu pekerjaan di atas yang sedang Anda incar?

Sumber:
Investopedia: Top 10 Highest-Paying Jobs in the World

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *