10 Jenis Pekerjaan Terbaik untuk Seorang Ekstrovert

pekerjaan terbaik untuk ekstrovert

Setiap orang memiliki kecocokan masing-masing dengan bidang pekerjaannya. Mereka dengan kepribadian introvert misalnya, biasanya lebih suka bekerja di lingkungan yang sepi atau tidak tergabung dalam tim.

Lain halnya dengan para ekstrovert yang lebih suka menjadi pusat perhatian dan bekerja sama dalam tim. Kepribadian introvert ataupun extrovert sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan.

Hanya saja, mereka yang extrovert akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan apapun lingkungan pekerjaan yang ada.

Ada beberapa pekerjaan terbaik untuk ekstrovert karena cocok dengan kepribadian tersebut. Jika Anda adalah seorang dengan kepribadian ekstrovert, simak penjelasan di bawah ini:

1. Sales

Seorang sales memiliki tanggung jawab untuk menjual produk atau jasa perusahaan tempat mereka bekerja. Sales bertugas untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan setiap klien untuk melakukan meeting hingga menyetujui transaksi.

Pada kesehariannya, sales akan mendemonstrasikan produk atau jasa, menjawab pertanyaan klien dan menegosiasikan harga atau kontrak kerja sama.

Ketika tidak sedang bertemu dengan klien, sales biasanya disibukkan dengan pengurusan kontrak, mengatur pengiriman, re-order produk dan kegiatan lain yang berhubungan dengan kebutuhan pelanggan.

2. Project Manager

Seorang Project Manager bertugas untuk mengawasi berjalannya project yang sedang dikerjakan oleh tim secara keseluruhan. Mereka akan berhubungan dengan klien, penyedia bahan baku, karyawan perusahaan terkait hingga tentu staff administrasi.

Selain turun langsung ke lapangan, project manager juga mengurusi kontrak, budget, rencana pembangunan, laporan berkala dan sebagainya.

3. Psikolog Klinis atau Konseling

Profesi ini menuntut Anda untuk mempelajari pikiran manusia dan menerapkan pengetahuannya untuk membantu orang lain memecahkan masalah emosional.

Baca juga:  7 Penyebab Iklan Lowongan Kerja Sepi Peminat

Ketika pertama kali bertemu dengan pasien, psikolog akan melakukan penilaian dan diagnosa sebelum dilanjutkan dengan terapi. Psikolog tidak hanya akan bertemu dengan pasien, namun juga keluarga atau orang terdekat pasien tersebut.

4. Event Planner atau Organizer

Seseorang yang berprofesi sebagai Event Organizer (EO) memiliki pekerjaan yang mengharuskannya dirinya berhubungan dengan banyak pihak lain.

Dimulai dengan meeting bersama klien, EO harus memahami semua kebutuhan dan keinginan acara klien, bertemu dengan vendor, negosiasi kontrak, perencanaan budget, approvement transaksi, hingga tentu pelaksanaan event.

5. Mediator

Pekerjaan terbaik untuk ekstrovert yang kelima adalah mediator. Mediator adalah pihak yang membantu perselisihan antara dua orang atau lebih sehingga permasalahan yang terjadi tidak perlu berakhir di meja pengadilan.

Mereka akan bertemu dengan setiap pihak terkait untuk mengumpulkan informasi dan membantu klien untuk menemukan cara berkomunikasi satu sama lain. Selain itu, mediator juga akan mewawancarai saksi (jika ada) dan mengadakan sesi penyampaian pendapat secara terbuka.

6. Penata Rambut

Selain skill utama seperti mencuci, menggunting, mengeringkan dan menata rambut, profesi ini juga mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Mengapa?

Tidak ada penata rambut yang tidak berkomunikasi ketika sedang bersama dengan klien. Mereka akan saling berbincang, baik mengenai pekerjaan yang sedang dilakukannya ataupun hal lain.

Hal ini diperlukan untuk membangun hubungan yang baik dengan setiap klien agar merasa nyaman dan mau kembali lagi menggunakan jasanya.

7. Penasihat Keuangan

Penasihat keuangan akan membantu individu, keluarga, organisasi atau perusahaan untuk mengelola keuangan mereka dengan baik dan efektif.

Baca juga:  Pelatihan SDM Sebagai Investasi Perusahaan

Sebagai seorang penasihat keuangan, Anda dituntut untuk bisa memenuhi kebutuhan klien untuk bisa mencapai tujuan keuangannya.

Misalnya dengan menyarankan rencana investasi apa yang baik dan sesuai, atau menginformasikan investasi produk atau jasa apa yang harus digunakan.

Jika tidak bekerja dengan klien, penasihat keuangan biasanya mengadakan kelas atau seminar baik untuk memasarkan layanan mereka atau mengedukasi masyarakat. Mereka juga selalu memantau tren pasar dan melihat produk investasi baru.

8. Ahli Patologi

Pekerjaan terbaik untuk ekstrovert berikutnya adalah ahli patologi. Profesi ini dijalankan untuk membantu orang yang memiliki gangguan terkait ucapan seperti ketidakmampuan untuk menghasilkan suara, kelancaran dan kesulitan ritme berbicara, serta masalah kualitas suara.

Tugas keseharian seorang ahli patologi adalah melakukan pemeriksaan, membuat diagnosa dan memberikan terapi untuk pasien.

9. Perencana Perkotaan

Mungkin pekerjaan ini kurang dikenal secara umum, namun perencana perkotaan adalah salah satu pekerjaan terbaik untuk ekstrovert. Mereka adalah orang yang membantu masyarakat untuk merencanakan penggunaan lahan dan sumber daya lainnya.

Dalam menjalankan pekerjaannya, perencana perkotaan akan berkonsultasi dengan pemerintah, pengembang, pengacara dan kelompok kepentingan khusus.

Mereka mengkoordinasikan pekerjaan dengan arsitek dan banyak pihak lainnya yang terlibat dalam proyek yang sama.

10. Perawat

Pada dasarnya, perawat memberikan pelayanan atau perawatan medis dan dukungan emosional untuk pasien maupun keluarga mereka.

Selain itu, perawat juga bertanggung jawab dalam mengurus obat-obatan pasien, berkonsultasi dengan keluarga, memberikan laporan kesehatan dan lainnya.

Sumber:
TheBalance: Career Ideas Perfect for Extroverts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *