7 Pekerjaan Kantoran Terbaik untuk Introvert

Back to Blog
pekerjaan untuk introvert

Seorang introvert cenderung memiliki karakteristik pendiam, lebih suka menyendiri dan kurang berinteraksi dengan lingkungan luar. Biasanya mereka akan lebih senang mengerjakan pekerjaannya sendiri.

Namun, menjadi introvert bukan berarti Anda tidak bisa bekerja kantoran dan bertemu banyak orang. Berikut adalah pekerjaan kantoran terbaik untuk para introvert yang bisa membuat Anda tetap nyaman meski bekerja dengan orang banyak.

1. Akuntan

Sifat pendiam seorang introvert dapat dimanfaatkan secara maksimal ketika ia berprofesi sebagai akuntan di sebuah perusahaan. Pasalnya, pekerjaan yang dilakoni membutuhkan konsentrasi dan ketelitian tingkat tinggi tanpa memerlukan campur tangan banyak orang.

Menariknya, seseorang yang introvert justru lebih mudah berkonsentrasi dalam waktu panjang, sehingga analisis dan pelaporan finansial perusahaan akan berjalan dengan efektif dan efisien.

2. Penulis

Jika Anda berkepribadian introvert sudah dipastikan bahwa ada cukup banyak imajinasi di dalam diri yang mampu membantu Anda dalam menciptakan beragam karya. Manfaatkan kemampuan ini untuk menulis, baik secara cetak maupun melalui sebuah blog.

Profesi ini bahkan disebut-sebut sebagai pekerjaan yang menjanjikan popularitas maupun materi. Anda dapat menjadi penulis fiksi, non-fiksi, atau bahkan penulis konten website sesuai dengan dunia digital saat ini.

Baca juga:  11 Cara Agar Cepat Dapat Promosi Jabatan

3. Editor

Anda akan menjumpai posisi Editor di sebuah kantor perusahaan penerbitan ataupun media cetak di dekat tempat tinggal Anda. Nah, pekerjaan seorang editor adalah melakukan perbaikan atas tulisan-tulisan sebelum siap dicetak.

Dengan begitu, Anda akan lebih sering terlibat dengan naskah, bukan dengan banyak orang yang terkadang membuat si introvert kurang nyaman. Daya fokus yang begitu kuat akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih mudah.

4. Web Programmer

Pada perkembangan teknologi dan internet saat ini, pekerjaan web programmer tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Forbes bahkan mencatat, seorang web programmer di Amerika Serikat mampu mengantongi pendapatan hingga $47,430 per tahun atau setara dengan Rp615 jutaan.

Seorang programmer hanya akan berhubungan dengan layar komputer juga coding tanpa perlu banyak berbasa-basi dengan rekan kerjanya.

5. Desainer Grafis

Sekali lagi, seorang introvert punya daya imajinasi yang sangat baik di dalam dirinya. Tak heran jika profesi desainer grafis tentu sangat pas untuk dirinya. Biasanya desainer grafis juga sibuk dengan perangkat gambar, alat tulis, dan komputer.

Desainer grafis membutuhkan ketenangan untuk bisa menghasilkan suatu gambar. Dengan begitu, mereka tak perlu banyak berinteraksi dengan orang lain selama bekerja.

Baca juga:  Persiapan Pensiun: 12 Cara Menghadapi Masa Pensiun

6. Laboratory Analyst

Pada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan obat-obatan, posisi laboratory analyst kebanyakan diisi oleh mereka yang berkepribadian introvert.

Pasalnya, pekerjaan ini tidak mengharuskan mereka bertemu dengan banyak orang melainkan hanya sample-sample produk yang perlu diteliti kandungan kimia yang ada di dalamnya.

7. Social Media Manager

Siapa sangka jika si introvert justru lebih mudah melakukan percakapan secara online di social media tanpa merasa risih ataupun lelah. Tipe pekerjaan ini juga sangat cocok jika dilakukan secara mandiri.

Percaya atau tidak, kebanyakan orang introvert dapat berkembang pesat dalam situasi virtual dimana percakapan yang dilakukan hanya sebatas melalui perangkat komputer atau smartphone saja.

Itulah tadi beberapa pekerjaan kantoran terbaik yang dapat dilakukan oleh seseorang dengan kepribadian introvert.

Jika Anda lebih senang bekerja secara mandiri dan tanpa bertemu banyak orang, pilih saja salah satu dari profesi tersebut. Ingat, pekerjaan yang menyenangkan akan membuat Anda merasa lebih tenang dan nyaman. Semoga bermanfaat!

Source:
Forbes: The 10 Best Jobs For Introverts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog