Pelatihan SDM Sebagai Investasi Perusahaan

pelatihan sdm sebagai investasi

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 40% karyawan yang tak dibekali dengan training atau pelatihan SDM yang baik oleh perusahaan, memutuskan untuk resign dalam tahun pertamanya.

Namun, masih banyak perusahaan yang keberatan untuk melaksanakan pelatihan SDM dengan alasan utamanya yakni besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Akan tetapi, jika Anda ingin memiliki perusahaan yang terus berkembang dengan SDM berkualitas, maka sebaiknya pikirkan kembali.

Bayangkan jika ada banyak karyawan yang resign karena alasan tak diberikan pelatihan. Akan terjadi penurunan produktivitas, karyawan harus lembur kerja, perekrutan kembali, pelatihan karyawan baru dan sebagainya.

Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan training tak akan sebesar biaya yang harus Anda lakukan pada hal-hal tersebut. Artinya, pelatihan dan pengembangan SDM merupakan investasi perusahaan, baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Jadi, apa saja hasil dari investasi yang bisa Anda dapatkan? Lihat di bawah ini:

Mendorong Perusahaan untuk Berkembang

Karyawan yang mengikuti training memiliki kemampuan yang lebih baik untuk bekerja. Misalnya, dalam menghadapi pekerjaan maupun klien secara langsung, melakukan penjualan, menggunakan sistem dari teknologi canggih dan sebagainya. Hal ini akan mendorong perusahaan Anda untuk berkembang secara langsung.

Baca juga:  5 Cara Jitu Mengajukan Permohonan Cuti Kerja

Sebagai “Alat” Perekrutan

Para pencari kerja, khususnya kaum millennial, ingin bekerja di perusahaan yang tidak hanya menggaji mereka dengan baik, melainkan bisa membantu mereka untuk terus berkembang.

Oleh sebab itu, mereka mencari perusahaan yang memberikan kesempatan training untuk mempelajari keterampilan dan hal-hal baru. Kesempatan ini dapat menjadi pancingan untuk menarik hati para calon karyawan atau kandidat berkualitas lainnya.

Meningkatkan Kepuasan Kerja

Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengembangkan keterampilan akan membantu mereka untuk memberikan kontribusinya bagi perusahaan. Semakin terlibat mereka dalam pencapaian tujuan perusahaan, maka semakin banyak manfaat yang Anda dapatkan.

Sebagai Alat Retensi

Pelatihan SDM bisa dianggap sebagai salah satu alat retensi yang berguna untuk menanamkan kesetiaan serta komitmen karyawan kepada perusahaan.

Karyawan yang suka dengan tantangan baru akan betah bekerja di perusahaan, jika ditawarkan kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Menambah Fleksibilitas dan Efisiensi

Anda bisa memberikan training cross-divisi untuk mengajarkan ilmu baru pada karyawan sehingga bisa saling melengkapi pekerjaan setiap divisi. Selain training mengenai teknik penjualan misalnya, bekali juga karyawan dengan training dalam aspek customer service, administrasi bahkan manajemen.

Baca juga:  Inilah 6 Hal yang Diinginkan Karyawan di Tempat Kerja

Cara ini akan membuat mereka semakin tertarik sekaligus memudahkan Anda ketika menyusun penjadwalan kerja. Selain itu, training cross-divisi juga bisa menambah kekompakan dan semangat setiap tim.

Transfer Pengetahuan

Saling berbagi pengetahuan antar karyawan adalah hal yang sangat penting. Jika hanya ada satu orang yang memiliki keahlian tertentu, maka perusahaan akan kesulitan jika tiba-tiba orang tersebut resign.

Oleh karena itu, pastikan keterampilan yang ada di perusahaan bisa “tersebar” atau bisa ditransfer ke banyak orang dengan baik sehingga memperkaya investasi Anda.

Sumber:
Go2HR: Employee Training is Worth the Investment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *