Ingin Jadi Pemimpin yang Baik, Lakukan 7 Hal Ini

pemimpin yang baik

Apa yang membuat seseorang bisa menjadi seorang pemimpin yang baik? Atau bagaimana seseorang bisa menjadikan dirinya sebagai pemimpin ideal dan berkarakter?

Pada dasarnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat diri Anda sebagai pemimpin yang hebat. Pasalnya, setiap orang memiliki potensi tersebut, hanya saja bagaimana Anda memanfaatkan dan mengembangkannya sehingga mampu menjadi pemimpin hebat.

Pelajari beberapa hal di bawah ini untuk menjadikan Anda pemimpin yang hebat:

1. Jadi Seorang Team Player

Menurut “World Leadership Survey” yang dibuat oleh Center for Creative Leadership, perusahaan maupun organisasi mencari seorang pemimpin yang kolaboratif, bisa diandalkan dan orientasi-tim.

Selalu bantu tim dan rekan Anda untuk menyelesaikan konflik, kembangkan solusi-solusi dan selalu bekerja sama. Semua hal itu akan membuat Anda dipandang secara berbeda oleh para atasan.

2. Banyak Belajar dari Lingkungan Anda Berada

Seorang pemimpin tak selalu ditentukan dari jabatan atau posisi mereka. Salah satu hal yang sulit dilakukan adalah memimpin suatu kelompok atau tugas walaupun Anda tidak memegang jabatan tersebut atau tanpa harus diinstruksi terlebih dahulu.

Kembangkan komunikasi dengan tim dan selesaikan pekerjaan yang sulit sehingga keberadaan dan kemampuan Anda diperhatikan. Ketika para atasan akan memberikan tugas baru, maka otomatis mereka akan mengingat Anda yang telah membuktikan kinerja yang baik.

Baca juga:  7 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik di Perusahaan

3. Jadilah Ahli, Terus Belajar dan Kuasai Skill Baru

Mengerjakan tugas dan tanggung jawab secara maksimal dapat membuat orang lain memperhatikan baiknya kinerja Anda. Namun tak cukup hanya sampai di situ, Anda harus terus mempelajari dan menguasai banyak keterampilan atau skill baru.

Para manajer dan atasan akan mengapresiasi usaha orang yang memiliki kemauan untuk terus belajar dan berkembang lebih baik.

4. Mau Menerima Feedback dan Kritis

Minta umpan balik (feedback) dari atasan atau supervisor mengenai hasil pekerjaan yang Anda lakukan. Walaupun tidak mudah, namun Anda bisa belajar dari kesalahan yang dibuat sebelumnya untuk semakin memperbaiki dan meningkatkan kemampuan Anda.

Jika Anda melakukan kesalahan, jangan malu mengakuinya dan meminta saran dari orang lain. Dengan begitu Anda bisa mengerti apa ekspektasi mereka terhadap Anda.

5. Mengerti Kebutuhan Klien

Pemimpin yang baik akan selalu mencari cara untuk mengembangkan produk dan mempelajari keseluruhan prosesnya. Mereka akan menggunakan berbagai kesempatan untuk mencari tahu apa kebutuhan dan keinginan klien.

Mencari strategi untuk menekan biaya namun tetap bisa menghasilkan produk terbaik bagi klien akan membuat para atasan “menengok” pada Anda.

Baca juga:  Cara Memberikan Reward Kepada Karyawan

6. Berkomunikasi dengan Baik

Pemimpin yang hebat akan belajar untuk berbicara dan menulis dengan baik. Mereka berusaha menyampaikan dengan jelas apa yang harus dikerjakan dan mengapa harus dilakukan.

Belajarlah untuk berbicara dengan jujur, jelas dan akurat. Ingat untuk menghindari unsur emosional ketika berkomunikasi dalam tim.

7. Take Action dan Berikan Saran untuk Perusahaan

Atasan dan para manajer ingin memiliki seorang calon pemimpin yang berani dan loyal. Jangan takut untuk menyampaikan saran dari sudut pandang Anda misalnya terhadap konflik yang sedang dialami oleh perusahaan.

Sampaikan secara positif mengenai bagaimana saran Anda akan berguna bagi perusahaan dan klien. Ketika atasan ingin memberikan pujian atau reward, katakan bahwa hal tersebut merupakan upaya kerja sama tim, bukan Anda seorang.

Hal ini akan membuat atasan berpikir bahwa Anda memang bekerja untuk perusahaan, bukan mencari keuntungan bagi diri sendiri.

Sumber:
Recruiter: Do These 7 Things If You Want to Become a Leader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *