Cara Efektif Penerapan Human Resource Information System (HRIS)

Back to Pos

Kini, jalannya HRIS (Human Resource Information System) atau sistem informasi sumber daya manusia umumnya dibantu dengan perangkat lunak/software.

Penerapan sistem dan perangkat lunak HRIS diakui sangat membantu banyak perusahaan. Namun, seringkali penerapannya membutuhkan waktu yang lama dan kurang efektif.  

Penerapan sistem dan perangkat lunak HRIS tentunya diharapkan sukses sehingga dapat menunjang jalannya perusahaan.

Agar perangkat lunak HRIS yang digunakan berhasil, perlu juga untuk menerapkan perangkat lunak tersebut secara efektif. Simak cara-cara penerapan HRIS yang efektif.

banner_karyaone

Perencanaan dan visi yang jelas

Langkah pertama ini tidak boleh dianggap ringan. Perencanaan dan tujuan penerapan yang jelas akan mempermudah penerapan perangkat lunak HRIS dan tentunya mempermudah jalannya perusahaan.

 

Luangkan waktu untuk menentukan dan merencanakan dengan jelas apa yang perusahaan butuhkan agar tercapainya visi (perusahaan). Kemudian review, dahulu sistem yang sudah berjalan dan tentukan apa yang ingin diubah serta apa yang butuh diubah. Disarankan untuk mengkonsultasikan konsep dan tujuan penerapan sistem HRIS yang baru.

Pilih produk HRIS dan libatkan penyedia dalam proses implementasi

Setelah mengetahui karakteristik karyawan, visi, serta core value perusahaan Anda, pilihlah produk HRIS yang memiliki fitur sesuai dan memenuhi kebutuhan perusahaan, seperti fitur payroll, absensi harian, skema lembur, klaim cuti, talent management, pelaporan, pengembangan SDM, kompensasi dan tunjangan, manajemen kinerja serta key performance improvement ,dan masih banyak lagi.

Fitur-fitur tersebut bisa Anda dapatkan dari aplikasi mobile KaryaOne – Human Resource Management. Penting juga melibatkan penyedia/vendor perangkat lunak dalam penerapan perangkat HRIS agar menghasilkan implementasi yang sukses.

Persiapkan karyawan yang dapat membantu proses

Adakan pertemuan dan juga pelatihan terkait penerapan sistem dan perangkat lunak HRIS yang baru dengan semua personil perusahaan.

Dengan begini, diharapkan semua personil mendapatkan bekal yang sama saat perangkat lunak HRIS yang baru diterapkan. Ketahui bagaimana penerapan HRIS yang baru mempengaruhi keseharian dan kinerja karyawan.

Temukan karyawan yang dapat membantu mensukseskan penerapan perangkat lunak HRIS yang baru, dan jadikan karyawan tersebut sebagai salah satu referensi bantuan utama bagi karyawan lain yang kesulitan dengan sistem dan perangkat lunak yang baru.

Libatkan vendor perangkat lunak HRIS untuk menerapkan perangkat lunak ini dalam perusahaan. Anda bisa mengundang KaryaONE untuk melakukan demo di perusahaan Anda.

Jalankan dan review

Setelah semua personil dan karyawan perusahaan Anda mendapat pelatihan penerapan sistem dan perangkat lunak HRIS yang baru, langkah selanjutnya adalah memasuki fase go-live atau penerapan yang nyata di keseharian perusahaan.

Selama fase ini, lakukanlah review sistem dan perangkat lunak secara berkala, apakah sistem dan perangkat lunak ini membuat karyawan kesulitan atau mempermudah karyawan, apakah manajemen data perangkat lunak ini tertata dengan baik dan mudah diakses, dan apakah sistem dan perangkat lunak ini memperlancar jalannya bisnis perusahaan.

Itulah sejumlah cara beserta langkah penerapan Human Resource Information System yang efektif agar membantu melancarkan jalannya perusahaan Anda.

Rencanakan dengan baik dan tentukan perangkat lunak HRIS yang tepat untuk perusahaan. Dengan begitu, perusahaan Anda akan lebih baik dan lebih mudah lagi me-manage sumber daya manusia yang sudah ada serta yang akan datang.

Apakah Anda masih bingung tentang aplikasi HRIS untuk perusahaan? Hubungi kami untuk konsultasi atau undang kami untuk mendemokan aplikasi KaryaOne.

Sumber:
Hrmssolutions: Key Factors for Successfully Implementing an HRIS

banner payroll karyaone

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos