Pengertian Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia)

pengertian pengembangan sdm

Setiap divisi pada perusahaan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Sebut saja peran sales, marketing, finance, desainer, purchasing hingga HRD (Human Resource Development).

Semua pihak tersebut memiliki kewajiban untuk bekerja secara profesional dengan terus berkembang setiap waktunya, dan pihak yang ikut bertanggung jawab dalam hal ini adalah divisi pengembangan SDM.

Pengertian Pengembangan SDM

Setiap perusahaan pasti memiliki divisi pengembangan SDM (sumber daya manusia) dalam struktur organisasinya. Divisi pengembangan SDM pada dasarnya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membantu karyawan dalam mengembangkan kepribadian personal dan keterampilan organisasional mereka.

Pengembangan SDM pada sebuah perusahaan akan dimulai dari proses onboarding, pengadaan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dengan kelas atau kursus dan seminar, penyediaan tool yang bisa membantu pekerjaan karyawan dan sebagainya.

Pengembangan SDM Menurut Para Ahli

Menurut Leonard Nadler, pengembangan SDM adalah sebuah rangkaian aktivitas perusahaan yang dilakukan dalam waktu tertentu dan dirancang untuk melahirkan perubahan sikap karyawan.

Sementara itu, menurut Prof. T.V. Rao, pengembangan SDM adalah proses di mana karyawan dalam sebuah perusahaan dibantu secara terencana untuk meningkatkan kemampuan sehingga bisa menyelesaikan berbagai macam tugas yang berhubungan dengan peran mereka di masa depan.

Menurutnya, pengembangan SDM juga merupakan proses pengembangan kemampuan karyawan sebagai seorang individu dan menemukan serta memanfaatkan potensi yang ada.

Baca juga:  Tips Memilih Karyawan Secara Efektif

Fokus dan Tujuan Pengembangan SDM

Berbicara mengenai tujuan pengembangan SDM, tidak hanya untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan karyawan, melainkan pengembangan SDM juga bertujuan untuk:

  • Menemukan dan mengeluarkan potensi yang ada pada diri karyawan yang mungkin selama ini masih terpendam untuk tujuan pengembangan personal dan perusahaan
  • Mengembangkan budaya perusahaan dalam aspek hubungan supervisor-subordinate, kerja sama tim dan kolaborasi antar divisi serta menghadirkan para profesional berkualitas
  • Memotivasi dan mendorong rasa percaya diri karyawan

Kegiatan pengembangan SDM mencakup banyak hal, seperti pelatihan karyawan, pengembangan karir karyawan, manajemen dan pengembangan kinerja, pembinaan, pendampingan, perencanaan suksesi, identifikasi karyawan utama, pengembangan organisasi dan bahkan pemberian bantuan dana edukasi.

Dapat disimpulkan bahwa fokus utama pengembangan SDM adalah mengembangkan setiap karyawan sehingga baik perusahaan dan karyawan dapat mencapai tujuan mereka.

Pengembangan SDM dapat dilakukan secara formal, misalnya pelatihan di dalam kelas, kursus atau seminar. Namun pengembangan SDM juga bisa dilakukan secara informasl seperti pelatihan karyawan baru oleh manajer (pelatihan internal).

Tips Pelatihan Internal

Ada banyak bentuk dan jenis pelatihan yang bisa Anda pilih untuk diterapkan pada perusahaan Anda, termasuk pelatihan internal yang bisa dilakukan secara terbuka dan dengan pola pikir kreatif.

Pilih bentuk pelatihan yang paling sesuai dengan kemampuan dan karir karyawan terkait. Beberapa pilihan pelatihan internal yang bisa dilakukan antara lain:

  • Kelas dengan topik sesuai dengan job title masing-masing
  • Tugas internal
  • Kunjungan lapangan
  • Belajar mandiri
Baca juga:  Cara Menguji Soft Skill Calon Karyawan

Kunci kesuksesan pelatihan internal adalah menggunakan waktu untuk belajar dan berdiskusi secara efektif, penyediaan informasi baru, pembangunan tim yang solid dan saling sharing topik yang berguna.

Pastikan Anda menyediakan pelatihan dalam waktu yang cukup sehingga memberikan waktu kepada karyawan untuk berlatih melakukan apa yang telah mereka pelajari.

Jangan lupa untuk menyediakan waktu untuk sesi tanya jawab sehingga memastikan bahwa karyawan mengerti sepenuhnya tentang semua yang telah dipelajari.

Keuntungan Program Pengembangan Karyawan

Pengembangan SDM saat ini dianggap sebagai kunci untuk mencapai produktivitas tinggi, hubungan yang lebih baik antar karyawan dengan karyawan, maupun karyawan dengan atasan, serta profitabilitas yang lebih besar untuk setiap perusahaan.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pengembangan karyawan?

  • Membuat karyawan lebih kompeten karena mengembangkan kemampuan, pengetahuan dan sikap yang baru
  • Membuat karyawan menjadi lebih berkomitmen pada pekerjaan dan perusahaan
  • Menciptakan rasa saling percaya dan menghormati antar karyawan, karyawan-atasan dan antar divisi
  • Mendorong kemampuan problem solving
  • Meningkatkan kerja sama tim
  • Membantu menciptakan budaya efisiensi dalam perusahaan

Sumber:
TheBalance: What Is Human Resource Development (HRD)?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *