Metode Pengumpulan Data Manajemen Kinerja yang Perlu Anda Ketahui

Back to Pos
pengumpulan data manajemen kinerja

Manajemen kinerja harus selalu ada dalam setiap perusahaan, baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar sekali pun.

Dengan adanya manajemen kinerja, pimpinan perusahaan akan lebih mudah dalam menentukan target perusahaan secara berkala dengan memperhatikan kemampuan sumber daya yang dimiliki.

Ada banyak manfaat yang didapatkan ketika Anda menerapkan manajemen kinerja tersebut. Namun, bagaimana metode atau cara pengumpulan data manajemen kinerja ini? Simak ulasannya berikut.

software untuk mengukur kinerja karyawan

Pengumpulan Data Manajemen Kinerja

Metode Checklist

Cara atau metode pertama yang dapat dilakukan oleh pimpinan perusahaan dalam pengumpulan data manajemen kinerja ialah metode checklist.

Pada metode ini, yang menjadi penekanannya ialah attitude seorang karyawan. Biasanya penilaian dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya saja dalam satu bulan, tiga bulan, atau enam bulan bahkan satu tahunan.

Dalam metode ini pula perusahaan akan melihat sejauh mana attitude karyawan, baik dalam satu divisi maupun secara keseluruhan yang ada di perusahaan.

Contohnya, pihak perusahaan melihat pada divisi HR saja atau beberapa divisi lainnya yang berhubungan satu sama lain.

Menggunakan Metode Skala

Metode dan pedoman pengumpulan data manajemen kinerja selanjutnya ialah menggunakan skala. Metode seperti ini terlihat cukup mudah, padahal pelaksanaannya tidak semudah yang dibayangkan.

Sebab, Anda harus menghitung beberapa indikator penting pembentuk kinerja bagi karyawan. Beberapa aspek yang menjadi penilaian misalnya kemampuan atau skill karyawan dalam melakukan pekerjaan maupun mencapai target perusahaan.

Lalu, untuk manajemen kinerja tim di sini mendapat perhatian khusus. Sejauh mana karyawan dalam sebuah tim bekerja dalam mencapai target yang sudah ditentukan dan strategi apa yang dijalankan.

Pada metode ini, tanggung jawab karyawan maupun tim juga akan dinilai untuk mendapatkan hasil yang baik dalam sebuah evaluasi.

Grading Program

Kemudian, ada pula yang menggunakan metode pengumpulan data manajemen kinerja dengan cara grading program.

Untuk metode grading ini, perusahaan akan mengevaluasi performa kinerja dan manajemen yang telah diterapkan oleh para karyawan.

Evaluasi dilakukan dengan mendasarkan pada beberapa indikator tertentu. Setiap perusahaan memiliki indikator yang berbeda-beda dan tergantung target yang ditetapkan.

Nantinya, hasil dari evaluasi tersebut akan diketahui hasil kinerja karyawan. Kemudian, dari hasil itulah para karyawan akan diklasifikasikan dalam kategori yang sudah diterapkan.

Metode ini bisa digunakan ketika perusahaan ingin melakukan perombakan dalam manajemen dan menata ulang manajemen yang ada dari sebelumnya.

Metode Ranking

Metode pengumpulan data manajemen kinerja yang terakhir adalah metode ranking. Seperti namanya, pada metode ini karyawan dalam sebuah divisi atau manajemen perusahaan akan dibandingkan kinerja dan prestasinya.

Karyawan dengan capaian kinerja terbaik akan mendapatkan predikat tertinggi, begitu pula seterusnya. Jika karyawan tersebut performanya menurun, maka peringkatnya pun juga akan menurun.

Apabila perusahaan menggunakan metode ini dalam pengumpulan data, maka kinerja antara karyawan satu dengan karyawan lainnya akan dibandingkan.

Tujuannya adalah jika semakin banyak karyawan yang mencapai performa terbaik, maka bisa disimpulkan manajemen kinerja sudah berjalan seperti yang telah diharapkan.

Itulah beberapa metode dan pedoman dalam pengumpulan data manajemen kinerja, khususnya untuk mengukur kinerja karyawan di perusahaan Anda.

Apalagi karyawan merupakan salah satu aset paling penting pada sebuah bisnis dan berpengaruh besar terhadap keberlangsungan bisnis di masa mendatang.

Semoga bermanfaat, terutama bagi Anda dalam merancang manajemen kinerja untuk mencapai target perusahaan yang telah dibuat.

Referensi : Ekon.go.id

____________

KaryaOne adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos