10 Hal yang Menjadi Dasar Penyesuaian Gaji Karyawan

Back to Blog
Penyesuaian Gaji

Ada banyak alasan yang mempengaruhi keputusan perusahaan untuk melakukan penyesuaian gaji karyawan. Setiap perusahaan pun memiliki standar penilaian masing-masing sebelum memutuskan untuk melakukan penyesuaian gaji karyawan mereka.

Secara umum, perusahaan memiliki beberapa faktor pertimbangan dalam melakukan penilaian dasar untuk penyesuaian gaji karyawan yang dapat dilihat di bawah ini:

1. Loyalitas terhadap perusahaan

Tidak hanya pada pekerjaan, namun Anda juga sebaiknya menilai loyalitas karyawan pada perusahaan, baik karyawan baru maupun lama. Pasalnya penilaian ini juga akan menunjukkan tingkat retensi karyawan.

2. Standar pasaran gaji rata-rata

Lakukan perbandingan gaji karyawan di perusahaan Anda dengan perusahaan lain untuk posisi atau jabatan yang sama. Anda bisa mendapatkan data ini dari konsultan gaji atau berlangganan database tertentu. Gunakan data perbandingan tersebut sebagai bagian dari penilaian dasar untuk penyesuaian gaji karyawan.

3. Prestasi kerja karyawan

Perhatikan bagaimana kinerja yang dilakukan karyawan Anda, termasuk apa saja yang mereka lakukan dengan baik bahkan di luar job description atau tanggung jawab mereka.

Jangan pernah menghiraukan hal-hal kecil yang dilakukan karyawan untuk perusahaan, karena bisa saja hal itu ternyata membawa perubahan besar ke arah yang positif.

4. Opini rekan karyawan

Sebagai pemilik perusahaan Anda tidak langsung “turun ke lapangan” untuk bekerja dengan karyawan. Dalam kondisi ini pihak yang paling memahami karyawan adalah sesama rekan kerja karyawan tersebut.

Baca juga:  7 Alasan Mengapa HRD Dibenci Banyak Karyawan

Mereka terlibat secara langsung dalam pekerjaan dengan karyawan yang bersangkutan. Opini rekan kerja adalah salah satu indikator yg baik untuk menentukan kinerja seorang karyawan.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda meminta opini atau penilaian dari karyawan lain mengenai karyawan yang mungkin sedang dievaluasi untuk penyesuaian gaji. Tanya bagaimana sikap, cara bekerja hingga hasil pekerjaan yang dilakukan.

5. Evaluasi berorientasi tujuan

Setiap karyawan pasti memiliki rincian tugas dan tanggung jawab masing-masing, sementara itu ada pula tujuan yang harus tercapai.

Lakukan evaluasi untuk mengukur apakah karyawan terkait sudah bekerja secara efektif dan mencapai tujuan individu, tim atau perusahaan.

Jika karyawan sudah mencapai bahkan melebihi tujuan yang ditetapkan, maka itu berarti mereka memenuhi syarat untuk menerima penyesuaian gaji.

6. Self assessment karyawan

Evaluasi kerja secara objektif memang harus dilakukan sebagai salah satu penilaian dasar penyesuaian gaji. Namun bukan hanya hal itu saja yang dijadikan acuan, melainkan penilaian dari karyawan itu sendiri.

Tanyakan apakah karyawan merasa sudah maksimal dalam bekerja dan memberikan potensi terbaik mereka? Kemudian, apakah mereka merasa masih ada banyak hal yang bisa mereka berikan bagi perusahaan?

Baca juga:  Tips Posting Lowongan Kerja Online

7. Kemampuan di luar tugas utama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda harus memperhatikan upaya atau kinerja karyawan dalam melakukan sesuatu yang bahkan bukan pekerjaan mereka. Sering kali karyawan melakukan inisiatif tertentu untuk tim kerja atau perusahaan demi mencapai tujuan perusahaan.

8. Gunakan persentase bertingkat

Tetapkan tujuan spesifik (realistis) yang Anda inginkan agar dicapai oleh karyawan, dan gunakan persentase bertingkat untuk memberi imbalan atau penyesuaian gaji kepada mereka.

9. Laporan analisis gaji

Laporan analisis gaji membantu Anda untuk melihat besaran gaji yang diberikan kepada karyawan dibandingkan dengan gaji rata-rata jabatan terkait.

Memberikan gaji di atas rata-rata menjadikan perusahaan Anda kompetitif dan mampu mempertahankan karyawan berkualitas.

10. Review penilaian kinerja

Lakukan review secara berkala untuk setiap karyawan, misalnya setahun sekali atau 6 bulan sekali. Gunakan kesempatan ini untuk melakukan penilaian dan perencanaan keuangan perusahaan di masa depan termasuk penyesuaian gaji karyawan.

Sumber:
SmallBizTrends: 10 Simple Ways to Determine Employee Pay Raises

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog