Jangan Keliru, Ini Perbedaan HRD dan Personalia

Perbedaan HRD dan Personalia secara menonjol terletak pada ruang lingkup dan orientasinya. Manajemen Personalia memiliki ruang lingkup terbatas dan memiliki pendekatan terbalik, di mana karyawan dipandang sebagai alat.

Di sini perilaku karyawan dapat dimanipulasi sesuai dengan kompetensi inti organisasi dan diganti ketika sudah usang.

Sebaliknya, pihak HRD memiliki ruang lingkup yang lebih luas dan menganggap karyawan sebagai aset bagi organisasi.

Itu berarti, HRD menitikberatkan pada mutualitas dalam hal tujuan, tanggung jawab, penghargaan, dan sebagainya. Tujuannya adalah meningkatkan kinerja ekonomi dan tingkat tinggi pengembangan sumber daya manusia.

Aplikasi HR Berbasis Cloud KaryaOne

Memahami definisi HRD

Human Resource Development atau HRD adalah cabang manajemen yang terspesialisasi dan terorganisir yang berkaitan dengan perolehan, pemeliharaan, pengembangan, pemanfaatan, dan koordinasi orang di tempat kerja, sedemikian rupa sehingga mereka akan memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Ini mengacu pada fungsi sistematis perencanaan untuk kebutuhan dan tuntutan sumber daya manusia, seleksi, pelatihan, kompensasi, dan penilaian kinerja, untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Manajemen HRD secara sederhana dapat dilihat sebagai proses berkelanjutan untuk memastikan ketersediaan tenaga kerja yang memenuhi syarat dan bersedia, sehingga pihak HRD dapat menempatkan orang yang tepat di pekerjaan yang tepat.

Dalam hal ini, perbedaan HRD dan Personalia sangat terasa karena HRD bekerja pada ruang lingkup memanfaatkan sumber daya manusia dari suatu organisasi, dengan cara yang paling efisien dan efektif.

Tugas dan tanggung jawab HRD di perusahaan

Perbedaan HRD dan Personalia juga dapat dilihat dari tugas dan tanggung jawabnya. Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, HRD bertugas untuk melakukan persiapan dan proses rekrutmen hingga mengembangkan kemampuan masing-masing karyawan.

Lebih dari itu, HRD juga bertanggung jawab dalam memberikan kompensasi dan proteksi pada seluruh karyawan di perusahaan.

Pemberian kompensasi harus dihitung dengan cermat demi menciptakan suasana kerja yang kondusif dan menghindari kerugian finansial perusahaan.

Definisi manajemen personalia

Personalia merupakan bagian dari manajemen yang berhubungan dengan perekrutan, penempatan staf, pengembangan, dan kompensasi tenaga kerja dan hubungannya dengan organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Dalam hal ini, fungsi utama manajemen Personalia dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

  • Fungsi operatif: Kegiatan yang berkaitan dengan pengadaan, pengembangan, kompensasi, evaluasi pekerjaan, kesejahteraan karyawan, pemanfaatan, pemeliharaan, dan perundingan bersama.
  • Fungsi manajerial: Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Motivasi, Kontrol, dan Koordinasi adalah kegiatan manajerial dasar yang dilakukan oleh Manajemen Personalia.

Tugas dan tanggung jawab pihak personalia

Tugas dan tanggung jawab pihak personalia secara sepintas memang mirip dengan HRD. Namun, perbedaan HRD dan Personalia juga bisa diketahui melalui masing-masing tugas dan tanggung jawabnya.

Jika pihak HRD bertugas untuk mempersiapkan dan melaksanakan proses rekrutmen, maka Personalia adalah pihak yang bertugas menerima karyawan yang bekerjasama dengan labour supply.

Personalia juga akan melakukan sosialisasi dan koordinasi, hingga menyiapkan perjanjian kerja dengan seluruh karyawan baru tersebut.

Nah, setelah memahami penjelasan-penjelasan di poin sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa HRD dan Personalia memiliki ruang lingkup atau area kerja yang berbeda.

HRD merupakan perpanjangan tangan dari Personalia, sementara Personalia lebih sering mengerjakan hal-hal terkait dengan administrasi untuk mendukung kinerja HRD.

Oleh karena itu, meski memiliki banyak perbedaan HRD dan Personalia adalah dua bagian yang saling terhubung sehingga tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya.

Jadi, apakah sekarang Anda sudah bisa membedakan HRD dan Personalia dengan tepat?

____________

KaryaOne adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

Banner KaryaOne - Solusi Manajemen Absensi, Penggajian dan Manajemen Kinerja Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *