Performance Management VS Performance Appraisals: Apa Bedanya?

Back to Pos
perbedaan manajemen kinerja dan penilaian kinerja

Perbedaan manajemen kinerja dan penilaian kinerja – Demi mencapai target perusahaan, sudah seharusnya sumber daya manusia (SDM) mendapatkan manajemen atau pengelolaan yang optimal.

Di sinilah performance management (manajemen kinerja) dan performance appraisal (penilaian kinerja) dapat membantu Anda.

Walaupun terdengar mirip, manajemen kinerja dan penilaian kinerja sebenarnya memiliki arti yang berbeda.

Tidak hanya pengertiannya, perbedaan manajemen kinerja dan penilaian kinerja juga terletak pada faktor-faktor lain. Mulai dari konsep manajemen, tujuan, strategi organisasi, hingga keterlibatan karyawan.

Pada dasarnya, manajemen kinerja adalah proses top-down yang dilakukan atasan kepada tim untuk memastikan kinerja yang optimal dan menghasilkan output sesuai strategi perusahaan.

Sedangkan, penilaian kinerja adalah metode yang dilakukan perusahaan untuk mengevaluasi performa karyawan.

software untuk mengukur kinerja karyawan

Konsep Manajemen

Apabila perbedaan manajemen kinerja dan penilaian kinerja dibandingkan, konsep manajemen kinerja cenderung lebih terintegrasi daripada penilaian kinerja.

Ini karena manajemen kinerja bertugas memastikan agar karyawan atau SDM di perusahaan benar-benar memberikan kontribusi yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

Atasan harus melakukan pembagian kerja yang terstruktur dengan baik agar sejalan pula dengan kemampuan SDM. Sementara itu, penilaian kinerja cenderung fokus pada standar melalui evaluasi kinerja.

Melalui penilaian kinerja, atasan wajib memberikan feedback langsung kepada karyawan agar mereka bisa mempertahankan, memperbaiki, atau meningkatkan performa di perusahaan.

Tujuan

Perbedaan manajemen kinerja dan penilaian kinerja juga terletak pada tujuannya. Manajemen kinerja bertujuan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimiliki karyawan agar bisa mendorong performa mereka.

Dengan begitu, perusahaan juga turut mendorong kesuksesan para karyawan sekaligus menguatkan budaya yang positif.

Sedangkan, penilaian kinerja bertujuan untuk mengevaluasi performa karyawan agar bisa mengoptimalkan kinerja ke depannya.

Strategi perusahaan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen kinerja sangat berhubungan dengan tujuan perusahaan.

Agar karyawan bisa memberikan performa terbaik, maka tugas dan tanggung jawab yang diberikan harus sejalan dengan tujuan perusahaan. Oleh sebab itu, sejak awal perusahaan harus memiliki tujuan yang jelas.

Hal ini berbeda dari penilaian kinerja yang tidak terkait langsung dengan strategi perusahaan. Penilaian kinerja cenderung lebih fokus pada hasil.

Karena dari hasil inilah atasan bisa melakukan penilaian dan memberikan feedback. Dengan begitu, karyawan dapat menerapkan feedback untuk meningkatkan kinerja di masa depan.

Keterlibatan karyawan

Komunikasi yang terjadi pada manajemen kinerja bisa dikatakan relatif lebih fleksibel jika dibandingkan dengan komunikasi yang ada pada penilaian kinerja.

Ya, memang pada manajemen kinerja biasanya atasan memberikan tugas atau arahan kepada anggota tim.

Namun, sebaliknya, karyawan juga idealnya berhak memberikan feedback tentang tujuan dan sasaran perusahaan, memperbaiki dan meningkatkan kinerja pribadi, membuat rencana perbaikan, hingga kesempatan melakukan diskusi dengan atasan untuk memperoleh bimbingan.

Faktor ini jugalah yang menjadi perbedaan manajemen kinerja dan penilaian kinerja. Pada penilaian kinerja, umumnya proses penilaian atau evaluasi dilakukan secara satu arah, yaitu dari atasan atau supervisor kepada karyawan.

Alhasil, keterlibatan karyawan pun cenderung lebih minim jika dibandingkan dengan manajemen kinerja.

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa karyawan atau SDM merupakan aset terbesar perusahaan. Sudah seharusnya perusahaan melakukan strategi khusus untuk membantu karyawan mengoptimalkan kinerja nya agar tujuan perusahaan bisa tercapai pula.

Manajemen kinerja dan penilaian kinerja berperan besar di sini. Namun, mengingat metode dan tujuannya yang cukup berbeda, penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan manajemen kinerja dan penilaian kinerja. Semoga bermanfaat!

Referensi : Talentmanagement360

____________

KaryaOne adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos