Apa Itu Perekam Sidik Jari dan Bagaimana Cara Kerjanya

Back to Blog
perekam sidik jari

Pada saat ini, keamanan menjadi concern utama perusahaan. Angka kriminalitas yang semakin tinggi dan ragam kejahatan yang semakin bervariasi menjadi alasannya.

Untuk itu, Anda perlu meningkatkan keamanan pada keamanan perusahaan Anda. Anda tentu tidak ingin perusahaan mengalami kerugian karena keteledoran Anda, bukan?

Untuk itulah saat ini perusahaan teknologi keamanan berlomba-lomba untuk melahirkan inovasi keamanan. Salah satu inovasi yang dapat Anda rasakan saat ini adalah mesin perekam sidik jari atau fingerprint scanner.

Apa itu perekam sidik jari? Bagaiamana mesin ini dapat bekerja? Simaklah ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya.

Mesin perekam sidik jari

Anda tentu sudah mengetahui bahwa manusia terlahir dengan bentuk sidik jari yang berbeda-beda.

Hal ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi tiap manusia tanpa harus takut tertukar atau termanipulasi.

Saat ini telah banyak sistem yang menggunakan sidik jari sebagai bagian dari pengamanan, salah satunya adalah pencatatan data kependudukan.

Mesin ini dapat memindai dan mengenali sidik jari yang telah terekam dalam database, yakni dengan bantuan perangkat lunak (software) yang telah terpasang sebelumnya.

Dengan bantuan software ini, Anda dapat menyimpan data sidik jari karyawan Anda dan mengaksesnya dari mana pun.

Cara kerja mesin perekam sidik jari

Cara kerja mesin perekam sidik jari ini terbagi menjadi dua proses, yakni proses perekaman dan proses pemindaian.

Saat proses perekaman, jari yang ingin disimpan data sidik jarinya di-scan dengan menggunakan mesin elektronik. Hasil scan kemudian akan disimpan pada database.

Baca juga:  5 Keuntungan Menggunakan Cloud HRIS dalam Perusahaan

Dalam database ini, Anda dapat menggabungkan hasil scan dengan informasi pegawai.Hasil scan berupa file digital yang hanya dapat diakses oleh pihak tertentu di dalam perusahaan.

Kemudian, rekaman sidik jari tersebut akan digunakan sebagai bahan pembanding saat proses pemindaian.

Jika ditemukan ketidakcocokan pada saat pemindaian, Anda patut waspada karena bisa jadi ada oknum yang tidak bertanggungjawab atau sistem Anda mengalami kerusakan.

Jenis-jenis sensor perekam sidik jari

Untuk dapat mengenali sidik jari, mesin perekam sidik jari membutuhkan sensor. Berikut ini beberapa jenis sensor yang digunakan dalam mesin perekam sidik jari:

Sensor Optik

Secara sederhana, sensor ini bekerja seperti mesin fotokopi. Ia akan melepaskan cahaya yang kemudian menyinari permukaan jari sehingga pola unik sidik jari dapat terlihat jelas dan dapat direkam.

Sensor Ultrasonik

Untuk memperoleh pola khusus pada permukaan jari, sensor ini menggunakan audio berfrekuensi tinggi yang mampu menembus lapisan kulit.

Pola khusus sidik jari akan terlihat sebagai pantulan energi suara yang kemudian ditangkap oleh alat pembaca khusus.

Sensor Panas

Sensor ini bekerja dengan membedakan panas yang ditimbulkan bagian cekung dan bagian cembung pada sidik jari manusia.

Khusus sensor yang satu ini, Anda harus menggosokkan jari pada mesin pemindai sidik jari. Jika Anda hanya menempelkannya, maka sidik jari Anda tidak akan terbaca.

Baca juga:  4 Alasan Mengapa HR Jadi Kunci Sukses Perusahaan

Sensor Capacitive

Untuk dapat memindai sidik jari, sensor ini memanfaatkan getaran elektronik yang dihasilkan permukaan mesin sidik jari.

Dari getaran elektronik ini akan dapat diketahui bagian cekung dan cembung dari sidik jari Anda.

Kelebihan pemindai sidik jari

Mesin pemindai sidik jari memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh mesin pemindai untuk absensi lainnya (mesin timeclock atau pengenal ID karyawan), di antaranya adalah:

Dapat digunakan dengan mudah, cukup dengan satu sentuhan jari saja. Cara yang tepat untuk mengenali tiap-tiap karyawan dalam perusahaan.

Sidik jari susah dimanipulasi, sehingga akan sulit melakukan kecurangan pada mesin ini. Secara teori, akan sulit untuk membobol dan meretas sistem mesin pemindai ini.

Cocok untuk orang yang mudah melupakan password atau kartu pengenal karena Anda tidak akan meninggalkan sidik jari Anda.

Nah, dari ulasan di atas Anda dapat mengetahui apa itu mesin pemindai sidik jari, bagaimana cara kerjanya, serta apa kelebihannya jika dibandingkan dengan mesin pemindai lainnya.

Dengan mesin pemindai sidik jari, Anda akan lebih mudah memantau data kehadiran karyawan Anda secara akurat.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Anda bisa menggunakan mesin absensi sidik jari dari KaryaOne yang hadir dalam berbagai tipe sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Sumber : Finger Scanners: What They Are And Why They Are Gaining in Popularity

banner_karyaone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog