Kapan Waktu yang Tepat untuk Menambah Pegawai?

menambah pegawai

Baik pengusaha besar maupun kecil, memutuskan untuk menambah pegawai atau tidak adalah salah satu keputusan yang sulit untuk dibuat. Pasalnya, akan terdapat biaya pengeluaran tambahan. Namun hal ini memang merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk mengembangkan perusahaan Anda.

Banyak pemilik usaha kecil tetap bergolak tentang mempekerjakan karyawan baru. The National Federation of Independent Business melaporkan bahwa 80% dari perusahaan swasta kecil tidak melakukan penambahan karyawan pada bulan Juli 2013 dan 12% diantaranya melakukan pemutusan hubungan kerja.

Sebelum memutuskan apakah sekarang merupakan waktu yang tepat untuk menambah karyawan, tanyakan pada diri Anda pertanyaan di bawah ini:

1. Seperti Apa Bisnis Anda dalam Satu Tahun ke Depan?

Akan lebih baik jika sedari awal Anda sudah memiliki rencana bisnis, menetapkan tujuan dan mempunyai ide mengenai ke mana bisnis Anda akan berjalan. Sebelum merekrut, review kembali tujuan bisnis Anda. Lihat apakah jumlah karyawan yang banyak akan memberikan kontribusi maksimal pada perusahaan.

Kemudian, lihat tipe karyawan seperti apa yang cocok dan bisa membantu untuk mencapai tujuan? Apakah Anda membutuhkan bantuan untuk mengerjakan proyek tertentu? Atau apakah Anda membutuhkan sekretaris untuk membantu mengurus surat menyurat?

Baca juga:  Tips Posting Lowongan Kerja Online

2. Apakah Anda Mampu Secara Finansial untuk Merekrut Karyawan Baru?

Setiap karyawan baru membutuhkan pelatihan, mendapatkan asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, upah setiap bulan dan sebagainya. Apakah kondisi finansial perusahaan Anda sanggup memenuhi semua kebutuhan tersebut?

Merekrut karyawan baru berarti Anda akan menambah pengeluaran pada beberapa waktu awal.

3. Berapa Lama Waktu yang Anda Butuhkan untuk Mengerjakan Banyak Tugas?

Apakah waktu Anda banyak terbuang untuk mengerjakan hal-hal mikro perusahaan seperti menjawab pertanyaan pelanggan, penanganan keluhan atau mengelola pembukuan? Tugas seperti itu seharusnya dikerjakan oleh karyawan sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk mengurus pekerjaan penting lainnya.

4. Apakah Perusahaan Anda Berkembang?

Walaupun sederhana, namun hal ini penting untuk ditanyakan pada diri Anda sendiri. Mempekerjakan karyawan baru adalah keputusan yang tepat jika perusahaan Anda saat ini sedang tumbuh. Jika Anda mengalami pertumbuhan yang lambat, mungkin ini saat yang terbaik untuk melakukan penambahan karyawan.

5. Apakah Bisnis Anda Bisa Menangani Banyak Karyawan?

Di mana tempat bekerja atau kantor Anda? Rumah atau gedung kantor? Lalu, apakah pekerjaan harus dilakukan secara langsung di kantor atau bisa dikerjakan dari jarak jauh?

Baca juga:  Cara Menguji Soft Skill Calon Karyawan

Pertanyaan-pertanyaan itu penting untuk Anda pikirkan sebelum merekrut karyawan baru. Pasalnya, jika ruang bekerja perusahaan tidak memiliki tempat yang cukup, maka Anda harus pindah ke tempat yang lebih besar untuk “menampung” karyawan lama dan baru. Atau Anda harus memiliki karyawan yang bisa bekerja dari jarak jauh atau dengan kata lain secara mobile.

Perlu diingat, hal terpenting adalah memiliki karyawan sesedikit mungkin namun dapat bekerja semaksimal dan seefektif mungkin. Terlalu banyak karyawan terkadang membuat mereka menganggur karena pekerjaan sudah ditangani banyak orang lain.

Sumber:
Business: Do You Really Need to Hire Another Employee?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *