Persiapan Pensiun: 12 Cara Menghadapi Masa Pensiun

persiapan pensiun

Semua orang memiliki masa produktif bekerja yang berbeda dalam hidupnya, meskipun demikian pada akhirnya akan tiba waktu dimana mereka tidak produktif lagi.   Apakah persiapan pensiun Anda sudah cukup baik? Atau bahkan Anda belum memikirkan hal itu sama sekali?

Mungkin Anda pernah bertanya pada diri sendiri akan melakukan apa saat pensiun, namun memilih untuk menunda menjawab pertanyaan itu karena masih banyak persoalan masa kini yang harus dihadapi.

Tidak semua orang siap untuk memasuki masa pensiun, apalagi mereka yang merupakan seorang workaholic atau gila bekerja. Namun, bagaimanapun juga Anda pasti akan memasuki masa itu.

Persiapan Pensiun

Pensiun adalah salah satu masa yang mau tidak mau dihadapi setiap manusia.   Sebuah waktu dimana seseorang merasa khawatir karena tidak ada pendapatan lagi, kehilangan identitas karena tidak lagi bekerja dan kebingungan dalam mengisi waktu luang.  Untuk memastikan Anda merasa aman secara emosional dan keuangan selama pensiun, ikuti langkah-langkah persiapan pensiun berikut ini :

1. Buat Rekening Tabungan Dana Darurat

Pastikan Anda memiliki tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda setidaknya selama tiga bulan. Pasalnya, terkadang terjadi penundaan tanggal dimulainya pensiun atau proses pencairan dana pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan yang membutuhkan waktu lama.

Dana darurat tersebut bisa Anda gunakan untuk mencukupi semua kebutuhan hidup Anda selama terjadinya penundaan atau keterlambatan seperti tersebut.

2. Persiapkan Dana Pensiun

Sebelum memasuki masa pensiun, sebaiknya Anda harus menganalisa dana pensiun. Anda harus membuat perkiraan apa saja yang menjadi kebutuhan setiap harinya dan perubahan apa yang terjadi setelah pensiun. Meremehkan perencanaan budget adalah salah satu kesalahan besar yang dilakukan banyak orang.

Baca juga:  3 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

3. Tentukan Pilihan Asuransi Kesehatan

Jika biasanya asuransi kesehatan Anda ditanggung oleh perusahaan, maka lain halnya ketika Anda pensiun. Ingat bahwa biaya asuransi kesehatan tidak murah, apalagi untuk seorang pensiunan. Oleh karenanya, Anda harus menentukan asuransi kesehatan Anda sejak dini.

4. Pelajari Mengenai Pajak Dana Pensiun

Banyak orang yang tak mengetahui bahwa dana pensiun juga bisa terkena pajak. Oleh karena itu sebaiknya Anda diskusikan hal ini kepada konsultan pajak untuk membuat program dana pensiun atau meminta informasi langsung dari kantor pajak.

5. Buat Daftar Waktu Penerimaan Dana Pensiun

Apakah Anda sudah membuat daftar mengenai waktu penerimaan dana pensiun termasuk dari sumber apa saja Anda mendapatkannya? Daftar ini akan membantu Anda untuk mengatur perencanaan dan perkiraan pengeluaran selama masa pensiun agar keuangan Anda tetap terjaga.

6. Buat Skenario Perhitungan Dana Pensiun

Melakukan skenario perencanaan dan pengaturan dana pensiun bisa membantu Anda untuk memperkirakan berapa lama dana pensiun dapat bertahan.

Dari skenario tersebut Anda juga bisa mengatur dan mengubah beberapa keputusan terkait dengan tanggal pensiun hingga tingkat inflasi dan bagaimana elemen tersebut mempengaruhi pendapatan pensiun Anda.

7. Konsultasi Sebelum Mencairkan Dana Pensiun

Jangan tergesa-gesa ingin mencairkan dana pesangon pensiun sebelum Anda berkonsultasi dengan ahli agar Anda bisa mengetahui apa-apa saja manfaat yang bisa diambil demi kebutuhan hidup Anda nantinya.

Baca juga:  Kebahagiaan Karyawan, Mengapa Begitu Penting?

8. Pelajari Pilihan Investasi Pensiun

Dana pensiun bisa habis dalam waktu singkat tanpa adanya perencanaan jangka panjang ataupun karena tidak diubah ke dalam bentuk investasi. Pelajari pilihan yang bisa Anda ambil terkait dengan investasi menggunakan dana pensiun.

9. Buat Rencana Investasi

Setelah mempelajari pilihan investasi jaminan pensiun, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih dan melakukan investasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Investasi ini akan menjamin keuangan Anda di masa pensiun.

10. Baca Buku Perencanaan Pensiun

Jangan malas untuk membaca buku dan mencari informasi penting mengenai pensiun khususnya dalam mengatur keuangan. Mendengarkan cerita orang lain mengenai rencana pensiun tidak cukup memberikan Anda gambaran lengkap, oleh karenanya lebih baik Anda kembali menggali informasi melalui buku.

11. Gunakan Jasa Konsultan Rencana Pensiun

Selain menggunakan jasa konsultan keuangan, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa konsultan rencana pensiun. Mereka bisa memberikan Anda masukan mengenai pengelolaan investasi dana pensiun Anda.

12. Lakukan Analisis Rencana Keuangan

Cari tahu apa keputusan terbaik mengenai rencana dan penggunaan dana pensiun Anda dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Jangan pernah mengambil keputusan sebelum Anda melihat semua hasil analisis yang dikonsultasikan dengan konsultan.

Sumber:
TheBalance: Learn How to Prepare Financially for Retirement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *