Apa itu Personal Branding? [Tes Personal Branding Anda]

personal branding adalah

Personal Branding – Dalam dunia bisnis atau dunia kerja, tentunya Anda ingin agar Anda dikenal dengan ahli dalam hal tertentu. Orang tahu apa yang Anda bisa lakukan sehingga jika mereka membutuhkan sesuatu terkait skill Anda, mereka akan mencari Anda.

Ibu Sri Mulyani adalah orang yang terkenal dengan kemampuannya dalam mengelola keuangan dalam skala besar. Oleh karena itu ia dipilih menjadi Menteri Keuangan.

Merry Riana dikenal sebagai pebisnis sukses sejak muda yang sering memberikan motivasi untuk pengembangan diri.

Indra Bekti terkenal sebagai presenter dengan gaya yang humoris.

Beberapa contoh di atas adalah orang-orang yang memiliki personal brand positif. Namun ada juga orang seperti Donal Trump yang personal brandnya tercampur antara positif dan negatif.

Membangun dan melindungi personal brand bukan hal yang mudah.

Terutama di era digital ini ketika informasi  begitu mudah dibagikan, Anda semakin perlu memahami tentang personal branding dan pengaruhnya terhadap bisnis atau karir Anda.

Apa itu personal branding?

Personal branding adalah proses membentuk persepsi publik tentang seseorang. Caranya yaitu dengan menempatkan orang tsb. sebagai orang yang ahli dalam industrinya, meningkatkan kredibilitas, dan membedakan diri dari persaingan. Pada akhirnya proses ini akan mendorong kemajuan karir orang tersebut.

Jadi dalam definisi ini personal branding itu upaya, kumpulan aktivitas yang dilakukan untuk membentuk persepsi publik terhadap orang itu.

Secara sederhana personal branding adalah cara Anda mempromosikan diri Anda sendiri. Hal-hal yang Anda promosikan yaitu keterampilan, pengalaman, dan kepribadian Anda. Gabungan semua ini akan membentuk persepsi publik tentang Anda.

Saat orang mengenali nama Anda, mereka juga akan teringat cerita Anda, dan bagaimana hal itu menggambarkan keahlian, sikap dan kesan mengenai Anda.

Anda menggunakan personal branding Anda untuk membedakan diri Anda dari orang lain. Apabila Anda melakukannya dengan benar, nama Anda akan terikat dengan bisnis Anda. Kesan yang dihasilkan untuk brand bisnis Anda pun akan berbeda dengan kesan yang diciptakan oleh tim pemasaran Anda.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Memilih Karir

Lalu, apa bedanya personal brand dengan personal branding.

Personal brand adalah persepsi publik terhadap seseorang berdasarkan pengalaman, keahlian, kompetensi, tindakan, dan / atau pencapaian orang tersebut dalam suatu komunitas, industri, atau masyarakat pada umumnya.

Jadi perbedaan personal brand dan personal branding yaitu personal brand adalah persepsi publik, sedangkan personal branding adalah upaya untuk membentuk persepsi publik tersebut.

Secara profesional, personal brand Anda adalah kesan publik tentang Anda, yang merupakan gabungan dari cara publik menilai Anda dalam kehidupan nyata, cara media menggambarkan Anda, dan kesan yang diperoleh publik berdasarkan informasi yang beredar secara online tentang Anda.

Jika Anda mengabaikan personal brand Anda, membiarkannya berkembang secara organik, maka hasilnya akan kacau. Kesan publik terhadap Anda bisa jadi jauh dari gambaran yang Anda inginkan.

Di masa sebelum internet, personal brand Anda benar-benar hanya kartu nama Anda dan kesan orang-orang di sekitar terhadap Anda. Kecuali jika Anda adalah figur publik atau seseorang yang tampil kuat di industri periklanan. Tanpa itu semua hanya sedikit orang yang akan mendengar tentang Anda.

Namun, dalam dunia yang sangat global saat ini, di mana setiap tindakan kecil dibahas panjang lebar di media sosial, Anda yang sebelumnya tidak dikenal bisa jadi terkenal hingga ke ranah internasional karena tindakan Anda.

Sedikit banyak personal brand Anda sudah terbentuk ketika Anda memasuki dunia kerja atau dunia bisnis. Apakah Anda tahu bagaimana personal brand Anda saat ini?

Baca juga: Jenjang Karir Terbaik untuk Anda, berdasarkan Tipe Kepribadian Myers-Briggs (MBTI)

Tes Personal Brand

Mungkin tidak semua orang berminat membentuk personal brand. Salah satu alasannya karena memang orang tersebut tidak ada niat untuk dikenal publik. Namun, jika Anda sudah masuk ke dunia kerja/dunia bisnis setidaknya Anda perlu membentuk personal brand walau sedikit saja.

Langkah awalnya dimulai dengan mengetahui bagaimana personal brand Anda saat ini.

Di bawah ini kami sudah mengumpulkan beberapa tes personal brand yang dapat Anda coba.

Kuis Apa Personal Brand Anda dari Glassdoor.

Glassdoor adalah situs web yang memudakan pencari kerja mencari informasi ulasan, gaji, dan lainnya dari suatu perusahaan. Di situs ini para karyawan yang masih bekerja atau mantan karyawan secara anonim memberikan ulasan tentang suatu perusahaan. Selain informasi kerja Glassdoor juga memberikan tips-tips untuk pencari kerja dan dunia HRD.

Ikuti kuis personal brand di sini.

Tes Penilaian Personal Brand dari Catherine Kaputa

Catherine Kaputa adalah pembicara dan penulis buku tentang personal branding berjudul “You Are a Brand”.  Dalam dunia internasional Catherine terkenal sebagai “Top 30 Global Branding Guru” untuk pemikirannya dan seminarnya tentang seni personal branding dan kepemimpinan wanita.

Kuis di bawah ini tidak melihat tentang posisi personal brand Anda saat ini tapi tipe personal brand Anda, berdasarkan karakter dan kecenderungan Anda.

Ikuti tes personal brand di sini.

Survey Personal Brand dari Stacey Lane

Stacey adalah career coach yang membantu individu dengan keunikan mereka masing-masing menemukan karir yang cocok dan menarik bagi mereka juga membantu memasarkan diri mereka sendiri. Stacey bekerja dengan orang-orang yang cerdas dan berbakat dari seluruh negeri. Ia mengajarkan tentang membangun jaringan dan juga personal branding.

Dengan mengikuti kuis survei di bawah ini Anda dapat mengetahui dimana posisi personal brand Anda saat ini. Dari situ Anda bisa mulai menyusun strategi brand Anda.

Ikuti survey  personal brand di sini.

 

Demikianlahh penjelasan tentang personal branding dan bagaimana mengetahui personal brand Anda.  Kami harap informasi ini berguna bagi Anda yang ingin mulai belajar tentang personal branding. Jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada kenalan atau teman Anda apabila artikel ini berguna.

Jika Anda juga ingin meningkatkan pengetahuan tentang dunia HRD, silakan mengikuti webinar HRD yang kami adakan gratis setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

 

Baca juga:

  1. Bagaimana Cara Memulai Bisnis untuk Pemula
  2. Cara Analisis Bisnis dan Analisis Bisnis Kompetitor
  3. Bagaimana Melakukan Product Research yang Laris Dipasaran?
  4. Bisnis Model Canvas dalam Perancangan Bisnis
  5. Mengenal NIB Perusahaan untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah)
  6. Pengertian Profesi, Persamaan Kata dan Contoh Profesi
  7. 5 Cara Melindungi Personal Brand Anda di Dunia Maya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *