4 Pertanyaan Seputar BPJS Ketenagakerjaan untuk Pemula

Back to Pos

BPJS Ketenagakerjaan diklaim pemerintah mampu mengatasi beberapa masalah terkait ketenagakerjaan di Indonesia. Manfaat yang ditawarkan pun tergolong besar jika menilik jumlah iuran yang dibayarkan tidak terlalu menguras kantong karyawan. Dengan manfaat dan keuntungan yang ditawarkan, ternyata masih banyak pihak yang belum mengenal program ini.

Apakah Anda salah satunya? Jika Anda adalah individu yang baru terjun ke dunia kerja, ada baiknya untuk memahami BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu. Di bawah ini KaryaONE telah menyusun beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pemula terkait program pemerintah yang satu ini.

banner payroll karyaoneJamsostek bisakah digunakan di BPJS Ketenagakerjaan?

Sebelum menjadi BPJS Ketenagakerjaan, badan hukum ini dulunya bernama PT Jamsostek (Persero). Untuk perusahaan dan perseorangan yang telah bergabung menjadi peserta layanan Jamsostek dan mengambil program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM), maka secara otomatis telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kartu peserta Jamsostek pun bisa dipakai untuk BPJS Ketenagakerjaan.

Namun, jika dulunya tergabung dalam program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) dari Jamsostek, Anda harus melakukan registrasi ulang melalui BPJS Kesehatan. Dari BPJS Kesehatan, Anda akan diarahkan menuju BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini karena layanan yang ditawarkan JPK saat ini termasuk dalam layanan BPJS Kesehatan.

Bagaimana cara mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan?

Untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan, Anda harus melengkapi persyaratan yang diajukan terlebih dahulu. Setelah syarat-syarat lengkap, datanglah ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dari Anda. Petugas nantinya akan mengarahkan Anda untuk mengisi formulir pencarian dana. Dalam beberapa program, pencairan dana bisa dilakukan online.

Penting untuk diingat, pencairan dana hanya bisa dilakukan saat Anda memenuhi kondisi tertentu yang diajukan. Salah satunya terkait dengan masa kerja Anda. Jika masa kerja di perusahaan kurang dari lima tahun, maka Anda belum berhak untuk melakukan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan.

Seberapa pentingkah program ini?

Seperti definisinya, BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah program yang akan membantu Anda dari berbagai risiko terkait dengan kondisi ekonomi dan juga sosial. Program pemerintah yang satu ini juga akan membantu Anda mempersiapkan diri terhadap beberapa kejadian tidak terduga di masa mendatang seperti terserang penyakit atau kecelakaan kerja.

BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan proteksi bagi Anda sekaligus keluarga menghadapi masa depan yang tidak dapat diprediksi bagaimana datangnya. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus bekerja dan mencari nafkah tanpa harus memikirkan risiko yang mungkin akan terjadi pada masa-masa mendatang.

Manfaat apa saja yang bisa diperoleh?

Untuk mengetahui manfaat yang bisa diperoleh dari BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa melihat dari program-program yang ditawarkan. Sejauh ini telah ada enam program yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan bagi para pesertanya, yakni JHT, JKK, JKM, Bukan Penerima Upah, Sektor Jasa Konstruksi, dan juga Jaminan Pensiun.

Seluruh program ini tidak hanya akan melindungi Anda, tetapi juga keluarga. Sebagai contoh, melalui program JKM, keluarga atau ahli waris akan mendapatkan uang tunai sejumlah dana iuran yang telah dibayarkan oleh peserta. Dengan demikian, Anda bisa memberikan sokongan dana sementara bagi keluarga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan menyimak jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seputar BPJS Ketenagakerjaan di atas, semoga Anda bisa lebih memahami program yang satu ini. Terutama terkait dengan manfaatnya yang masih belum begitu dipahami oleh banyak orang.

Sumber:

Finansialku: 6 Pertanyaan Seputar BPJS Ketenagakerjaan untuk Pemula

______
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

banner_karyaone

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos