12 Pertanyaan Interview Kerja untuk Calon Karyawan Millennial

Back to Blog
pertanyaan interview kerja untuk millennial

Usia kerja saat ini didominasi oleh generasi millennial dengan total lebih dari 35 juta orang yang telah bekerja. Jumlah tersebut akan terus bertambah dan dalam waktu dekat, mereka akan segera menduduki jabatan yang lebih tinggi dalam perusahaan.

Untuk memastikan Anda memiliki karyawan terbaik yang berasal dari generasi millennial, ajukan 12 pertanyaan wawancara kerja yang cocok untuk generasi millennial, seperti berikut ini.

1. Anda ingin menjadi seorang inventor atau pemimpin?

Tidak ada jawaban benar atau salah untuk pertanyaan ini, melainkan jawaban mereka atas pertanyaan ini akan membantu Anda untuk melihat apa minat mereka, baik itu membangun sesuatu atau membangun kemampuan orang lain.

2. Anda menginginkan tim kecil dengan dana terbatas dan otonomi yang signifikan, atau tim besar dengan dana yang melimpah dan proses pengambilan keputusan yang berlapis-lapis?

Hal ini akan memperlihatkan keberanian kandidat dalam bekerja dengan keinginan mereka untuk mengendalikan orang lain dan peraturan. Orang dengan jiwa kewirausahaan akan selalu mengambil pilihan pertama.

3. Ceritakan saat-saat ketika Anda terpuruk namun yakin bahwa Anda bisa bangkit kembali

Generasi millennial adalah orang-orang yang sangat optimistik sehingga akan memberikan pengaruh positif bagi perusahaan Anda. Rekrut kandidat dengan sifat optimis sehingga dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan perusahaan.

4. Apa yang akan Anda lakukan jika menerima telepon penting dari pimpinan senior dan meminta untuk melakukan sesuatu?

Generasi millennial dianggap memiliki kemampuan multitasking. Pertanyaan ini akan memperlihatkan bagaimana mereka menyelesaikan tugas prioritas dalam keadaan terdesak.

Baca juga:  5 Hal yang Harus Dilakukan Manajer HR untuk Sukses

5. Ceritakan saat-saat kegagalan Anda

Banyak anggapan bahwa generasi millennial terlalu dimanjakan oleh orang tua mereka, namun biar bagaimana pun setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan.

Jawaban mereka atas pertanyaan ini akan memberikan gambaran untuk melihat seperti apa respon mereka saat gagal dan bagaimana cara mengatasinya.

6. Berikan contoh situasi di mana Anda bekerja dalam sebuah kelompok dengan berbagai latar belakang dan opini yang berbeda

Perlu Anda ketahui bahwa generasi millennial merupakan generasi yang paling inklusif. Mereka menerima perbedaan yang ada dengan tangan terbuka. Jika mereka tak bisa memberikan contoh kasus mengenai perbedaan dalam sebuah lingkungan, maka bisa jadi mereka tidak dapat menerima perbedaan dengan baik.

7. Ceritakan pengalaman Anda dalam kerja sosial yang pernah Anda lakukan

Generasi ini memiliki rasa berbagi yang sangat tinggi untuk sesamanya, baik dengan menjadi relawan, bergabung dalam organisasi tertentu atau mengadakan acara sosial sendiri. Berbagi dan peduli kepada orang lain adalah ciri-ciri pemimpin yang hebat.

8. Beritahu kepada saya mengenai project besar yang pernah dilakukan, apa peran Anda dan berapa lama Anda bisa menyelesaikannya

Millennial tumbuh dalam lingkungan yang terus mengalami perubahan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana respon mereka dalam menghadapi suatu hal atau pekerjaan yang membutuhkan waktu lama dalam pengerjaannya.

Baca juga:  14 Cara HRD Menilai Calon Karyawan Saat Wawancara

9. Anda lebih suka bekerja di rumah, kantor biasa atau open space office?

Setiap orang memiliki keinginan masing-masing mengenai bagaimana mereka bekerja dan di lingkungan seperti apa. Pertanyaan ini memberikan Anda gambaran mengenai kecocokan antara perusahaan Anda dan keinginan mereka mengenai lingkungan ruang kerja.

10. Bagaimana sikap Anda dalam menerima feedback?

Sifat generasi millennial lainnya adalah “haus” akan feedback yang positif. Menyeimbangkan aspek ini dengan budaya kantor adalah hal yang penting.

11. Apa peran yang ingin Anda dapatkan dalam lima tahun mendatang?

Millennial memiliki keinginan yang kuat untuk bisa berprestasi dan mencapai sesuatu termasuk posisi atau jabatan tertentu. Oleh karenanya jenjang karir dan ekspektasi yang jelas akan membantu kedua belah pihak dalam memahami satu sama lain.

12. Bagaimana perasaan Anda ketika kehilangan penghargaan yang menurut Anda seharusnya pantas Anda dapatkan?

Generasi ini bisa menjadi frustrasi jika ada keinginan mereka yang tak berhasil dicapai. Melihat jawaban mereka atas hal ini akan memberi Anda gambaran mengenai komitmen dan ketahanan mereka dalam bekerja.

Sumber:
Inc: 12 Interview Questions You Should Always Ask Millennials

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog