3 Alasan Perusahaan Tidak Menaikkan Gaji atau Promosi

alasan perusahaan tidak menaikkan gaji atau promosi

Kenaikan gaji dan promosi adalah hal yang diidam-idamkan seluruh karyawan. Selain memberikan benefit yang lebih besar, kenaikan gaji dan promosi juga merupakan pembuktian atas hasil kerja keras yang dilakukan oleh karyawan.

Namun tentu tidak setiap saat hal ini dapat terjadi. Tentu saja ada banyak alasan perusahaan tidak menaikkan gaji atau promosi, baik karena faktor internal maupun eksternal.

1. Performa Tidak Baik

Alasan perusahaan tidak menaikkan gaji atau promosi yang pertama adalah karena tidak adanya performa yang baik dari karyawan.

Jika ada karyawan yang menanyakan tentang kenaikan gaji atau promosi, mungkin itu adalah kesempatan Anda untuk menyampaikan feedback kepada karyawan bersangkutan. Hal ini juga bermanfaat bagi karyawan mengingat mereka bisa mendapatkan umpan balik yang membangun.

Sampaikan bahwa keputusan menaikkan gaji atau promosi dilakukan berdasarkan kinerja atau performa yang diberikan oleh setiap karyawan.

Biarkan karyawan menyampaikan kekecewaan mereka dengan alasan ini dan jangan menyela pembelaan mereka. Pada dasarnya, berikan kesempatan kepada karyawan untuk mengungkapkan pemikiran dan penjelasan mereka terhadap alasan yang ditujukan tersebut.

Jika sudah selesai, tanggapi dengan positif seperti membahas bersama bagaimana cara yang baik untuk dapat meningkatkan karyawan tersebut. Dengan demikian kedua belah pihak bisa mengetahui situasi yang sebenarnya dan mengetahui perubahan apa yang harus dilakukan.

Baca juga:  Daftar UMP 2017 di 34 Provinsi se-Indonesia

2. Kebutuhan Perusahaan

Alasan perusahaan tidak menaikkan gaji atau promosi dengan alasan kebutuhan perusahaan adalah hal yang paling umum terjadi.

Yang termasuk dalam alasan ini misalnya perusahaan tidak berkembang, tidak ada karyawan yang resign sehingga tak ada posisi yang kosong, ataupun alasan terkait kondisi internal perusahaan lainnya.

Ingatkan karyawan bahwa kenaikan gaji dan promosi tidak menjamin perkembangan karir mereka. Keinginan akan perkembangan karir bisa didapat dengan cara lain seperti pelatihan karyawan, perubahan job description, perpindahan divisi dan lainnya.

3. Masalah Budget

Dapat dikatakan alasan perusahaan tidak menaikkan gaji atau promosi karyawan yang satu ini adalah alasan yang paling mudah untuk disampaikan.

Anda tidak perlu menjelaskan secara detail kepada karyawan jika ini adalah alasan perusahaan tidak menaikkan gaji atau promosi. Dan tentu saja, karyawan tidak berhak mengungkit lebih jauh karena budget merupakan masalah di luar batasan mereka.

Namun di sisi lain, Anda juga harus mengabarkan hal ini kepada karyawan dengan performa yang sangat bagus. Sampaikan bahwa perusahaan mengalami kendala finansial sehingga belum bisa menaikkan gaji atau promosi.

Baca juga:  Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan

Konsekuensi dalam hal ini adalah kemungkinan karyawan tersebut akan resign untuk mencari tempat lain yang lebih menguntungkan mereka dalam hal finansial.

Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah memberikan promosi jabatan tanpa adanya kenaikan gaji. Pasalnya ada orang yang lebih mementingkan posisi daripada uang (gaji).

Hal terakhir yang harus Anda ingat dan pahami adalah, bila seseorang tidak mendapat kenaikan gaji karena masalah anggaran, bukan berarti semua karyawan akan mengalami hal yang sama. Yang benar adalah, ada orang yang memang Anda nilai tidak berhak mendapat kenaikan gaji.

Untuk meminimalkan kesenjangan dan isu yang tidak benar, sampaikan secara terbuka ke semua karyawan bahwa kenaikan gaji atau promosi tidak dilakukan secara rata. Melainkan hanya beberapa orang saja yang terpilih untuk menerima kabar bahagia tersebut.

Kesimpulan

Pada akhirnya pembahasan mengenai gaji atau promosi pasti akan terjadi antara perusahaan dengan karyawan. Luangkan waktu Anda untuk mempersiapkan diri jika suatu hari nanti harus menghadapi percakapan tentang hal ini.

Bicara dengan perlahan, sampaikan semua alasan dengan baik dan jujur, serta jangan bersikap defensif.

Sumber:
JustWorks: How to Tell an Employee They Didn’t Get a Pay Raise or Promotion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *