3 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

produktivitas karyawan

Banyaknya gangguan yang ada di lingkungan kantor bisa menjadi penyebab menurunnya produktivitas karyawan. Sebut saja media sosial, menonton youtube, chatting ataupun kebiasaan mengobrol dan bergosip yang sering kali tak lepas dari kehidupan sehari-hari karyawan.

Namun demikian, penelitan menemukan bahwa salah satu alasan kuat mengapa banyak karyawan membuang waktu mereka adalah karena pekerjaan yang kurang menantang. Selain itu, perusahaan tidak memberikan insentif tertentu yang akan memacu semangat sehingga menjadikan karyawan bosan atau malas.

Untuk mengatasi hal ini, Anda sebagai seorang HRD atau pemilik perusahaan sebaiknya menerapkan beberapa cara untuk merubah karyawan yang tidak produktif seperti berikut ini:

1. Berikan Penjelasan dengan Baik

Sampaikan ekspektasi Anda terhadap setiap karyawan secara jelas dan mendetail sehingga mereka mengetahui dengan pasti apa tujuan perusahaan dan peran mereka di dalamnya.

Pastikan setiap karyawan tahu apa saja tugas dan tanggung jawab masing-masing yang harus dilakukan demi mencapai tujuan perusahaan. Anda juga harus melakukan evaluasi, penilaian performa serta memberikan feedback mengenai hasil pekerjaan karyawan.

2. Manfaatkan Keadaan

Perhatikan dan kenali apa saja hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi dan menurunkan produktivitas karyawan. Jika Anda berhasil menemukannya, pastikan Anda memiliki rencana dan strategi untuk memanfaatkan gangguan tersebut.

Baca juga:  10 Keuntungan Perusahaan Merekrut Freelancer

Misalnya saja ada pertandingan olahraga seperti piala dunia. Daripada melarang karyawan untuk menyalakan televisi, berikan sedikit kebebasan dengan membiarkan mereka menyaksikan pertandingan pada waktu-waktu tertentu (tapi tetap dibatasi).

Walaupun terkesan membuat karyawan semakin malas, namun cara ini akan membuat karyawan lebih bersosialisasi dan melepaskan penat mereka. Karyawan akan merasa segar dan bersemangat kembali dalam bekerja setelah sedikit melakukan “refreshing”.

3. Berikan Reward

Mengenali hasil pekerjaan karyawan dan memberikan reward akan menjaga dan meningkatkan produktivitas karyawan secara konsisten. Berikan bonus tahunan kepada karyawan yang berhasil menyelesaikan proyek tertentu dengan hasil yang baik misalnya.

Memberikan bonus secara berkala akan mengingatkan karyawan bahwa performa mereka terus dipantau dan diperhitungkan oleh perusahaan, dan semua pekerjaan yang selesai dengan baik akan mendapat reward yang setimpal.

Kesimpulan

Ada batasan-batasan tertentu yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Anda bisa mengadakan konseling, teguran atau bahkan pemutusan hubungan kerja (PHK) untuk kasus yang ekstrim.

Sebelum mengambil langkah tertentu, pertimbangkan langkah proaktif apa yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah tanpa efek negatif.

Sumber:
HRDMag: Three Proactive Tips To Stop Employees Wasting Time

Baca juga:  Cara Membuat Business Plan yang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *