11 Cara Agar Cepat Dapat Promosi Jabatan

promosi jabatan

Setiap karyawan tentu ingin agar dirinya semakin berkembang sehingga mampu mendapatkan promosi jabatan baru. Tidak hanya gaji yang akan disesuaikan, namun jabatan baru yang lebih tinggi akan menambah nilai pada CV Anda nanti, serta memberikan Anda kepuasan tersendiri.

Namun, Anda tak bisa begitu saja mengajukan promosi untuk diri Anda sendiri mengingat tentu saja atasan dan perusahaan memiliki berbagai pertimbangan mengenai karir setiap karyawannya. Yakinkan atasan agar Anda bisa mendapat promosi jabatan dengan tips berikut ini.

Bekerja Semaksimal Mungkin

Performa Anda dalam bekerja merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan jika ingin mendapat promosi jabatan. Performa kerja yang bagus dan reputasi Anda sebagai karyawan yang berkualitas serta profesional adalah pertimbangan besar ketika perusahaan ingin membuat keputusan tentang promosi jabatan.

Bekerja Sama dengan Baik dalam Tim

Biasakan mengajukan diri untuk ikut serta dalam proyek atau tugas baru. Perlihatkan bahwa Anda bersedia membantu atasan dan rekan kerja lainnya ketika mereka membutuhkan tenaga tambahan dan Anda memiliki waktu luang.

Dengan demikian Anda akan dikenal sebagai anggota tim yang mampu bekerja sama dengan baik dan mampu mengerjakan berbagai tugas berbeda.

Datang ke Kantor Tepat Waktu

Selalu datang tepat waktu atau sebelum jam kerja dimulai dan jangan memakai jam istirahat secara berlebihan. Jika tidak, Anda akan dianggap sebagai karyawan yang tidak kompeten dalam bekerja dan malas karena membuang-buang waktu.

Baca juga:  Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Bawahan di Kantor

Perluan Jaringan

Datang dan ikut di acara-acara perusahaan. Semakin Anda mengenal banyak orang dan membangun jaringan yang baik, maka mereka akan semakin mengetahui tentang diri Anda.

Tidak ada yang tahu bahwa bisa saja mereka merupakan orang yang ikut berpengaruh dalam pengambilan keputusan mengenai promosi Anda. Selain itu, atasan juga lebih suka mempromosikan seseorang yang mereka kenal daripada yang tidak.

Giat Belajar

Jika perusahaan menawarkan kesempatan untuk mengikuti kelas pengembangan diri atau seminar, ambil tawaran itu sesering mungkin. Jangan membuang kesempatan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan Anda, ikuti berbagai macam pelatihan.

Cara Mengajukan Permintaan Promosi Jabatan

Setelah melakukan hal-hal di atas, sebagai karyawan Anda tentu berhak mengajukan permohonan untuk promosi. Sebelumnya, perhatikan beberapa hal yang harus dilakukan ini:

Diskusi dengan Atasan Anda

Pastikan bahwa atasan langsung Anda tahu bahwa Anda mengincar posisi baru, sehingga Anda juga bisa mendapat referensi langsung untuk diajukan ke perusahaan. Anda juga bisa meminta bantuan jika membutuhkan informasi tertentu mengenai posisi yang diinginkan.

Lihat Lowongan Kerja yang Tersedia di Perusahaan

Biasanya HRD akan memposting lowongan pekerjaan di website perusahaan untuk berbagai posisi yang dibutuhkan dan mungkin saja posisi itu terbuka bagi internal perusahaan.

Baca juga:  10 Jenis Profesi yang Penuh Tekanan Saat Ini

Ikuti Proses Perekrutan

Jangan langsung percaya diri bahwa Anda bisa langsung diterima untuk posisi terkait, pasalnya perusahaan bisa saja mempertimbangkan kandidat baru yang memiliki kemampuan sama atau lebih dengan Anda. Di sisi lain, jangan juga berpikiran bahwa HRD mengetahui dengan pasti kemampuan Anda sehingga permohonan Anda langsung diterima.

Untuk itu, tetap perbarui CV dan buat surat pengajuan untuk posisi yang Anda inginkan. Ikuti proses perekrutan secara formal jika memang perusahaan mengharuskannya.

Cari Referensi

Minta referensi berbentuk fisik dari atasan yang pernah bekerja sama dengan Anda, khususnya mereka yang memiliki kedudukan tinggi.

Bersiap Mengikuti Wawancara

Ketika Anda dipertimbangkan untuk menjabat posisi baru, biasanya HRD atau atasan terkait akan mewawancara Anda kembali. Untuk itu pastikan Anda memahami berbagai hal mengenai posisi tersebut demi meningkatkan karir Anda.

Kirimkan Pesan Terima Kasih

Buat dan kirim pesan berisi ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses promosi Anda, termasuk ucapan perpisahan dengan rekan kerja Anda di posisi sebelumnya.

Sumber:
TheBalance: How to Get Promoted at Work

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *