Ini Pentingnya Proses Onboarding Berkualitas

proses onboarding berkualitas

Proses onboarding dikenal sebagai periode ketika seorang karyawan di perusahaan baru saling mengenal dan mulai beradaptasi dengan lingkungan kerja, atasan, rekan kerja dan juga tugas-tugasnya. Proses ini mengacu pada beberapa hari dan minggu pertama karyawan tersebut masuk.

Perusahaan yang tak menerapkan proses onboarding yang baik sama saja dengan “melemparkan” karyawan barunya ke sebuah lahan tanpa adanya pengetahuan dan peralatan apapun.

Sementara itu setiap karyawan berhak mengetahui “dunia” baru yang akan mereka masuki untuk bisa bekerja secara maksimal.

Karenanya, sekecil atau sebesar apapun perusahaan Anda, sebagai atasan Anda harus memikirkan pentingnya proses onboarding bagi setiap karyawan baru yang akan memulai masa kerja mereka.

Berikut ini beberapa alasan utama pentingnya proses onboarding berkualitas tersebut:

1. Meningkatkan Branding Perusahaan Anda

Proses onboarding berkualitas akan meningkatkan branding perusahaan baik secara internal maupun eksternal. Mengapa?

Salah satu alasan para pencari kerja melamar di perusahaan Anda adalah karena mereka tertarik dengan brand yang Anda buat. Hal ini pun mungkin terjadi pada karyawan baru yang Anda rekrut.

Gunakan kesempatan ini untuk memposisikan perusahaan Anda sebagai tempat yang menyenangkan untuk bekerja dan pastikan perusahaan Anda peduli terhadap semua karyawan.

Ketika karyawan baru merasa nyaman dan diterima di perusahaan, inilah saat yang tepat untuk mempromosikan brand Anda sendiri.

Baca juga:  10 Tipe Recruiter, Anda Termasuk yang Mana?

Yakinkan karyawan untuk menceritakan pengalaman dan pandangan mereka mengenai brand Anda kepada orang lain. Ingat, karyawan adalah perwakilan dan wajah dari perusahaan Anda. Mereka lah yang berinteraksi dengan konsumen dan bisa menceritakan banyak hal baik mengenai brand Anda.

Proses onboarding yang baik akan membuat karyawan merasa bangga dengan pekerjaan dan kantor baru mereka dan ingin berbagi cerita dengan orang lain.

2. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Penerimaan yang baik membuat karyawan merasa semangat dan termotivasi. Mereka merasa sebagai karyawan yang dihargai dan ingin berkontribusi besar untuk mencapai tujuan perusahaan. Proses onboarding berkualitas dan efektif akan membuat karyawan merasa siap untuk bekerja.

Jika karyawan mengerti budaya kerja perusahaan, maka produktivitas mereka dalam bekerja pun akan meningkat. Ketika karyawan memahami nilai dan strategi perusahaan, mereka bisa berbagi tujuan yang sama dan lebih berkomitmen terhadap perusahaan.

Proses onboarding yang buruk akan berdampak negatif terhadap keterlibatan karyawan dengan perusahaan. Pasalnya mereka merasa tidak diinginkan atau tidak dibutuhkan oleh perusahaan.

Cobalah membuat onboarding karyawan yang lebih personal sehingga Anda bisa lebih memahami karyawan baru.

Baca juga:  Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia(MSDM)

Bangun hubungan yang kuat dengan setiap karyawan, terlebih hubungan jangka panjang yang baik. Ketika karyawan merasa dihargai dan puas, akan terjadi peningkatan produktivitas dan hasil yang lebih baik bagi

3. Retensi

Berdasarkan statistik, karyawan yang mengikuti struktur dan proses onboarding berkualitas dengan baik, 58% lebih mungkin tetap berada di perusahaan tersebut setidaknya hingga tiga tahun mendatang.

Hampir 90% karyawan baru memutuskan apakah akan terus berada di perusahaan mereka pada enam bulan pertama sejak mereka masuk. Hal ini memperlihatkan bahwa Anda harus membuat karyawan memang merasa diterima sejak pertama kali bergabung.

Dengan meningkatkan retensi karyawan, maka secara tidak langsung perusahaan Anda akan menghemat waktu, tenaga dan uang. Pasalnya, proses rekrutmen karyawan memerlukan banyak biaya dan memakan waktu sehingga lebih baik mempertahankan karyawan berkualitas daripada harus mencari kandidat baru.

Kesimpulan

Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk menciptakan proses onboarding berkualitas dan efektif bagi setiap karyawan. Pastikan Anda telah mengantongi strategi yang tepat untuk membuat karyawan baru merasa diterima dan siap menjalankan semua tugas mereka. Lakukan semua proses tersebut dengan benar dan rasakan manfaat yang Anda dapatkan nantinya.

Sumber:
TalentAdore: Why A Good Onboarding Process Matters

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *