5 Tips Mempekerjakan Karyawan yang Tepat

Back to Blog

Saat mempekerjakan seorang karyawan baru, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi: membuat bisnis semakin sukses atau justru malah akan menghancurkan apa yang sudah dibangun.

Anda harus membuat pertimbangan yang matang saat proses seleksi karyawan sebelum memintanya untuk bekerja. Lihat kemampuannya yang akan memberikan kontribusi pada perkembangan bisnis Anda.

Di samping itu, perilaku dan sikap calon pekerja baru juga harus bisa dipertimbangkan sejak proses seleksi karyawan supaya Anda tidak memilih orang yang salah.

Bila Anda bingung bagaimana cara memilih orang yang tepat saat proses seleksi karyawan, berikut tipsnya!

banner_karyaone

Cari seseorang yang memiliki komitmen untuk perkembangan karirnya

Mempekerjakan seseorang yang tidak mementingkan perkembangan karier sama saja dengan memilih orang yang salah untuk bisnis Anda.

Hal ini karena bisa saja calon karyawan tersebut adalah orang yang akan sering berganti pekerjaan demi mendapatkan gaji yang lebih besar daripada mengembangkan karirnya dalam satu bidang tertentu.

Jangan sampai terkecoh dengan kandidat berlatar belakang pekerjaan yang banyak dan bermacam-macam. Cek dengan saksama durasi waktu ia bekerja dalam satu perusahaan saat proses seleksi karyawan.

Bila durasi waktu bekerjanya singkat, berarti ia bukan seorang yang memiliki komitmen pengembangan karier dan hanya mementingkan gaji tinggi. Tentunya Anda tidak ingin mempekerjakan orang yang sudah pasti tidak loyal untuk perusahaan.

Cek kemampuannya untuk menyesuaikan diri

Terlepas dari keahlian yang dimiliki kandidat dalam suatu pekerjaan tertentu, satu hal yang tidak kalah penting adalah melihat bagaimana kemampuannya dalam menyesuaikan diri dengan orang lain yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

Anda pasti ingin seseorang yang bisa menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan yang ada serta karyawan dan manajer yang sudah terlebih dahulu bekerja untuk Anda.

Seseorang yang tidak bisa menyesuaikan diri dengan keadaan dan orang-orang yang bekerja sama dengannya pasti akan menghambat pekerjaan.

Saat proses seleksi karyawan, tanyakan pada kandidat bagaimana caranya berinteraksi dan menjaga hubungan baik dengan klien yang dimiliki sekarang.

Ini akan menunjukkan apakah kandidat memiliki keterampilan sosial untuk bergaul dengan orang lain atau tidak.

Melakukan background check

Salah satu cara untuk memutuskan apakah seseorang benar-benar pantas untuk dipekerjakan di perusahaan Anda adalah dengan melakukan background check.

Ini bisa dilakukan dengan cara melihat media sosial kandidat saat proses seleksi karyawan. Anda mungkin menemukan hal yang tidak terduga dari media sosial kandidat, entah itu dalam artian baik atau buruk.

Sekarang, banyak juga perusahaan yang mempekerjakan seseorang dari media sosial seperti Instagram, Twitter, dan LinkedIn.

Mengadakan program internship

Sebelum mempekerjakan karyawan baru untuk jangka waktu yang lama, Anda bisa mencoba mengadakan internship program pada perusahaan.

Hal ini mungkin saja terdengar membuang waktu dan tidak efisien, namun demi mendapatkan seseorang yang benar-benar tepat untuk kemajuan bisnis, memulai dari program magang tidak ada salahnya. Anda bahkan bisa menilai kinerja calon karyawan saat ia menjadi seorang intern.

Meningkatkan proses seleksi karyawan

Entah untuk perusahaan besar atau sebuah startup, proses seleksi karyawan adalah sebuah proses yang penting. Fokuskan pada kemampuan, pengetahuan, sikap, potensi, kepercayaan diri, dan keterampilan dari calon karyawan.

Pastikan semua persyaratan calon karyawan yang Anda inginkan sudah tercantum dengan jelas. Dengan begitu, lebih mudah bagi Anda untuk memilih dan membuang kandidat saat proses seleksi karyawan.

Mengajak orang lain saat proses seleksi karyawan bisa membantu Anda untuk memberikan pendapat dan masukan. Dengan mendengarkan masukan dari orang lain, Anda bisa menentukan apakah seseorang layak untuk diajak bergabung dalam perusahaan.

Saat sudah menemukan karyawan yang tepat, jangan lupa menggunakan software KaryaOne untuk memudahkan Anda dalam urusan absensi, penggajian, pajak, dan shift kerja karyawan. Cek langsung website KaryaOne di karyaone.co.id untuk coba gratis selama tiga puluh hari.

Sumber : Forbes

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog