3 Cara Mempercepat Proses Rekrutmen Karyawan

cara mempercepat rekrutmen karyawan

Walaupun merekrut karyawan adalah salah satu pekerjaan dan proses yang menyenangkan, namun pekerjaan tersebut akan memakan banyak waktu Anda sebagai praktisi HR (Human Resource) atau manajer perekrutan.

Tidak hanya itu, keseluruhan proses rekrutmen karyawan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Agar bisa efektif dalam melakukan perekrutan dan menghemat pengeluaran biaya perusahaan, lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mempercepat proses rekrutmen karyawan.

1. Mempersingkat Proses Persetujuan

Hal ini mencakup semua persetujuan yang terkait dengan keputusan untuk merekrut karyawan. Anda tentunya ingin membatasi jumlah penerimaan untuk posisi yang sedang tersedia, tahapan wawancara lanjutan dan persetujuan untuk beberapa kandidat terbaik.

Para pihak yang memberikan persetujuan juga sebaiknya dibatasi sehingga memungkinkan Anda membuat keputusan yang lebih cepat.

Jangan sampai proses persetujuan yang terlalu panjang (banyak orang yang harus memberikan persetujuan) malah membuat kandidat yang diinginkan “direbut” oleh perusahaan lain.

2. Mengotomatiskan Proses Rekrutmen

Sistem yang canggih dan otomatis akan mempersingkat waktu yang biasa dihabiskan untuk menyelesaikan proses rekrutmen. Sistem yang terancang dengan baik bisa termasuk persetujuan mengenai alur kerja yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca juga:  Langkah Onboarding Karyawan Baru yang Efektif

Gunakan teknologi untuk menyaring kandidat yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan sekaligus proses mereka yang akan melanjutkan tahap selanjutnya.

Penggunaan sistem dan teknologi seperti ini akan membantu Anda menghindari proses perekrutan yang terlalu panjang.

3. Mempercepat Pemilihan Kandidat

Coba untuk menggunakan rujukan dari karyawan karena biasanya karyawan tahu sedikit banyak mengenai kualitas dari kandidat yang mereka kenal sebelumnya.

Selain itu, coba pasang iklan lowongan kerja di media sosial dengan informasi job description yang jelas. Anda bisa melihat data diri pelamar dari media sosial atau profil LinkedIn mereka, termasuk pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan.

Ketika Anda sudah memiliki kandidat yang dirasa cocok dan akan meminta mereka datang ke tahap selanjutnya, pastikan Anda segera memberikan informasi terhadap kandidat yang tak lolos.

Sumber:
ElmoTalent: 3 Simple Ways to Speed Up your Hiring Timeline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *