Inilah Bagaimana Remote work yang Efisien

remote work

Remote work atau kerja dari jarak jauh menawarkan fleksibilitas dengan cara yang sesuai dengan cara kerja Anda, khususnya untuk freelancer.

Selain itu remote work juga bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja Anda mau. Namun, remote work bukan berarti tanpa risiko.

Semakin fleksibel jadwal kerja yang Anda punyai, semakin Anda harus menemukan struktur dan batas-batas pekerjaan Anda sendiri.

Selain itu, remote work juga memerlukan banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan diatur, mulai membuat jadwal kerja, bagaimana dan di mana bisa menyelesaikan pekerjaan Anda, dan juga bagaimana tanggung jawab Anda terhadap rekan kerja jauh dan juga sesama pekerja remote.

Menemukan cara menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab adalah hal yang cukup rumit.

Remote work memang menarik untuk dilakukan karena Anda bisa bekerja sesuai dengan jadwal yang sesuai dengan Anda.

Merancang jadwal kerja sendiri adalah hal yang menantang untuk dilakukan.

Untuk memudahkan Anda dalam merancang jam kerja yang sesuai dengan Anda, Anda wajib tahu bagaimana jam biologis pada tubuh Anda terlebih dahulu.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

Kenali Jam Biologi Tubuh Anda untuk Mengatur Jam Kerja

Terdapat tiga tipe jam biologis pada tubuh manusia yang dikenal dengan chronotype. Tipe night owls atau si burung hantu adalah mereka yang biasanya terjaga saat dan bekerja lebih efektif di malam hari.

Tipe kedua, morning larks atau si manusia pagi yang aktif bekerja di pagi hari dan tidur di malam hari.

Sedangkan tipe ketiga adalah in-between yang aktif bekerja di siang hari tapi melambat performanya di pagi dan sore hari.

Biasanya yang berada di tipe ketiga adalah mereka yang tidur malamnya sebentar.

Carilah Space yang Bisa Membuat Anda Bekerja dengan Paling Efektif

Selain itu, Anda harus mengetahui di tempat mana Anda bisa bekerja paling produktif. Remote work memberikan Anda kebebasan untuk memilih tempat kerja yang paling tepat untuk Anda.

Anda bisa bekerja di ruang kerja di rumah, di kafe, atau co-working space. Jika pekerjaan Anda membutuhkan wi-fi yang kencang dan lancar, Anda bisa mulai mencari dan mencoba beberapa tempat yang nyaman untuk bekerja.

Kenali Cara Anda Bekerja dengan Paling Efisien

Setelah tahu jam bekerja dan menemukan space bekerja yang nyaman, selanjutnya Anda harus mengetahui tipe orang seperti apa Anda.

Jika Anda termasuk introvert, bekerja bersama dengan orang banyak akan menghabiskan energi Anda. Sedangkan jika Anda seorang extrovert, maka berada di rumah sendirian akan membuat Anda kurang berenergi.

Selain itu, introvert akan lebih menghindari berurusan dengan klien terlalu lama atau melalui meeting call agar energi mereka tetap stabil.

Sedangkan extrovert akan lebih bersemangat jika pekerjaannya dimulai dengan chat dan meeting dengan klien terlebih dahulu. Dengan mengetahui tipe orang seperti apa Anda, Anda bisa dengan mudah mengetahui cara remote work dengan baik.

Kenali Bagaimana Kerja dan Koordinasi Tim Berjalan

Meskipun pekerjaan Anda tidak berkaitan langsung dengan sebuah tim, Anda tetap akan perlu berkoordinasi langsung dengan klien atau team leader sewaktu-waktu.

Dengan melakukan remote work, Anda tetap harus memikirkan jadwal orang dan tim yang akan berkoordinasi dengan Anda.

Tantangan ini juga bisa terjadi jika beberapa anggota tim bekerja di zona waktu yang berbeda. Pastikan deadline per orang dalam tim gagal terkoordinasi dengan baik dan malah membuat deadline molor.

Pastikan untuk mencatat jam kerja setiap anggota tim, team leader, atau klien yang bersangkutan langsung dengan pekerjaan Anda. Dengan mencatat ini, Anda bisa menentukan berapa lama waktu pengerjaan harus segera selesai.

Itulah cara bagaimana remote work berjalan lebih efisien bagi Anda yang tidak ingin bekerja di kantor atau memutuskan untuk freelance.

Dengan mengetahui dan menjalan cara di atas, remote work Anda akan berjalan lancar dan sesuai dengan jam kerja yang Anda kehendaki.

Sumber : Toptal.com

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *