5 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Back to Blog
sebelum menerima tawaran kerja

Mendapat tawaran kerja di suatu perusahaan impian Anda tentu menjadi hal yang menyenangkan. Terlebih jika dalam beberapa bulan terakhir Anda belum juga mendapat panggilan kerja.

Tawaran atas pekerjaan tersebut seakan-akan memaksa Anda untuk langsung berkata “iya” pada saat itu juga.

Padahal Anda harus menahan diri terlebih dulu sebelum menanyakan beberapa hal terkait detail tawaran kerja tersebut. Jadi, 5 hal inilah yang harus Anda pertimbangkan sebelum menerima sebuah tawaran kerja.

banner_karyaone1. Negosiasi gaji

Menerima tawaran kerja dimana Anda diminta untuk segera menandatangani kontrak kerja, maka sebaiknya lebih dulu negosiasikan gaji yang akan diberikan oleh perusahaan tersebut.

Namun demikian, jangan lupakan juga bahwa semua itu bergantung pada posisi pekerjaan yang ditawarkan kepada Anda.

Misalnya, apabila Anda diterima kerja di startup yang baru dirintis, Anda mungkin akan menerima gaji sebesar upah minimum regional saja.

2. Kompensasi perusahaan

Gaji bukan menjadi satu-satunya faktor yang menjadi latarbelakang Anda dalam menerima sebuah tawaran pekerjaan.

Pastikan Anda juga mempertimbangkan kompensasi yang akan diberikan oleh perusahaan tersebut jika Anda setuju untuk bergabung.

Jadi, sebelum Anda menerima tawaran kerja, gali lebih dalam dan mendetail tentang semua kompensasi yang akan Anda terima.

Baca juga:  7 Alasan Mengapa HRD Dibenci Banyak Karyawan

Hal ini termasuk asuransi kesehatan, bonus kerja, lembur, jam kerja, atau apapun yang mungkin masih belum Anda pahami.

Dengan begitu, Anda tidak akan merasa tertipu hanya karena kurang teliti sebelum menandatangani kontrak kerja.

3. Deskripsi pekerjaan

Selanjutnya, sebelum mengiyakan tawaran kerja Anda juga harus menanyakan detail deskripsi pekerjaan yang harus dilakukan.

Jika memang sesuai dengan latarbelakang pendidikan dan pengalaman kerja Anda, maka pekerjaan baru tersebut lebih mudah untuk dijalankan.

Sebaliknya, ketika deskripsi pekerjaan itu menunjukkan kebutuhan kemampuan yang belum Anda miliki ada baiknya jika Anda menanyakan hal-hal terkait pelatihan yang akan disediakan oleh perusahaan.

4. Jarak tempuh

Sebelum Anda menerima tawaran kerja, pertimbangkan juga tentang jarak tempuh yang harus Anda lalui setiap hari dari tempat tinggal menuju kantor.

Bisa jadi tempat kerja yang baru jaraknya lebih dekat atau justru lebih jauh dari tempat tinggal Anda sekarang.

Tak jarang beberapa perusahaan bahkan meminta Anda untuk meninggalkan keluarga karena lokasi kerja yang jauh di luar kota/pulau.

Anda harus benar-benar mempertimbangkan hal tersebut agar dapat memperhitungkan dengan kompensasi yang diberikan apakah sudah setara dengan pengorbanan Anda.

Baca juga:  Cara Menguji Soft Skill Calon Karyawan

Pasalnya, ketika Anda harus berjauhan dengan keluarga, maka Anda harus menyediakan dana tambahan untuk pulang kampung dan bisa berkumpul dengan keluarga.

5. Jam kerja

Terakhir, Anda juga harus mempertimbangkan jam kerja yang berlaku di perusahaan tersebut. Di Indonesia sendiri ada beragam sistem jam kerja yang berlaku.

Ada yang 5 hari kerja, juga ada yang 7 hari kerja dengan sistem shift. Hal ini harus Anda tanyakan sebelum menandatangani kontrak kerja.

Disadari atau tidak, jam kerja ini akan berpengaruh juga pada waktu istirahat serta kondisi kesehatan Anda dalam jangka waktu panjang.

Itulah tadi beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebelum menerima sebuah tawaran kerja. Sekalipun pekerjaan tersebut sudah diidamkan sejak lama, Anda tidak boleh bersikap gegabah dalam menerima tawaran.

Jangan sampai menyesal di kemudian hari ketika Anda sudah terikat kontrak kerja sehingga tidak bisa meninggalkan perusahaan begitu saja.

Selain harus membayar denda, kredibilitas Anda pun akan menurun di mata perusahaan. Semoga bermanfaat!

Sumber : What You Should Consider Before Accepting That Job Offer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog