Mengenal SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan, Manfaat dan Cara Penggunaan

Back to Blog

SIPP Online – Sistem Informasi Pelaporan Peserta online adalah aplikasi milik BPJS Ketenagakerjaan untuk mengelola data tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mudah diakses di mana saja dan kapan saja.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan pengganti dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) yang dibuat pemerintah, namun berubah nama pada tahun 2011 silam.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri memberikan perlindungan untuk para pekerja, baik yang berstatus karyawan, wiraswasta, buruh, hingga profesional.

Layanan ini tentunya dibuat untuk alat bantu perusahaan dalam mengelola BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki oleh masing-masing karyawan mereka, yang tentunya jauh lebih mudah untuk dilakukan setiap harinya.

banner payroll karyaone

Kelebihan SIPP Online Ketenagakerjaan

SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah :

  • Mudah untuk digunakanan lantaran sistemnya online
  • Pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan cepat selama dokumen persyaratan telah dipenuhi oleh peserta dan diupload oleh pengelola data tenaga kerja
  • Sistem yang digunakan lebih user friendly, hal tersebut mempermudah bagian human resource untuk mengelola data karyawan yang didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan
  • Jika memiliki kendala dalam mengelola data karyawan, Anda bisa menghubungi customer care maupun relationship officer di nomor yang telah tertera di website SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan yakni 1500910.

 

6 Poin yang Menjamin Keamanan Informasi SIPP Online

SIPP Online, SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan, bpjs, sipp, jamsostek, tenaga kerja

Hal-hal baru memang sering kali mendatangkan banyak pertanyaan, tak terkecuali SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan ini. Salah satu hal yang menjadi concern para perusahaan adalah keamanan informasi di dalamnya.

Apakah nanti data perusahaan bisa aman tersimpan? Bagaimana jika data tersebut diakses oleh orang-orang yang tidak berhak melakukannya?

Untuk masalah keamanan, sebetulnya tak ada yang perlu dikhawatirkan karena SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan mengklaim mampu menjaga kualitas, validitas, dan integritas data-data di dalamnya.

Setidaknya ada enam komponen yang menjaga keamanan platform BPJS Ketenagakerjaan, yakni:

One Time PIN
PIN (Personal Identification Number) dikirimkan via SMS ke HP dan Email pengguna adalah kode rahasia aktivasi akun SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan sebagai metode challenge-response test untuk memastikan bahwa pengguna yang melakukan registrasi bukan virtual agent

  • Automatic log out
    Jika tidak ada tindakan yang dilakukan lebih dari 5 menit, secara otomatis koneksi akan diputus dari aplikasi SIPP
  • User ID dan Password
    Merupakan kode rahasia dan kewenangan penggunaan yang diberikan kepada Pengguna, yaitu setiap kali login ke SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan harus memasukkan User ID dan Password, dan untuk menghindari penyalahgunaan oleh orang lain saat komputer ditinggalkan dalam keadaan terhubung dengan aplikasi SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan
  • Email Konfirmasi
    Merupakan email yang dikirimkan ketika registrasi dilakukan yang berisi link aktivasi yang diaktifkan menggunakan One Time PIN saat aktivasi
  • Firewall
    Untuk membatasi dan menjamin hanya Pengguna yang mempunyai hak akses yang dapat masuk ke SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan
  • SSL 128-bit encryption
    Seluruh data di SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan dikirimkan melalui protokol Secure Socket Layer (SSL), yaitu suatu standar pengiriman data yang dienkripsi.Protocol SSL ini akan mengacak data yang dikirimkan menjadi kode-kode rahasia dengan menggunakan 128-bit encryption, yang artinya terdapat 2 pangkat 128 kombinasi angka kunci, tetapi hanya satu kombinasi yang dapat membuka kode-kode tersebut

Manfaat SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda menggunakan SIPP online BPJS ketenagakerjaan:

Memasukkan data baru karyawan dan mutasi

Dengan menggunakan SIPP Online BPJS ketenagakerjaan, Anda bisa menginput data baru seperti menambahkan tenaga kerja yang juga merupakan anggota BPJS ketenagakerjaan yang bekerja di perusahaan Anda.

Ada dua pilihan menu untuk penambahan nama baru yang bisa Anda pilih, yaitu secara individu dan massal. Selain itu, Anda juga bisa mengedit atau melengkapi data karyawan di laman profil tenaga kerja dan anggota keluarga.

Membuat laporan gaji dan me-monitoring iuran

Masih banyak yang bisa dilakukan oleh SIPP online BPJS ketenagakerjaan. Selain memasukkan data baru karyawan, Anda juga bisa mengatur laporan gaji atau tenaga kerja non aktif dengan mengunduh template yang telah disediakan.

Anda bisa memonitor iuran perusahaan pula, dari jumlah total iuran hingga status pembayarannya.

Tentu saja hal ini sangat mempermudah kinerja perusahaan karena ketika berbicara tentang uang, perputarannya yang cepat bisa menimbulkan kebingungan untuk jangka waktu yang lama.

Informasinya pun akan terjaga dari validitas, kualitas, ketepatan dan integrasinya juga.

Melakukan pembayaran

Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui layanan dengan mudah dan cepat berkat layanan SIPP online BPJS ketenagakerjaan ini.

Ada beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih, mulai dari transfer melalui ATM, internet banking, hingga datang ke minimarket terdekat.

Mencegah potensi kecurangan

pengambilan Jaminan Hari Tua (JHT) bodong, yakni karyawan yang seolah-olah keluar dari perusahaan dengan surat keterangan palsu demi bisa mencairkan dana JHT.

Cara mendaftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Dengan banyaknya manfaat dari SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan, sudah selayaknya Anda menggunakan versi ini untuk memudahkan kinerja Anda tiap hari.

Namun, bagaimana caranya untuk mendaftar SIPP online BPJS ketenagakerjaan? Berikut tahap-tahapnya.

Mendaftar di BPJS ketenagakerjaan

Tentunya sebelum Anda bisa menggunakan SIPP Online BPJS ketenagakerjaan, Anda harus mempunyai BPJS ketenagakerjaan terlebih dahulu.

Anda bisa mendaftar secara online melalui situs https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dengan memilih atas nama perusahaan (yang memberikan kerjaan).

Ada dua kategori keanggotaan, yaitu kategori Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja dan Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja.

Untuk kategori pertama yaitu Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja bisa dipilih oleh instansi atau perusahaan yang mau mendaftarkan pekerjanya ke dalam BPJS ketenagakerjaan.

Sedangkan untuk kategori kedua, yaitu Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja, bisa dipilih oleh pekerja yang sudah lebih dulu membentuk organisasi dengan anggota yang terdiri minimal sepuluh orang. Selain itu, ada berkas-berkas yang harus dikumpulkan.

Untuk Tenaga Kerja Dalam Hubungan, Anda perlu:

  • Fotokopi dan asli SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  • Fotokopi dan asli NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) perusahaan
  • Fotokopi dan asli Akta Perdagangan Perusahaan
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) masing-masing karyawan
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga) karyawan
  • Pas foto karyawan dengan ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar

Sedangkan untuk Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja, berkas-berkas yang harus dikumpulkan adalah:

  • SIU (Surat Izin Usaha) dari RT, RW, dan Kelurahan setempat
  • Fotokopi KTP pekerja
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Pas foto pekerja dengan ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar

Setelah semua berkas sudah terkumpul, Anda tinggal mengisi data-data mengenai perusahaan. Dengan mengikuti semua tahapan dengan benar, maka Anda sudah terdaftar di BPJS ketenagakerjaan.

Membuka situs SIPP Online

Silakan buka situs SIPP Online di https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/, kemudian klik daftar. Anda akan diminta untuk mengisi NPP (Nomor Pokok Perusahaan), divisi, email yang harus aktif, KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau BPJS ketenagakerjaan, dan nomor ponsel yang harus aktif.

Setelah semuanya diisi dengan benar, Anda sudah dipastikan memiliki akun SIPP online BPJS Ketenagakerjaan dan satu akun juga bisa mengelola lebih dari satu perusahaan berbeda, namun dengan NPP yang berbeda pula.

Cara menggunakan aplikasi SIPP Online

Setelah Anda berhasil mendaftar di SIPP online, apa saja yang dapat Anda lakukan dan bagaimana cara menggunakan SIPP online tersebut? Berikut rinciannya

1. Mutasi Data

1.1. Tambah Tenaga Kerja Satu per satu
1. Untuk melakukan proses menambah tenaga kerja, Anda harus Login ke aplikasi New SIPP. Kemudian klik menu tombol Tambah TK.

2. Aplikasi akan menampilkan pop up pilihan tambah tenaga kerja. Anda bisa memilih Tambah Individu atau Tambah Massal (Upload). Kemudian klik tombol Pilih.

3. Selanjutnya apabila Anda memilih untuk Tambah Individu, maka aplikasi akan menampilkan pop up pilihan tenaga kerja sudah memiliki KPJ atau belum.

4. Apabila Anda klik tombol Sudah, maka akan muncul field untuk melakukan input KPJ untuk tenaga kerja yang akan didaftarkan. Kemudian klik tombol Lanjut, apabila berhasil aplikasi akan menampilkan pop up Berhasil.

5. Tahap selanjutnya aplikasi akan menampilkan Form Tenaga Kerja untuk dilengkapi. Yang pertama harus dilengkapi adalah Profil Tenaga Kerja. Kemudian klik tombol Lanjut.

6. Setelah itu tahap selanjutnya adalah melakukan pengisian anggota keluarga apabila sudah memiliki istri maupun anak. Untuk menambahkan anggota keluarga klik tombol Tambah Keluarga.

Maka aplikasi akan menampilkan pop up form Profil Keluarga. Setelah mengisi semua field pada form tersebut, selanjutnya klik tombol Simpan.

7. Setelah tahapan Profil Tenaga Kerja dan Anggota Keluarga, maka aplikasi akan menampilkan halaman konfirmasi sesuai dengan data-data yang telah diisi.

Apabila semua data sudah sesuai selanjutnya klik tombol Simpan, aplikasi akan menampilkan pop up berhasil.

8. Kemudian untuk melihat data yang sudah di input terekam di dalam aplikasi, anda bisa melihat pada halaman utama lalu pilih LoV peserta baru. Maka aplikasi akan menampilkan data peserta baru yang sudah di input.

1.2. Tambah Tenaga Kerja Massal

1. Selanjutnya apabila Anda memilih untuk Tambah Massal (Upload), maka aplikasi akan menampilkan form Upload Tenaga Kerja Baru.

Untuk melakukan upload data tenaga kerja, hal pertama yang harus dilakukan adalah klik tombol Download Template.

2. Aplikasi akan mendownload template dalam format excel yang di dalamnya berisi field data-data tenaga kerja baru.

3. Setelah melakukan pengisian pada template yang sudah di download maka anda bisa melakukan upload file template tersebut dengan cara klik Choose File kemudian pilih nama template file yang sudah di download. Lalu klik tombol Upload.

4. Apabila terdapat data yang salah, tidak sesuai ataupun sudah terdaftar, maka aplikasi akan menampilkan pop up gagal upload. Kemudian akan ditampilkan juga alasan kenapa terjadi gagal upload.

5. Setelah anda melakukan perbaikan pada file template, selanjutnya klik tombol Upload Ulang. Aplikasi akan menampilkan kembali halaman untuk upload file.

6. Apabila data pada file template yang anda upload sudah benar maka akan muncul pop up berhasil.

 

 

1.3. Upload Upah

1. Untuk melakukan proses upload upah Anda harus Login ke aplikasi New SIPP. Kemudian klik menu tombol Upload Upah.

2. Aplikasi akan menampilkan form Upload Upah Tenaga Kerja. Untuk melakukan upload data upah tenaga kerja hal pertama yang harus dilakukan adalah klik tombol Download Template.

3. Aplikasi akan mendownload template dalam format excel yang di dalamnya berisi field data-data upah tenaga kerja.

4. Setelah melakukan pengisian pada template yang sudah di download maka anda bisa melakukan upload file template tersebut dengan cara klik Choose File kemudian pilih nama template file yang sudah di download. Lalu klik tombol Upload.

5. Apabila data pada file template yang anda upload sudah benar maka akan muncul pop up berhasil.

1.4. Upload Tenaga Kerja Non Aktif

1. Untuk melakukan proses upload tenaga kerja non aktif Anda harus Login ke aplikasi New SIPP. Kemudian klik menu tombol Upload TK NA.

2. Aplikasi akan menampilkan form Upload Tenaga Kerja Non Aktif. Untuk melakukan upload data upah tenaga kerja hal pertama yang harus dilakukan adalah klik tombol Download Template.

3. Aplikasi akan mendownload template dalam format excel yang di dalamnya berisi field data-data tenaga kerja non aktif.

4. Setelah melakukan pengisian pada template yang sudah di download maka anda bisa melakukan upload file template tersebut dengan cara klik Choose File kemudian pilih nama template file yang sudah di download. Lalu klik tombol Upload.

5. Apabila data pada file template yang anda upload sudah benar maka akan muncul pop up berhasil.

1.5. Hitung Iuran

1. Untuk melakukan proses hitung iuran Anda harus Login ke aplikasi New SIPP. Kemudian klik menu tombol Hitung Iuran.

2. Aplikasi akan langsung melakukan proses penghitungan iuran sesuai dengan data jumlah tenaga kerja serta upah perusahaan anda. Apabila semua data sudah sesuai maka aplikasi akan menampilkan pop up berhasil.

3. Anda bisa melihat semua jumlah upah+rapel, iuran tenaga kerja, iuran perusahaan, dan jumlah totalnya.

1.6. Finalisasi

1. Untuk melakukan proses finalisasi Anda harus Login ke aplikasi New SIPP. Apabila proses penghitungan iuran telah selesai dilakukan maka anda klik menu tombol Finalisasi.

2. Aplikasi akan menampilkan pop up Konfirmasi Finalisasi. Apabila semua uraian yang ada pada pop up tersebut sudah sesuai maka anda bisa klik tombol Lanjut Pembayaran.

3. Kemudian aplikasi akan menampilkan kembali pop up untuk memastikan bahwa anda yakin untuk melakukan finalisasi tenaga kerja. Bila anda yakin maka klik tombol Ya.

4. Setelah itu aplikasi akan menampilkan halaman Informasi Iuran Perusahaan. Pada halaman ini akan ditampilkan Kode Iuran, Nama Perusahaan, dan Bulan Iuran. Anda juga bisa memilih akan menggunakan metode pembayaran melalui channel yang anda inginkan.

2. Monitoring

2.1. Monitoring Iuran
Untuk melakukan monitoring iuran, Anda harus login ke New SIPP. Setelah itu, klik menu Monitoring. Pada menu ini aplikasi akan menampilkan data iuran perusahaan anda.

Dan anda bisa melihat jumlah total iuran serta status pembayarannya.

3. Laporan

3.1. F1A (Tenaga Kerja Baru)

1. Untuk mencetak Laporan Formulir, Anda harus login ke SIPP Online. Setelah itu, klik menu Laporan.

2. Pilih Laporan F1A (Tenaga Kerja Baru) dan pilih tanggal kemudian klik tombol Download.

3. Aplikasi akan menampilkan laporan yang dipilih. Anda juga bisa mendownload laporan tersebut.

3.2. F1B (Tenaga Kerja Keluar)

1. Untuk mencetak Laporan Formulir, Anda harus login ke SIPP Online. Setelah itu, klik menu Laporan.

2. Pilih Laporan F1B (Tenaga Kerja Keluar) dan pilih tanggal kemudian klik tombol Download.

3. Aplikasi akan menampilkan laporan yang dipilih. Anda juga bisa mendownload laporan tersebut.

3.3. F2A (Rincian Upah)

1. Untuk mencetak Laporan Formulir, Anda harus login ke SIPP Online. Setelah itu, klik menu Laporan.

2. Pilih Laporan F2A (Rincian Upah) dan pilih tanggal kemudian klik tombol Download.

3. Aplikasi akan menampilkan laporan yang dipilih. Anda juga bisa mendownload laporan tersebut.

3.4. F2 (Rincian Iuran)

1. Untuk mencetak Laporan Formulir, Anda harus login ke SIPP Online. Setelah itu, klik menu Laporan.

2. Pilih Laporan F2 (Rincian Iuran) dan pilih tanggal kemudian klik tombol Download.

3. Aplikasi akan menampilkan laporan yang dipilih. Anda juga bisa mendownload laporan tersebut.

3.5. Perubahan Umur 56 Tahun

1. Untuk mencetak Laporan Formulir, Anda harus login ke SIPP Online. Setelah itu, klik menu Laporan.

2. Pilih Perubahan Umur 56 Tahun dan pilih tanggal kemudian klik tombol Download.

3. Aplikasi akan menampilkan laporan yang dipilih. Anda juga bisa mendownload laporan tersebut. (Masih Tahap Pengembangan)

4. Pengaturan

Menu pengaturan digunakan untuk melakukan setting profil perusahaan, tambah perusahaan, remove perusahaan binaan, tambah user, dan non aktif user.

4.1. Profil Perusahaan

1. Submenu ini digunakan melakukan update profil perusahaan. Untuk melakukan update profil anda bisa klik menu Pengaturan lalu memilih submenu Profil Perusahaan.

2. Apabila anda melakukan update profil perusahaan, selanjutnya anda harus klik tombol Simpan agar data yang anda masukkan tersimpan oleh aplikasi.

4.2. Tambah Perusahaan

1. Submenu ini digunakan untuk menambah perusahaan. Untuk melakukan tambah perusahaan anda bisa klik menu Pengaturan lalu memilih submenu Tambah Perusahaan.

2. Apabila anda melakukan tambah perusahaan, selanjutnya anda harus mengisi field NPP dan juga Divisi lalu klik tombol Simpan maka perusahaan yang anda inputkan akan masuk sebagai binaan anda.

4.3. Remove Perusahaan Binaan

1. Submenu ini digunakan untuk menghapus perusahaan binaan. Untuk melakukan remove perusahaan anda bisa klik menu Pengaturan lalu memilih submenu Remove Perusahaan Binaan.

2. Apabila anda melakukan remove perusahaan, selanjutnya anda harus klik tombol Nonaktifkan Perusahaan.

4.4. Tambah User

1. Submenu ini digunakan untuk menambah user pengelola perusahaan binaan. Untuk melakukan menambahkan user perusahaan anda bisa klik menu Pengaturan lalu memilih sub menu Tambah User.

2. Apabila anda ingin menambahkan user perusahaan, selanjutnya anda harus mengisi field tambah user kemudian klik tombol Simpan.

4.5. Menonaktifkan User

1. Submenu ini digunakan untuk menonaktifkan user pengelola perusahaan binaan. Untuk melakukan nonaktif user perusahaan anda bisa klik menu Pengaturan lalu memilih submenu Nonaktifkan User.

2. Apabila anda ingin menonaktifkan user perusahaan, selanjutnya anda harus mengisi field Nomor Peserta (KPJ) kemudian klik tombol Simpan.

5. Fitur Tambahan

5.1. Ubah Password

1. Untuk melakukan perubahan password user, Anda harus klik nama perusahaan di pojok kanan atas. Setelah itu, klik Profil User.

2. Akan muncul halaman halaman profil user. Anda bisa klik tombol Ubah Password. Aplikasi akan menampilkan halaman ubah password.

3. Masukkan password lama terlebih dahulu, kemudian masukkan password baru dan ulangi password yang baru. Setelah itu klik tombol Simpan.

Video Cara Menggunakan SIPP Online

 

Selain menggunakan SIPP online, layanan KaryaOne juga bisa mempermudah Anda dalam mengatur BPJS ketenagakerjaan yang ada di perusahaan Anda. Demi terciptanya alur kerja yang cepat, akurat tapi tidak menambah stres kerja karyawan, gunakanlah aplikasi HR seperti KaryaOne. Hubungi kami untuk konsultasi gratis.

Sumber : bpjsketenagakerjaan.co.id

 

banner_karyaone

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog