Mengenal SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan, Manfaat dan Cara Penggunaan

Back to Blog

SIPP online adalah singkatan dari Sistem Informasi Pelaporan Peserta bersistem online yang merupakan salah satu layanan terpadu milik BPJS Ketenagakerjaan. Fungsinya untuk mengelola data tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mudah diakses di mana saja dan kapan saja.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan pengganti dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) yang dibuat pemerintah, namun berubah nama pada tahun 2011 silam.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri memberikan perlindungan untuk para pekerja, baik yang berstatus karyawan, wiraswasta, buruh, hingga profesional.

Layanan ini tentunya dibuat untuk alat bantu perusahaan dalam mengelola BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki oleh masing-masing karyawan mereka, yang tentunya jauh lebih mudah untuk dilakukan setiap harinya.

banner payroll karyaoneManfaat SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda menggunakan SIPP online BPJS ketenagakerjaan:

1. Memasukkan data baru karyawan dan mutasi

Dengan menggunakan SIPP Online BPJS ketenagakerjaan, Anda bisa menginput data baru seperti menambahkan tenaga kerja yang juga merupakan anggota BPJS ketenagakerjaan yang bekerja di perusahaan Anda.

Ada dua pilihan menu untuk penambahan nama baru yang bisa Anda pilih, yaitu secara individu dan massal. Selain itu, Anda juga bisa mengedit atau melengkapi data karyawan di laman profil tenaga kerja dan anggota keluarga.

2. Membuat laporan gaji dan me-monitoring iuran

Masih banyak yang bisa dilakukan oleh SIPP online BPJS ketenagakerjaan. Selain memasukkan data baru karyawan, Anda juga bisa mengatur laporan gaji atau tenaga kerja non aktif dengan mengunduh template yang telah disediakan. Anda bisa memonitor iuran perusahaan pula, dari jumlah total iuran hingga status pembayarannya.

Tentu saja hal ini sangat mempermudah kinerja perusahaan karena ketika berbicara tentang uang, perputarannya yang cepat bisa menimbulkan kebingungan untuk jangka waktu yang lama. Informasinya pun akan terjaga dari validitas, kualitas, ketepatan dan integrasinya juga.

3. Melakukan pembayaran

Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui layanan dengan mudah dan cepat berkat layanan SIPP online BPJS ketenagakerjaan ini. Ada beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih, mulai dari transfer melalui ATM, internet banking, hingga datang ke minimarket terdekat.

4. Keamanan data sangat terjaga dan aman

Ketika Anda menaruh data-data penting di layanan SIPP online BPJS ketenagakerjaan, tentu ada ketakutan kalau keamanan data tidak terjaga, tapi tenang saja, SIPP online BPJS ketenagakerjaan telah memberikan pengalaman berlapis.

Dimulai dari one time PIN (Personal Identification Number) yang dikirim via SMS dan email, kemudian automatic log out jika tidak ada kegiatan dalam jangka waktu lima menit ketika membuat situs SIPP online BPJS ketenagakerjaan. Dan terakhir ada firewall yang menjamin kalau hanya pengguna yang bisa mengakses SIPP Online BPJS ketenagakerjaan.

Cara mendaftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Dengan banyaknya manfaat dari SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan, sudah selayaknya Anda menggunakan versi ini untuk memudahkan kinerja Anda tiap hari. Namun, bagaimana caranya untuk mendaftar SIPP online BPJS ketenagakerjaan? Berikut tahap-tahapnya.

1. Mendaftar di BPJS ketenagakerjaan

Tentunya sebelum Anda bisa menggunakan SIPP Online BPJS ketenagakerjaan, Anda harus mempunyai BPJS ketenagakerjaan terlebih dahulu. Anda bisa mendaftar secara online melalui situs https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dengan memilih atas nama perusahaan (yang memberikan kerjaan). Ada dua kategori keanggotaan, yaitu kategori Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja dan Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja.

Untuk kategori pertama yaitu Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja bisa dipilih oleh instansi atau perusahaan yang mau mendaftarkan pekerjanya ke dalam BPJS ketenagakerjaan.

Sedangkan untuk kategori kedua, yaitu Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja, bisa dipilih oleh pekerja yang sudah lebih dulu membentuk organisasi dengan anggota yang terdiri minimal sepuluh orang.

Selain itu, ada berkas-berkas yang harus dikumpulkan. Untuk Tenaga Kerja Dalam Hubungan, Anda perlu:

– Fotokopi dan asli SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
– Fotokopi dan asli NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) perusahaan
– Fotokopi dan asli Akta Perdagangan Perusahaan
– Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) masing-masing karyawan
– Fotokopi KK (Kartu Keluarga) karyawan
– Pas foto karyawan dengan ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar

Sedangkan untuk Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja, berkas-berkas yang harus dikumpulkan adalah:

– SIU (Surat Izin Usaha) dari RT, RW, dan Kelurahan setempat
– Fotokopi KTP pekerja
– Fotokopi Kartu Keluarga
– Pas foto pekerja dengan ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar

Setelah semua berkas sudah terkumpul, Anda tinggal mengisi data-data mengenai perusahaan. Dengan mengikuti semua tahapan dengan benar, maka Anda sudah terdaftar di BPJS ketenagakerjaan.

2. Membuka situs SIPP Online

Silakan buka situs SIPP Online di https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/, kemudian klik daftar. Anda akan diminta untuk mengisi NPP (Nomor Pokok Perusahaan), divisi, email yang harus aktif, KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau BPJS ketenagakerjaan, dan nomor ponsel yang harus aktif.

Setelah semuanya diisi dengan benar, Anda sudah dipastikan memiliki akun SIPP online BPJS Ketenagakerjaan dan satu akun juga bisa mengelola lebih dari satu perusahaan berbeda, namun dengan NPP yang berbeda pula.

Selain menggunakan SIPP online, layanan KaryaOne juga bisa mempermudah Anda dalam mengatur ketenagakerjaan yang ada di perusahaan Anda demi tercipta manajemen yang lebih teratur dan lancar.

Sumber : bpjsketenagakerjaan.co.id

banner_karyaone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog