Bagaimana Sistem Perekam Biometrik Bekerja?

Back to Blog
sistem biometrik

Dewasa ini, mesin absensi dengan sistem perekam biometrik menjadi populer di dunia bisnis. Sistem ini populer digunakan sebagai pelacak data karyawan dan perekam kehadiran.

Sistem perekam biometrik mudah dipasang dan mudah digunakan untuk melacak data karyawan. Ini akan memudahkan kinerja manajemen perusahaan untuk menganalisis tiap karyawan.

Salah satu keunggulan sistem ini adalah menghindarkan pegawai untuk melakukan kecurangan saat absensi. Sistem ini hanya dapat digunakan satu orang dalam satu waktu sehingga tidak akan ada lagi insiden “titip absen”.

Biometrik ini jelas lebih unggul dari sistem sebelumnya, yakni mesin time-clock dan mesin gesek tanda pengenal

banner aplikasi absensiSebenarnya, bagaimanakah sistem ini dapat bekerja?Apa manfaatnya untuk perusahaan Anda? Simak penjelasannya dalam ulasan di bawah ini.

Cara kerja

Sistem perekam biometrik menggunakan sidik jari Anda untuk mencatat waktu kehadiran dan kepulangan Anda.

Perekam biometrik ini juga akan mencatat jumlah karyawan yang datang, pergi, dan pulang dengan akurat setiap harinya.

Bagaimana bisa akurat? Dengan menggunakan sidik jari manusia yang tidak akan mudah dicontoh, akurasi pencatatan sistem ini bisa dibilang sempurna.

Mesin pencatat yang menggunakan biometrik akan memindai jari karyawan Anda, menentukan koordinat, dan kemudian mencocokkan jari tersebut dengan data yang sudah terekam.

Dengan demikian, jika ada penyusup dalam perusahaan, Anda akan dapat segera mengetahuinya karena mereka tidak terdaftar dalam sistem.

Lebih aman

Anda mungkin khawatir jika sistem biometrik ini akan memiliki celah seperti sistem absensi pendahulunya (timelock dan mesin pembaca kartu).

Baca juga:  Agar Para Milenial Bertahan Pada Perusahaan Anda

Bagaimana pun sistem ini dirancang oleh manusia sehingga ada kemungkinan sistem ini dapat dibobol oleh oknum yang tidak bertanggung jawab atau bahkan diakses oleh pesaing bisnis Anda.

Namun, hal tersebut tidak perlu Anda khawatirkan. Sistem biometrik merupakan sistem yang paling aman karena hanya dapat diakses oleh perusahaan yang menggunakannya.

Dengan sistem ini, Anda dapat melacak waktu kehadiran tiap-tiap karyawan Anda sekaligus berfungsi sebagai akses masuk zona tertentu di gedung perusahaan Anda.

Tidak ada informasi pribadi yang digunakan sistem perekam ini. Sistem hanya akan menyimpan sidik jari karyawan beserta nomor pengenal mereka.

Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan informasi pribadi lainnya (seperti tanggal lahir dan tanda tangan) tidak diperlukan sistem ini.

Dengan demikian, jika suatu saat terjadi pencurian data, tidak akan ada informasi pribadi yang bocor.

Menggunakan dua jenis teknologi

Perangkat lunak yang digunakan mesin perekam biometrik menggunakan dua jenis teknologi, yakni teknologi berbasis gambar dan capacitive.

Teknologi berbasis gambar digunakan saat menyimpan data sidik jari karyawan Anda. Mula-mula, software ini akan memindai bentuk sidik jari Anda, kemudian menyimpannya dalam database khusus.

Sementara itu, teknologi capacitive merupakan sebuah perangkat lunak yang memanfaatkan getaran elektronik pada layar sentuh mesin untuk merasakan pola-pola khusus pada sidik jari karyawan Anda.

Kombinasi dua jenis teknologi ini melahirkan sebuah sistem perekam dan pelacak yang akan susah “dicurangi” karyawan Anda.

Baca juga:  Mengapa Artificial Intelligence Dapat Mengubah SDM?

Membatasi akses

Selain untuk merekam kehadiran karyawan Anda, sistem biometrik juga dapat digunakan untuk membatasi akses keluar masuk zona tertentu dalam gedung perusahaan Anda.

Hal ini akan sangat berfungsi jika perusahaan Anda merupakan perusahaan yang sering menerima kunjugan kerja atau juga bagi Anda yang berbagi bangunan kantor.

Sebagai contoh, saat perusahaan Anda kedatangan kunjungan dan Anda hanya ingin menunjukkan bagian produksi perusahaan Anda, aturlah mesin biometrik hanya untuk memberikan akses ke bagian produksi Anda.

Dengan menggunakan mesin perekam biometrik ini, Anda dapat membatasi akses pihak yang tidak ada kaitannya dengan perusahaan Anda.

Mereka tidak akan dapat masuk ke zona yang dibatasi sistem ini meskipun mereka menggunakan sidik jari mereka untuk mendapatkan akses masuk. Akses ini dapat Anda tentukan dengan sistem yang mudah diatur.

Setelah mengetahui bagaimana sistem perekam biometrik ini bekerja, Anda tentu dapat membandingkannya dengan sistem perekam yang lain seperti mesin timeclock yang klasik.

Sistem biometrik menawarkan kemudahan sekaligus keamanan hanya dalam satu mesin saja. Anda bisa mendapatkan mesin absensi dengan sistem biometrik di KaryaOne, yang produknya hadir dalam beragam tipe sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Tentu sebuah penawaran yang tidak mungkin untuk Anda lewatkan, bukan?

Sumber:
AdvanceSystemInc: How do Biometric Time and Attendance Systems Work

Data karyawa berantakan, atasi dengan aplikasi KaryaOne

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog