Soft Skills yang Harus Dimiliki dalam Dunia Kerja

soft skill dalam dunia kerja

Soft Skills – Jika Anda sedang mencari kerja atau ingin mengembangkan karir, Anda harus tahu soft skill apa yang perlu Anda miliki, dan perlu dikembangkan.

Keberhasilan Anda di tempat kerja/bisnis, sebagian besar dipengaruhi oleh soft skills Anda.  Saat wawancara, Anda perlu soft skills tertentu agar memberikan kesan positif. Saat bekerja, Anda juga perlu soft skill untuk menyampaikan tentang ide baru Anda dan bernegosiasi. Saat berbisnis, Anda menggunakan soft skill juga untuk membangun jaringan dan memenangkan kontrak baru.

Di sisi lain, kurangnya soft skill dapat membatasi potensi Anda, atau bahkan menjadi hal yang menghacurkan bisnis Anda. Sebelum Anda memilih soft skill. Sebaiknya terlebih dahulu kita pelajari pengertian soft skills. banner_karyaone

Apa itu Soft Skills?

Soft skill adalah kemampuan yang digunakan untuk berhubungan dengan orang lain. Apa saja kemampuan yang termasuk di dalamnya? Beberapa contoh antara lain kemampuan komunikasi, keterampilan bahasa, keterampilan mempengaruhi, empati emosional, dan sifat kepemimpinan.

Sebaliknya, hard skill adalah kemampuan teknis, seperti kompetensi TI – kemampuan yang mudah diukur dan (yang terpenting) lebih mudah untuk dilatih.

Video dari Eka Sudjana berikut ini juga menjelaskan mengenai apa itu soft skills.

Beberapa pemilik usaha tidak suka menggunakan istilah soft skills karena kata tersebut mengesankan bahwa kemampuan tersebut tidak penting.  Selain itu juga kata “soft” tidak menggambarkan tentang kemampuan itu.

Ini adalah istilah lain yang lebih baik digunakan daripada “soft skills

Essential skill, people skill, emotional intelligence quotation. Penjelasannya adalah sebagai beriktu.

Essential skill. Dalam bahasa Indonesia essential itu artinya penting/utama.  Anda mungkin kemampuan teknis yang luar biasa, tapi jika tidak didukung dengan kemampuan berkomunikasi, kehadiran Anda tidak terlalu dibutuhkan.  Istilah “essential” menggambarkan betapa pentingnya kemampuan ini dalam pekerjaan.

People skill. Pada akhirnya kemampuan ini adalah tentang berinteraksi dengan manusia lain. Jadi menggunakan kata “people” adalah tepat.

Emotional intelligence quotient. EQ diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengenali, memahami dan mengelola emosinya sendiri, sekaligus juga mengenali, memahami dan mempengaruhi emosi orang lain.  Dari definisi EQ kita bisa melihat bahwa kemampuan inilah yang mendasari semua soft skills.

Contoh Soft Skills yang Perlu Dimiliki di Dunia Kerja

Untuk Anda yang sedang mencari kerja, dibawah ini ada 9 soft skills dasar yang perlu Anda miliki dan kembangkan.  Soft skills ini juga dapat ditulis di dalam CV Anda.

Kemauan untuk Belajar dan Berperan

Seorang karyawan yang baik harus mampu memberikan bantuan apapun bisa dilakukan untuk tim dan perusahaan.

Ingat untuk selalu bersedia mempelajari hal baru dan berperan di dalamnya sambil mengembangkan skill yang dimiliki. Jangan pernah menolak untuk melakukan sesuatu tanpa mencobanya terlebih dulu.

Self-Awareness

Orang yang sukses adalah mereka yang memiliki keinginan untuk bekerja dan memberikan kemampuan terbaik mereka. Selain itu, mereka juga menyadari kekurangan yang dimiliki sehingga bisa menerima kritik dengan baik.

Seorang karyawan yang baik cenderung termotivasi, dapat dipercaya, dan terorganisir. Memberikan pelatihan dan mentoring akan memberikan perusahaan hasil terbaik bagi orang-orang yang menyadari kemampuan diri mereka sendiri.

Akuntabilitas

Perusahaan mencari kandidat yang memiliki akuntabilitas, seseorang yang peduli dan mementingkan hasil pekerjaan dan juga cara yang digunakan untuk mencapainya.

Pasalnya, ada banyak karyawan yang sering tak mempedulikan apa yang dikatakan atasan mereka. Oleh karena itu pastikan Anda memiliki akuntabilitas yang baik dan tunjukkan hal itu ketika melamar kerja.

Gigih

Orang yang gigih sangat diperlukan dalam tim, apalagi jika tim tersebut sedang dihadapkan pada sebuah masalah yang harus diselesaikan. Untuk menguji soft skills ini, perekrut akan menanyakan pengalaman Anda dalam menyelesaikan masalah di tempat bekerja Anda sebelumnya.

Empati

Untuk setiap perusahaan, membangun relasi yang kuat dengan klien atau pelanggan dan rekan kerja adalah hal yang sangat penting. Untuk itu pastikan Anda memiliki empati dan kemampuan untuk bisa menjalin hubungan baik dengan orang lain.

Tanpa rasa empati, komunikasi antara Anda dan orang lain hanya sebatas transaksional saja. Umumnya klien dan pelanggan tidak akan begitu ingat dengan apa yang Anda katakan, melainkan bagaimana Anda membuat mereka merasakan pengalaman yang baik.

Otentisitas

Perekrut akan memperhatikan beberapa aspek ketika mewawancara kandidat, termasuk menilai apakah orang tersebut bersikap baik dan rendah hati atau hanya membual dan berpura-pura.

Pastikan diri Anda memiliki otentisitas kerpibadian yang baik sehingga bisa mudah beradaptasi dengan tempat dan rekan kerja yang baru.

Kreatif

Seseorang yang kreatif dan mampu berpikir di luar kebiasaan adalah orang yang dicari oleh setiap perusahaan. Orang yang kreatif berani melakukan dan memulai sesuatu yang berbeda, berani berperan dan membawa inovasi yang baru bagi perusahaan.

Mampu Belajar dengan Cepat

Terus berkembangnya teknologi dan informasi tentu saja mempengaruhi sektor bisnis. Oleh karenanya, seseorang dengan kemampuan mempelajari sesuatu yang baru dengan cepat adalah orang yang dicari dan dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk mengikuti perkembangan yang ada.

Sikap yang Positif

Sikap positif akan mendorong kemauan seseorang untuk belajar atau mengerjakan tugas baru dan tanggung jawab lainnya demi kebaikan dan kepentingan tim.

Sumber:
TheMuse: 9 Soft Skills That’ll Put You Ahead of the Competition, According to Real Hiring Managers

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments (3)

  • Abdul Muhajir Reply

    banyak banget ya soft skill dalam dunia kerja, saya sudah baca beberapa artikel dan semua berbeda beda isinya. Haru sbelajar lebih banyak lagi

    November 7, 2017 at 8:11 pm
    • Ronal Reply

      Hallo Abdur, Semangat untuk dapat melatih softskill agar lebih dapat mengembangkan diri lebih baik lagi.

      Desember 31, 2019 at 3:30 pm
    • Ronal Reply

      Hallo Abdur, terimkasih sudah mengunjungi karyaone.co.id, tetap terus mengasah skill dan kemampuan ya, dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel-artikel lainnya di sini: http://www.karyaone.co.id/blog

      Januari 24, 2020 at 11:05 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *