SSE Pajak: Panduan Lengkap Cara Daftar dan Bayar Pajak Online Dengan Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak

Back to Blog

SSE Pajak – Pembayaran pajak wajib dilakukan oleh semua warga negara. Dulunya, pembayaran pajak bisa melalui SSP (Surat Setoran Pajak). Namun, aturan ini sudah berubah sejak tanggal 1 Januari 2016. SSP menjadi SSE atau Surat Setoran Elektronik.

Setoran pajak kini bisa dilakukan secara online dan diadministrasikan oleh biller Direktorat Jenderal Pajak dengan menerbitkan billing system.

banner payroll karyaone

Cara daftar SSE pajak

Para wajib pajak, baik pribadi maupun badan usaha, terlebih dahulu harus melakukan registrasi. Anda tidak perlu datang ke Kantor Pelayanan Pajak, bisa langsung akses ke sse.pajak.go.id. Ada dua versi cara daftar SSE pajak:

Versi 1

Saat mengakses sse.pajak.go.id, maka ada tampilan apakah Anda mau menggunakan SSE versi 1 atau versi 2. Saat Anda memilih versi 1, klik pilihan “Daftar Baru”.

Selanjutnya isikan nomor NPWP, nama lengkap Anda, alamt email, dan kode yang muncul. Pilih “Register” dan lakukan aktivasi dengan membuka email yang tadi Anda daftarkan.

Selesai aktivasi, Anda bisa kembali masuk pada laman pertama dengan memasukkan nomor NPWP dan password yang dibuat. Lengkapi kolom bagian jenis pajak, jenis setoran, tahun pajak, masa pajak, dan jumlah yang akan dibayarkan. Kolom isian No. SK hanya diisi saat Anda akan membayar tagihan pajak.

Versi 2

Saat masuk ke laman awal sse.pajak.go.id dan memilih SSE versi 2, registrasikan diri Anda dengan klik pilihan “Belum punya akun?” Selanjutnya isikan dengan benar NPWP, nama lengkap sesuai NPWP, email, serta pin untuk password. Input kode keamanan dan pilih “Daftar”.

Selesai dengan tahap tersebut, Anda bisa log in lagi dengan nomor pin. Selanjutnya, pilih kotak warna hijau dengan tulisan “Isi SSE”.

Isilah lengkap bagian jenis setoran, jenis pajak, jumlah yang disetorkan, tahun pajak, dan masa pajak. Setelah itu, pilih “Simpan” dan cetak kode billing yang sudah dibuat.

Cara bayar pajak online dengan SSE pajak

Pembayaran pajak dengan SSE pada intinya adalah membuat ID billing dan bayar online. Pertama, Anda harus mendaftarkan e-billing dahulu, kemudian membuat ID billing, dan yang terakhir menggunakan ID billing tersebut untuk membayar pajak di bank.
Selesai membayar, pastikan Anda mendapat NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) sebagai bukti pembayaran.

Cara pembuatan ID billing bisa dilakukan dengan tujuh cara:

  • Melalui penyedia jasa aplikasi yang sudah disahkan DJP
  • Melalui SSE versi 2 pada DJP online
  • Melalui teller bank tertentu; BCA, BNI, BRI, Mandiri, Citibank, dan Kantor Pos Indonesia
  • Melalui SMS ID billing *141*500# khusus pelanggan Telkomsel
  • Melalui layanan ID billing di KPP/KP3KP
  • Melalui internet banking
  • Melalui kring pajak 1 500 200 khusus untuk wajib pajak pribadi

Untuk bayar pajak setelah memiliki ID billing, bisa dilakukan dengan:

  • Fitur bayar pajak di online pajak bagi nasabah BNI dan CIMB Niaga
  • Teller bank atau Kantor Pos Indonesia
  • ATM
  • Internet banking
  • Mobile banking
  • Agen branchless banking

Agar memudahkan Anda mengurus SSE pajak bagi setiap karyawan, bisa juga dengan bantuan software khusus seperti KaryaONE yang menawarkan fitur Payroll, BPJS, dan PPh 21. Tersedia perhitungan PPh 21 atas gaji yang diterima karyawan dengan menggunakan metode perhitungan yang sudah disesuaikan dengan ketentuan perpajakan yang berlaku. Bahkan ada pula template untuk impor aplikasi e-SPT PPh 21.

Dengan begini, Anda dan seluruh karyawan di perusahaan bisa lebih mudah membayar pajak sehingga risiko pembayaran telat dapat ditekan. Mari jadi warga negara yang baik dengan taat membayar pajak!

Sumber : Finansialku.com
banner_karyaone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog