6 Strategi Efektif untuk Mencapai Tujuan dan Resolusi Anda

resolusi tahun baru

Ketika penghujung tahun akan tiba biasanya setiap orang akan menetapkan resolusi tahun baru atau cita-cita yang ingin mereka capai pada tahun mendatang. Baik soal hubungan, pendidikan, asmara dan tentu saja karir.

Agar resolusi tahun baru dapat tercapai sesuai dengan keinginan, Anda harus memiliki komitmen yang kuat dan mengikuti beberapa cara ini:

1. Berkeinginan Tinggi

Kunci utama untuk bisa mencapai resolusi tahun baru adalah keinginan yang sangat kuat dari diri Anda sendiri. Jika Anda saja tidak bersungguh-sungguh dan memiliki keinginan yang kuat, maka bagaimana Anda bisa mencapai resolusi tersebut?

2. Bayangkan Diri Anda Mencapai Tujuan

Apa yang akan Anda rasakan ketika berhasil mencapai resolusi yang diidamkan? Apa perubahan yang akan terjadi di hidup Anda jika resolusi tersebut berhasil dicapai?

Misalnya saja Anda memiliki resolusi tahun baru seperti menduduki jabatan baru yang lebih tinggi dan Anda bisa mewujudkannya. Bayangkan apa saja yang bisa Anda dapat dari kesuksesan itu, misalnya pengalaman karir yang lebih luas, upah yang lebih tinggi, keadaan ekonomi yang membaik dan sebagainya.

Bayangkan semua kebahagiaan dan rasa puas itu sebagai dorongan Anda untuk bersemangat mencapai resolusi tahun baru.

Baca juga:  4 Keunggulan Kompetitif Talent Management

3. Buat Rencana untuk Mencapai Tujuan

Buat rencana dan langkah-langkah penting apa saja yang harus dilakukan untuk membantu Anda mencapai resolusi tersebut. Pastikan setiap rencana dan langkah bisa menjadi batu loncatan dalam mengubah resolusi Anda menjadi kenyataan.

Tanpa adanya rencana yang akan “menuntun” Anda pada jalan yang benar, maka besar kemungkinan akan ada banyak halangan dan kesalahan dalam pencapaiannya. Anda akan sulit mencapai sesuatu jika tidak tahu apa yang harus dilakukan.

4. Berkomitmen dengan Menuliskan Resolusi Anda

Kebiasaan untuk menulis (goal yang ingin dicapai) adalah salah satu langkah pertama untuk mewujudkan keinginan Anda. Tulis rencana secara garis besar, hal apa saja yang harus dilakukan dengan detail, hingga jangka waktu sesuai dengan target Anda.

Cara ini akan terus menyadarkan dan mengingatkan diri Anda sendiri untuk tidak melepaskan resolusi tersebut.

5. Catat Kemajuan

Lihat selalu kemajuan yang telah Anda lakukan secara berkala. Jika Anda tidak membuat kemajuan atau merasa terhambat, jangan biarkan semangat dan optimisme Anda hancur. Melainkan jadikanlah hambatan itu sebagai pendorong Anda.

Sikap positif saja tak cukup untuk mencapai resolusi tahun baru, namun Anda tetap perlu menilai setiap kemajuan atau bahkan hambatan yang ada. Lakukan evaluasi, lihat hal apa yang bisa diperbaiki dan dikembangkan.

Baca juga:  Inilah 7 Alasan Mengapa Kita Harus Bekerja

Setiap ada langkah atau strategi baru, masukkan dalam kalender timeline Anda sebagai bagian dari rencana besar untuk mencapai tujuan.

6. Tinjau Perkembangan Secara Berkala

Melanjutkan poin sebelumnya, pastikan Anda selalu melakukan progress dan review terhadap progress tersebut. Resolusi tahun baru Anda tidak akan tercapai jika sama sekali tak ada progress yang terjadi.

Analisa mengapa resolusi Anda masih juga belum tercapai dalam kurun waktu tertentu dan jangan biarkan goal Anda terlupakan begitu saja. Pikirkan dengan matang apa cara yang bisa dilakukan untuk mencapainya.

Walaupun enam langkah di atas tampak sederhana, namun cara tersebut merupakan sistem atau pondasi yang paling kuat untuk membantu Anda mewujudkan apapun resolusi tahun baru Anda.

Sumber:
TheBalance: 6 Steps to Accomplishing Your Life Goals and Resolutions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *