Pengertian Leadership Development dan Hubungannya Dengan Succession Planning

succession planning

Bagi sebuah perusahaan memberikan leadership development atau pengembangan kepemimpinan memang menjadi hal yang sangat penting. Hal ini bukan tanpa alasan agar seorang karyawan mampu untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka secara efektif. Selain itu juga mendorong sebuah perusahaan untuk bisa memberikan program pengembangan komprehensif yang secara berkelanjutan

Menjadi seorang pemimpin memang tidaklah mudah. Terlebih lagi jika menjadi seorang pemimpin didalam sebuah perusahaan. Tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik bukan? Hal ini bukan tanpa alasan karena memang tidak semua orang bisa menjadi seorang pemimpin yang baik terlebih lagi mereka yang tidak mempunyai skill yang baik untuk menjadi seorang pemimpin.

face shield

Pentingnya pemberian program leadership development untuk calon pemimpin

Untuk itulah, agar bisa mendapatkan  seorang pemimpin yang terbaik dan profesional, maka penyelenggaraan program pengembangan kepemimpinan memang menjadi hal yang sangat dibutuhkan di dalam organisasi maupun perusahaan.

Bukan hanya mampu memberikan banyak manfaat kepada individu, keberadaan program ini pun ternyata juga bermanfaat untuk sebuah perusahaan.

Di dalam pengembangan kepemimpinan ternyata sebuah perusahaan tidak hanya melahirkan seorang sosok pemimpin yang baik tetapi juga mampu untuk menemukan bagaimanakah potensi karyawan yang selama ini bekerja di balik kerja mereka.

Apabila seseorang tidak pernah mengikuti program ini maka kemungkinan besar mereka tidak mempunyai kesempatan untuk menunjukkan bagaimana skill tersembunyi yang mereka miliki.

Apa hubungan leadership development dengan succession planning

Pengembangan kepemimpinan atau leadership development memang memiliki keterkaitan atau hubungan dengan succession planning. Tetapi sebelum mengetahui lebih lanjut, apakah anda sudah mengetahui dengan baik apa itu succession planning? Jika belum maka anda bisa langsung menyimak ulasan yang ada di bawah ini.

Succession planning atau perencanaan sukses merupakan strategi atau rencana yang dibuat oleh perusahaan yang berguna untuk mengembangkan semua potensi, skill, bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh seorang karyawan untuk bisa memperoleh calon pemimpin yang terbaik. Keberadaan succession planning ini pun juga bisa diterapkan untuk berbagai macam jenis perusahaan mulai dari kecil hingga besar.

Didalam succession planning sendiri, sebuah perusahaan akan menentukan kemampuan, keahlian hingga keterampilan apa sajakah yang dimiliki oleh calon pemimpin ataupun petinggi di dalam perusahaan. Agar bisa menemukan calon-calon yang terbaik itulah, maka penyelenggara program leadership development ini sangat dibutuhkan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh dari keberadaan program ini. Adapun beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut

software untuk mengukur kinerja karyawan1. Membentuk skill dan karakter

Leadership training ini sendiri memang akan membantu seorang karyawan dalam membangun karakter dan melatih skill yang mereka miliki. Semakin rutin dan cepat dilatih maka semakin banyak karakter yang akan terbuat dan skill yang bisa dikuasai. Ini lah mengapa, didalam perusahaan  membutuhkan keberadaan program yang satu ini.

2. Membantu membangun kepercayaan diri

Untuk mendapatkan seorang pemimpin yang bagus di dalam program succession planning maka kepercayaan diri memang menjadi salah satu bahan pertimbangan bukan? Untuk membantu perusahaan menemukan karyawan yang terbaik itulah maka keberadaan program ini sangat dibutuhkan.

Hal ini tidak lain karena pengembangan kepelatihan tersebut akan membantu seseorang untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri yang mereka miliki.

Tanpa adanya kepercayaan diri pasti seseorang tidak bisa menjadi pemimpin yang baik. Bukan hanya itu saja, mereka juga tidak bisa memegang tanggung jawab dengan baik. Alhasil ini akan menyebabkan tugas atau pekerjaan yang mereka miliki menjadi berantakan.

3. Membantu untuk belajar berorganisasi

Ternyata tidak semua orang memang mempunyai kemampuan yang bagus untuk belajar berorganisasi bukan? Tetapi dengan keberadaan program yang satu ini maka diharapkan seseorang mempunyai kemampuan yang baik untuk belajar bagaimana organisasi tersebut.

Mengingat di dalam dunia bisnis, kemampuan dalam berorganisasi memang akan sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.

Dengan ulasan yang diatas maka peran program pengembangan kepemimpinan memang mempunyai keterkaitan yang cukup erat untuk melaksanakan  perencanaan suksesi atau succession planning ini.

Dalam menjalankan program ini sendiri memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah mempersiapkan calon pemimpin yang terbaik.

Bagaimana cara penerapan leadership development

Tidak bisa dipungkiri apabila untuk menerapkan program pengembangan kepemimpinan  ini memanglah tidak mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi kepada banyak orang. Tentunya agar program ini bisa berjalan dengan baik maka anda wajib untuk menerapkan beberapa cara agar program ini bisa berjalan dengan baik.  Mengingat keberadaan program ini yang akan memberikan seseorang banyak manfaat.

Buat anda yang ingin menerapkan program pengembangan kepemimpinan ini maka ada beberapa cara yang bisa anda terapkan. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan agar program pengembangan kepemimpinan bisa berjalan dengan baik.

1. Mencari tahu posisi pemimpin yang dibutuhkan oleh perusahaan

Cara terbaik untuk anda yang ingin merencanakan program pengembangan kepemimpinan ini adalah untuk mencari tahu posisi pemimpin yang dibutuhkan oleh perusahaan terlebih dahulu. Hal ini agar menemukan calon pemimpin yang lebih spesifik lagi. Bukan hanya itu saja, anda juga harus memperhatikan rencana jangka pendek maupun panjang.

Dengan cara inilah maka anda bisa dengan mudah mengetahui ciri-ciri pemimpin seperti apakah yang paling dihargai oleh sebuah perusahaan. Anda bisa menggali lebih dalam lagi. Adapun beberapa sifat calon  pemimpin yang paling dihargai adalah integritas, ketegasan dan keadilan.

2. Mengembangkan! Jangan pernah melatih

Seperti yang perlu untuk anda ketahui, bahwa pemimpin dapat dipupuk dan dikembangkan tetapi tidak dapat dibuat begitu saja. Untuk itulah, ada baiknya anda merencanakan program dimana mampu membuat mereka belajar dan terus tumbuh. Ada berbagai macam pelatihan yang bisa anda pilih.

Seperti melatih calon pemimpin tersebut dalam berorganisasi atau bekerja sama dengan para klien yang lain. Pastikan apabila anda juga selalu mendukung karyawan anda dan memberikan umpan balik yang bagus.

3. Lakukan identifikasi calon pemimpin

Tak bisa dipungkiri apabila anda bisa menemukan calon pemimpin perusahaan tersebut dimanapun bukan? Tetapi sayangnya untuk melakukan identifikasi tersebut tidaklah mudah untuk anda lakukan.

Ada bisa segera melakukan identifikasi dan sebaiknya anda tidak hanya melihat kandidat yang paling menonjol saja. Tetapi juga semua kandidat yang lainnya.

4. Mengukur hasilnya

Jika cara diatas sudah ada terapkan maka langkah berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengukur hasilnya. Tentukan bagaimana dampak dari program yang anda jalankan tersebut. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengukur semua itu seperti berapakan peserta yang berhasil melewati program, berapakah jumlah peserta yang mendapatkan promosi hingga bagaimana tingkat tanggung jawab mereka.

Untuk menemukan calon pemimpin yang terbaik dan terpercaya serta bertanggung jawab memang tidaklah semudah  membalikkan telapak tangan. Tetapi dengan penerapan program leadership development ini maka diharapkan bisa membantu menemukan calon pemimpin tersebut.

5. Succession Planning

Penerapan Succession Planning Dalam Memajukan Bisnis
Succession Planning sangat penting untuk diketahui dan juga dipelajari, terlebih bagi anda yang memang ingin serius mendalami kesuksesan dalam berbisnis.

Persiapan Menghadapi Ketatnya Persaingan Berbisnis

Berbisnis awalnya hanyalah sebuah cara untuk memperoleh keuntungan dalam skala besar. Namun tentunya untuk bisa menjalankan bisnis ini dibutuhkan banyak persiapan dimana salah satunya adalah perihal modal. Dulu tidak semua orang berani untuk menjalankan bisnis, karena bisnis identik dengan modal yang besar.

Bisa dikatakan bahwa salah satu kendala terbesar dalam menjalankan bisnis adalah modal. Hal ini karena modal merupakan pondasi dasar dalam menjalankan bisnis secara manual atau offline. Namun berbeda dengan sekarang dimana siapa saja bisa berbisnis.

Modal tak lagi menjadi kendala berarti mengingat perkembangan teknologi dan jaman mampu mempermudah dalam menjalankan bisnis. Bisnis bisa dijalankan secara online dengan memanfaatkan internet dan teknologi modern sehingga mampu memangkas berbagai kebutuhan terutama yang berkaitan dengan pendanaan dan juga marketing.

Umumnya bisnis yang dijalankan secara offline membutuhkan banyak biaya karena perlu dana untuk membayar sewa tempat, membayar tenaga kerja, belum biaya produksi, marketing dan lain sebagainya.

Namun di jaman seperti sekarang ini, menjalankan bisnis sudah semakin mudah. Yang paling terasa adalah dimana banyak dana yang akan terpangkas. Tak perlu sewa tempat untuk dijadikan sebagai gudang maupun toko untuk berjualan. Karena bisnis bisa dijalankan secara online sehingga tak perlu sewa ruko lagi dan memanfaatkan rumah sebagai tempat untuk berjualan.

software untuk mengukur kinerja karyawan

Untuk masalah gaji karyawan juga akan berkurang karena bisnis yang dijalankan secara online tidak perlu membutuhkan banyak karyawan. Anda bisa menghandle sendiri atau ditambah dengan beberapa orang saja untuk menangani beberapa hal. Namun meskipun begitu tetap saja dalam berbisnis harus mempersiapkan banyak hal.

Apalagi dengan beragam kemudahan berbisnis yang ada saat ini akhirnya justru membuat banyak orang terjun ke dalam dunia bisnis. Ini artinya persaingan yang anda dapatkan dalam dunia bisnis itu sendiri akan semakin ketat sehingga pastinya sebagai smart people anda dituntut untuk jeli dalam memanfaatkan segala peluang yang ada didepan mata demi memaksimalkan perkembangan bisnis anda tersebut.

Sebenarnya di jaman seperti sekarang ini ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan bisnis. Salah satunya yaitu penerapan Succession Planning yang memang sudah dikenal menjadi salah satu trik atau metode dalam menjalankan bisnis sehingga nantinya bisa mencapai goals seperti yang sudah direncanakan. Penasaran dengan apa itu Succession Planning?

Simak penjelasannya berikut ini.
Pengertian Succession Planning
Mendengar kata Succession Planning mungkin anda sudah familiar. Namun tak menutup kemungkinan juga jika masih ada beberapa orang yang belum begitu memahami tentang apa itu Succession Planning ini.

Sebenarnya Succession Planning merupakan metode yang direncanakan oleh sebuah perusahaan guna mencari seorang pemimpin maupun karyawan – karyawan berpotensi sehingga nantinya dapat membawa perusahaan atau bisnis ke arah yang lebih baik.

Dalam hal ini artinya sebelum menjalankan sebuah bisnis diperlukan adanya berbagai persiapan terutama dalam hal menyaring sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berpotensi di bidangnya masing – masing agar ketika bisnis tersebut sudah berjalan, masing – masing SDM tersebut dapat bekerja secara maksimal di bidangnya masing – masing.

Sehingga imbasnya setiap bagian tersebut akan memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan atau bisnis itu sendiri.

Succession Planning sangat penting untuk diterapkan karena sebagai calon pebisnis handal tentunya anda dituntut untuk cermat dalam memilih dan memilih SDM seperti apakah yang layak untuk berkontribusi.

Karena pada dasarnya kesalahan dalam memilih SDM yang terlibat dalam bisnis, akan sangat berpengaruh terhadap laju perkembangan bisnis yang dijalankan. Sehingga sangat penting dalam merencanakan bisnis agar semua visi dan misi yang ditargetkan bisa tercapai.

Mengenal Tentang 9 Box Succession Planning

Berbicara mengenai Succession Planning pastinya erat kaitannya dengan 9 Box Succession Planning. Apa itu 9 Box Succession Planning? 9 Box Succession Planning merupakan sebuah cara atau metode yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian terhadap kinerja, potensi dan SDM yang dapat dikontribusikan kepada perusahaan atau bisnis.

Sehingga secara tidak langsung, dengan memanfaatkan 9 Box Succession Planning ini akan mempermudahkan dalam menjaring karyawan serta lebih mudah dalam melihat setiap potensi karyawan yang akan bergabung dengan bisnis atau perusahaan.

Sebenarnya metode 9 Box Succession Planning ini bisa menjadi salah satu trik jitu untuk menjaring atau mendapatkan SDM yang handal sehingga nantinya setiap SDM yang terjaring akan memberikan  sebuah kontribusi yang maksimal.

Namun tentunya hal ini dengan catatan bahwa metode 9 Box Succession Planning ini memang dijalankan dengan tepat. Lalu apa manfaat dari 9 Box Succession Planning ini?

• Gratis

Mungkin memang banyak metode yang ada dipasaran  dimana bisa diterapkan dalam bisnis. Namun tentunya tidak semua metode tersebut adalah gratis. Namun tidak dengan 9 Box Succession Planning ini dimana memang gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja.

• Memberikan Hasil yang Akurat

Setiap metode tentunya memiliki keunggulannya masing – masing. Tanpa terkecuali dengan 9 Box Succession Planning ini dimana bisa memberikan hasil penilaian yang akurat melebihi penilaian pribadi.

• Mampu Menunjukkan Penilaian yang Konsisten

Kadangkala dalam menilai seseorang khususnya dalam hal potensi atau SDM yang dimiliki oleh setiap calon tenaga kerja atau karyawan. Jika penilaian hanya mengandalkan penilaian pribadi maka tentunya tidak akan akurat karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda. Namun dengan menggunakan metode 9 Box Succession Planning ini, setiap penilaian karakter dan potensi akan bersifat konsisten.

• Menjadi Pedoman yang Jelas

Biasanya ketika memberikan penilaian terhadap suatu SDM, pastinya akan memiliki penilaian yang berbeda karena setiap orang memiliki kriteria yang berbeda pula. Namun jika menggunakan 9 Box Succession Planning ini akan  lebih jelas karena memang segala metode yang ada di dalamnya sangat jelas dan akurat.

• Sudah Terbukti Berhasil

Biasanya jika menilai SDM hanya bersumber pada penilaian pribadi, maka setiap sudut pandang satu orang dengan yang lainnya akan berbeda. Dan secara otomatis hasil pendapat dan juga penilaiannya pasti akan berbeda. Namun hal ini tidak berlaku jika penilaiannya menggunakan 9 Box Succession Planning dimana hasilnya konsisten, akurat dan terbukti nyata.

Penerapan Succession Planning dalam bisnis ini memang sangat penting karena proses penyeleksian SDM yang terlibat pada tahap awal akan turut mempengaruhi proses selanjutnya. Dan kesalahan dalam menjalankan pematangan rencana pastinya akan berdampak buruk bagi perkembangan suatu bisnis atau perusahaan itu sendiri.

Namun jika anda menerapkan 9 Box method yang ada di dalam Succession Planning ini pastinya akan berbeda. Apalagi beberapa contoh software untuk menjalankan Succession Planning ini bisa dicoba secara gratis sehingga nantinya akan lebih mempermudah anda dalam menyumbangkan konsep awal yang matang sehingga Succession Planning ini akan berjalan dengan baik dan juga memberikan hasil yang maksimal.

Referensi : Delloite

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *