Succession Planning sangat penting untuk diketahui dan juga dipelajari, terlebih bagi anda yang memang ingin serius mendalami kesuksesan dalam berbisnis.
Daftar Isi
Persiapan Menghadapi Ketatnya Persaingan Berbisnis
Berbisnis awalnya hanyalah sebuah cara untuk memperoleh keuntungan dalam skala besar.
Namun tentunya untuk bisa menjalankan bisnis ini dibutuhkan banyak persiapan dimana salah satunya adalah perihal modal.
Dulu tidak semua orang berani untuk menjalankan bisnis, karena bisnis identik dengan modal yang besar.
Bisa dikatakan bahwa salah satu kendala terbesar dalam menjalankan bisnis adalah modal.
Hal ini karena modal merupakan pondasi dasar dalam menjalankan bisnis secara manual atau offline.
Namun berbeda dengan sekarang dimana siapa saja bisa berbisnis. Modal tak lagi menjadi kendala berarti mengingat perkembangan teknologi dan jaman mampu mempermudah dalam menjalankan bisnis.
Bisnis bisa dijalankan secara online dengan memanfaatkan internet dan teknologi modern sehingga mampu memangkas berbagai kebutuhan terutama yang berkaitan dengan pendanaan dan juga marketing.
Umumnya bisnis yang dijalankan secara offline membutuhkan banyak biaya karena perlu dana untuk membayar sewa tempat, membayar tenaga kerja, belum biaya produksi, marketing dan lain sebagainya.
Namun dijaman seperti sekarang ini, menjalankan bisnis sudah semakin mudah. Yang paling terasa adalah dimana banyak dana yang akan terpangkas.
Tak perlu sewa tempat untuk dijadikan sebagai gudang maupun toko untuk berjualan.
Karena bisnis bisa dijalankan secara online sehingga tak perlu sewa ruko lagi dan memanfaatkan rumah sebagai tempat untuk berjualan.
Untuk masalah gaji karyawan juga akan berkurang karena bisnis yang dijalankan secara online tidak perlu membutuhkan banyak karyawan.
Anda bisa menghandle sendiri atau ditambah dengan beberapa orang saja untuk menangani beberapa hal.
Namun meskipun begitu tetap saja dalam berbisnis harus mempersiapkan banyak hal. Apalagi dengan beragam kemudahan berbisnis yang ada saat ini akhirnya justru membuat banyak orang terjun ke dalam dunia bisnis.
Ini artinya persaingan yang anda dapatkan dalam dunia bisnis itu sendiri akan semakin ketat sehingga pastinya sebagai smart people anda dituntut untuk jeli dalam memanfaatkan segala peluang yang ada didepan mata demi memaksimalkan perkembangan bisnis anda tersebut.
Sebenarnya dijaman seperti sekarang ini ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan bisnis.
Salah satunya yaitu penerapan Succession Planning yang memang sudah dikenal menjadi salah satu trik atau metode dalam menjalankan bisnis sehingga nantinya bisa mencapai goals seperti yang sudah direncanakan.
Penasaran dengan apa itu Succession Planning? Simak penjelasannya berikut ini.
Pengertian Succession Planning
Mendengar kata Succession Planning mungkin anda sudah familiar. Namun tak menutup kemungkinan juga jika masih ada beberapa orang yang belum begitu memahaminya.
Sebenarnya Succession Planning merupakan metode yang direncanakan oleh sebuah perusahaan guna mencari seorang pemimpin maupun karyawan – karyawan berpotensi sehingga nantinya dapat membawa perusahaan atau bisnis ke arah yang lebih baik.
Dalam hal ini artinya sebelum menjalankan sebuah bisnis diperlukan adanya berbagai persiapan terutama dalam hal menyaring sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berpotensi di bidangnya masing – masing agar ketika bisnis tersebut sudah berjalan, masing – masing SDM tersebut dapat bekerja secara maksimal di bidangnya masing – masing.
Sehingga imbasnya setiap bagian tersebut akan memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan atau bisnis itu sendiri.
Succession Planning sangat penting untuk diterapkan karena sebagai calon pebisnis handal tentunya anda dituntut untuk cermat dalam memilih dan memilih SDM seperti apakah yang layak untuk berkontribusi.
Karena pada dasarnya kesalahan dalam memilih SDM yang terlibat dalam bisnis, akan sangat berpengaruh terhadap laju perkembangan bisnis yang dijalankan.
Sehingga sangat penting dalam merencanakan bisnis agar semua visi dan misi yang ditargetkan bisa tercapai.
Mengenal Tentang 9 Box Succession Planning
Berbicara mengenai Succession Planning pastinya erat kaitannya dengan metode 9 Box.
9 Box Succession Planning merupakan sebuah cara atau metode yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian terhadap kinerja, potensi dan SDM yang dapat dikontribusikan kepada perusahaan atau bisnis.
Sehingga secara tidak langsung, dengan memanfaatkan 9 Box Succession Planning ini akan mempermudahkan dalam menjaring karyawan serta lebih mudah dalam melihat setiap potensi karyawan yang akan bergabung dengan bisnis atau perusahaan.
Sebenarnya metode ini bisa menjadi salah satu trik jitu untuk menjaring atau mendapatkan SDM yang handal sehingga nantinya setiap SDM yang terjaring akan memberikan sebuah kontribusi yang maksimal.
Namun tentunya hal ini dengan catatan bahwa metode ini memang dijalankan dengan tepat.
Manfaat 9 Box Succession Planning
Gratis
Mungkin memang banyak metode yang ada dipasaran dimana bisa diterapkan dalam bisnis. Namun tentunya tidak semua metode tersebut adalah gratis.
Namun tidak dengan 9 Box Succession Planning ini dimana memang gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja.
Memberikan Hasil yang Akurat
Setiap metode tentunya memiliki keunggulannya masing – masing. Tanpa terkecuali dengan 9 Box Succession Planning ini dimana bisa memberikan hasil penilaian yang akurat melebihi penilaian pribadi.
Mampu Menunjukkan Penilaian yang Konsisten
Kadangkala dalam menilai seseorang khususnya dalam hal potensi atau SDM yang dimiliki oleh setiap calon tenaga kerja atau karyawan.
Jika penilaian hanya mengandalkan penilaian pribadi maka tentunya tidak akan akurat karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda.
Namun dengan menggunakan metode ini, setiap penilaian karakter dan potensi akan bersifat konsisten.
Menjadi Pedoman yang Jelas
Biasanya ketika memberikan penilaian terhadap suatu SDM, pastinya akan memiliki penilaian yang berbeda karena setiap orang memiliki kriteria yang berbeda pula.
Namun jika menggunakan 9 Box Succession Planning ini akan lebih jelas karena memang segala metode yang ada di dalamnya sangat jelas dan akurat.
Sudah Terbukti Berhasil
Biasanya jika menilai SDM hanya bersumber pada penilaian pribadi, maka setiap sudut pandang satu orang dengan yang lainnya akan berbeda.
Dan secara otomatis hasil pendapat dan juga penilaiannya pasti akan berbeda.
Namun hal ini tidak berlaku jika penilaiannya menggunakan 9 Box Succession Planning dimana hasilnya konsisten, akurat dan terbukti nyata.
Penerapan Succession Planning dalam bisnis ini memang sangat penting karena proses penyeleksian SDM yang terlibat pada tahap awal akan turut mempengaruhi proses selanjutnya.
Dan kesalahan dalam menjalankan pematangan rencana pastinya akan berdampak buruk bagi perkembangan suatu bisnis atau perusahaan itu sendiri. Namun pastinya akan berbeda jika anda menerapkan metode tersebut.
Apalagi beberapa contoh software untuk menjalankan Succession Planning ini bisa dicoba secara gratis sehingga nantinya akan lebih mempermudah anda dalam menyumbangkan konsep awal yang matang sehingga Succession Planning ini akan berjalan dengan baik dan juga memberikan hasil yang maksimal.
Sumber : What Is Succession Planning? Your Steps to Success
__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.
Tinggalkan Balasan