Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang Benar

Back to Pos
surat izin tidak masuk kerja

Untuk bisa mendapatkan izin tidak masuk kerja tentu saja Anda harus membuat dan mengajukan surat izin terlebih dahulu, baik ke atasan atau bagian HRD (Human Resources Development) di perusahaan.

Izin tidak masuk kerja biasanya digunakan ketika seorang karyawan membutuhkan waktu libur untuk mengurusi hal-hal seperti memperpanjang SIM, merawat anak atau orang tua yang sedang sakit, menghadiri acara khusus yang tidak bisa diwakilkan dan sebagainya.

Setiap perusahaan memiliki ketentuan masing-masing mengenai prosedur untuk memberikan izin tidak masuk kerja, namun pada umumnya karyawan terkait wajib mengajukan permohonan terlebih dahulu.

Berikut contoh surat izin tidak masuk kerja yang benar.

banner_karyaone

Apa Saja yang Harus Dicantumkan?

Jika Anda merupakan karyawan baru, lebih baik diskusikan dengan rekan kerja atau atasan langsung Anda mengenai hal-hal apa saja yang harus dicantumkan di dalam surat.

Pada dasarnya ada empat hal yang harus dijelaskan, yaitu:

  • Alasan mengapa Anda tidak bisa masuk kerja
  • Hal-hal apa saja yang sekiranya bisa tetap Anda kerjakan sebelum atau bahkan saat tidak masuk kerja, seperti pelatihan untuk pengganti sementara atau kesediaan Anda untuk tetap menerima telepon dari kantor jika memang terdapat pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan Anda
  • Tanggal mulai dan berakhirnya izin
  • Ucapan terima kasih apabila diberikan izin

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Jika Anda masih belum yakin bagaimana cara membuatnya, lihat template contoh surat izin tidak masuk kerja di bawah ini untuk memudahkan Anda:

Rian Iskandar
Jl. Gading Kirana
Jakarta Utara, Kelapa Gading 14250
087856813554

02 Januari 2018

Boby Saputra
Manager
Web Development
Jl. Gading Kirana VI
Jakarta Utara, Kelapa Gading 14250

Kepada Yth. Bapak/Ibu (…)

Melalui surat ini saya mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja dengan alasan… Seperti yang telah dibicarakan sebelumnya, saya ingin meminta izin tidak masuk kerja dari tanggal (…) hingga (…).

Saya akan kembali bekerja pada tanggal (…)

Silakan menghubungi saja jika ada sesuatu yang dibutuhkan selama saya tidak hadir bekerja di kantor.

Terima kasih banyak atas pengertian yang diberikan kepada saya.

Dengan hormat,

(tanda tangan)

(Rian Iskandar)

Saya ingin dapat newsletter tentang tips HRD

weekly newsletter, unsubscribe kapan saja

Cara Membuat Email Izin Tidak Masuk Kerja

Selain surat resmi dalam bentuk fisik (hardcopy), Anda juga bisa mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja melalui email seperti di bawah ini:

Subject: Izin Tidak Masuk Kerja – Rian Iskandar

Dear Santi (HRD)

Seperti yang telah dibicarakan sebelumnya, saya ingin mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja. Saya berencana untuk izin dari tanggal 3 Oktober 2017 sampai 6 Oktober 2017 dan kembali masuk kerja pada tanggal 7 Oktober 2017.

Jika diizinkan, saya dengan senang hati akan menyusun cara untuk menyelesaikan pekerjaan selama saya tidak masuk. Saya juga bersedia untuk dihubungi selama masa izin saya jika ada pertanyaan atau kebutuhan.

Jika Bapak/Ibu memiliki pertanyaan lain, silahkan hubungi saya. Terima kasih banyak atas pengertian yang diberikan kepada saya.

Dengan hormat,

(Rian Iskandar)

Cara Izin Tidak Masuk Kerja Lewat Whatsapp / WA

Whatsapp atau yang sering disingkat WA oleh kebanyakan orang saat ini mempunyai fitur yang sangat lengkap. Salah satunya adalah chat grup, dibanding dengan aplikasi messenger lain whatsapp dipilih karena lebih ringan dan cepat.

Hal ini dimanfaatkan oleh banyak karyawan untuk saling berkomunikasi internal sesama tim kerja. Dengan chat grup ini komunikasi pekerjaan menjadi lebih efektif.

Namun, untuk percakapan yang sedikit pribadi seperti izin untuk tidak masuk, sakit atau lainnya. Karyawan ybs. tentu tidak dapat mengajukan izin melalui WA grup. Ia harus mengirimkan pesan personal kepada atasannya.

Tentunya pesan yang disampaikan haruslah menggunakan kalimat yang sopan.
Anda bisa menggunakan contoh berikut ini :

“Selamat pagi, Pak.

Mohon maaf mengganggu. Saya Aldo, Saya bermaksud mohon izin untuk masuk siang jam 13.00 hari ini karena saya perlu mengantar orang tua yang sedang sakit ke dokter. Untuk surat izin akan saya serahkan besok.

Terima kasih atas perhatian Bapak.”

Dalam contoh diatas, karyawan membuat surat izin keesokan harinya. Dari proses pengajuan, persetujuan hingga dicatat oleh tim HRD dapat memakan waktu beberapa hari.

Tentu hal ini akan merepotkan HRD dalam mengelola administrasi perusahaan, terutama jika perusahaan memiliki karyawan yang cukup banyak.

Seandainya perusahaan menggunakan aplikasi HR berbasis Android, karyawan dapat membuat izin melalui smartphone pada saat itu juga, dan langsung meminta atasannya untuk memberi persetujuan.

Setelah persetujuan atasan Tim HRD hanya perlu melakukan validasi data izin yang dapat dilakukan pada hari yang sama.

Semua kemudahan yang mampu mengurangi pekerjaan administrasi HR tersebut dapat perusahaan rasakan dengan penggunaan KaryaONE, solusi HRIS untuk mengelola absen, cuti, izin hingga penggajian berbasis cloud.

Dengan fitur lengkap KaryaONE, HR officer dapat lebih banyak menghabiskan waktu memikirikan strategi dalam mengelola hubungan karyawan tanpa terganggu urusan administrasi lagi.

Gunakan KaryaOne Sekarang. Undang kami untuk demo aplikasi di perusahaan Anda atau coba untuk 10 Karyawan selama satu bulan GRATIS.

Sumber:
TheBalance: Formal Leave of Absence Letter Request Example

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comments (5)

  • Santoso Reply

    Assalamualaikum, saya mau bertanya, apabila kita izin kerja karna sakit atau ada keperluan mendadak, kapan sebaik nya surat izin diberikan kepada atasan atau hrd?
    Terima kasih

    Februari 15, 2018 at 9:26 am
    • Admin KaryaONE Reply

      Halo Santoso,
      Tergantung kebijakan masing-masing perusahan, Anda bisa meminta ijin secara informal melalui surat elektronik atau pesan teks kepada atasan/tim Anda sebelum Anda tidak masuk bekerja. Surat izin formal diberikan segera setelah Anda kembali lagi bekerja.
      Namun, jika perusahaan sudah memiliki sistem online untuk mengurus izin, Anda harus melakukannya sebelum pergi untuk keperluan mendadak.

      Maret 20, 2018 at 1:56 pm
  • mposports Reply

    Nah postingan kali ini sangat bermanfaat, saya sering berkunjung dan membaca postingan disini.
    Emang keren-keren kontennya. Salah satu blog yang recommended
    deh.

    Juli 8, 2019 at 9:55 pm
  • 18hoki Reply

    Baru sempet baca postingan ini hari ini, dan ternyata kontennya menarik banget.
    Kayaknya aku akan sering mampir di mari, semangat update terus kontennya ya min.

    Agustus 23, 2019 at 2:22 am
  • qq8788 alternatif Reply

    Makasi, infonya sangat bermanfaat. Saya pembaca setia di blog ini.

    Kontennya bener-bener joss…

    Agustus 24, 2019 at 2:03 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos