Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik

surat pengunduran diri

Memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Akan ada banyak pertimbangan dan keperluan yang harus diurus, salah satunya membuat surat pengunduran diri (surat resign).

Selanjutnya, Anda juga harus memberikan surat resign ini langsung ke atasan Anda ataupun manajer HRD. Surat ini merupakan langkah awal bagi Anda untuk memasuki proses selanjutnya hingga hari terakhir Anda berkerja di perusahaan tersebut.

Jika Anda belum pernah membuat surat pengunduran diri sebelumnya, pelajari caranya berikut ini.

1. Pembukaan

Anda tidak perlu membuat kalimat kreatif pada awal surat, melainkan langsung nyatakan bahwa Anda ingin mengundurkan diri dari posisi Anda saat ini dan cantumkan tanggal terakhir Anda bekerja.

Di samping itu, sertakan juga alasan Anda mengundurkan diri, namun tidak perlu menjelaskannya secara berlebihan.

Kepada Yth. (nama atasan)

Bersama ini saya menyampaikan pemberitahuan dan permohonan pengunduran diri dari jabatan saya saat ini. Pengunduran diri saya akan efektif pada tanggal (tanggal ini biasanya 2 minggu sampai 1 bulan sejak Anda menyerahkan surat).

2. Ucapan Terima Kasih

Langkah berikutnya adalah mengucapkan terima kasih kepada atasan Anda atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada Anda. Sampaikan bahwa Anda telah mendapat banyak pengalaman dan pelajaran berharga selama bekerja di perusahaan tersebut.

Baca juga:  Cara Mengatur Keuangan Usaha Secara Efektif

Selain itu, Anda mungkin membutuhkan referensi dari mereka untuk di perusahaan baru atau kebutuhan lainnya.

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja pada posisi ini. Saya sangat menikmati dan menghargai kesempatan yang saya miliki tersebut dan saya juga banyak belajar atas pengalaman yang saya jalani. Semua pengetahuan dan pengalaman ini tentu berguna bagi perkembangan karir saya.

3. Bantuan untuk Proses Transisi

Selanjutnya, nyatakan keinginan Anda untuk membantu proses transisi atau pemindahan tugas ke orang baru yang akan menggantikan Anda. Di samping itu, Anda juga bisa menjanjikan bahwa semua tugas atau tanggung jawab Anda akan diselesaikan sebelum hari terakhir Anda.

Untuk penutup surat, Anda bisa menulisnya seperti ini.

Selama dua minggu terakhir ini saya akan menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab saya, serta melakukan proses transisi kepada anggota tim yang lain. Silakan menginformasikan saya jika terdapat keperluan lainnya selama masa transisi ini.

Saya harap perusahaan (nama perusahaan) sukses selalu, dan semoga saya dan perusahaan bisa tetap saling berhubungan baik.

Salam,

(nama Anda)

Pada prinsipnya, Anda tentu bisa membuat surat pengunduran diri yang sesuai dengan kebutuhan ataupun prosedur yang ada di perusahaan. Paling tidak, Anda tahu cara membuat email perpisahan kerja yang berkesan.

Baca juga:  9 Cara Membuat Meeting Anda Menjadi Lebih Efektif

Sumber:
TheMuse: How to Write a Resignation Letter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *