Inilah Pengertian dan Fungsi Talent Management

talent management system

Karyawan merupakan salah satu aset dan investasi terbesar yang perusahaan miliki. Oleh karenanya, pastikan untuk mengelola mereka dengan baik sehingga bisa mendorong keterlibatan, produktivitas dan sikap loyal mereka.

Banyaknya solusi atau model talent management (manajeman bakat) yang terkadang malah membuat perusahaan bingung untuk menentukan langkah apa yang harus diambil.

Dengan kata lain, perusahaan harus memahami terlebih dahulu mengenai pengertian, fungsi dan penerapan talent management.

Apa itu Talent Management?

Pada dasarnya, talent management atau manajemen bakat merupakan sebuah cara atau sistem untuk mendapatkan penilaian yang tepat terhadap masing-masing karyawan di perusahaan.

Hasil dari penilaian tersebut berguna untuk melihat dan menilai apakah karyawan mampu untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Perubahan dalam Bidang Human Resource (HR)

Untuk mempermudah Anda dalam memahami pentingnya talent management dalam lingkup bisnis, Anda harus terlebih dulu melihat perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam bidang HR.

Jika dulu HR berperan dalam pengurusan payroll serta tunjangan, kini HR telah berkembang dengan tanggung jawab dalam proses rekrutmen pegawai, komunikator bagi setiap karyawan, hingga pemberian reward.

Selain itu, HR juga bertanggung jawab dalam manajemen bakat termasuk proses perencanaan, manajemen (penilaian) performa, integrasi sistem yang digunakan dan sebagainya.

Baca juga:  3 Cara Mempercepat Proses Rekrutmen Karyawan

Menentukan Kunci Penilaian

Ada banyak model manajemen bakat yang bisa Anda terapkan dalam perusahaan, namun bukan berarti semua model tersebut cocok bagi perusahaan Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam penilaian setiap karyawan, proses manajemen bakat harus bertujuan:

  • Merampingkan proses perekrutan
  • Mendorong para manajer untuk mampu memperkuat budaya dan nilai perusahaan melalui pekerjaan dan sikap mereka ketika memimpin
  • Mengidentifikasi kesenjangan kompetensi antar karyawan dan menawarkan program pelatihan dan pengembangan karyawan
  • Mengidentifikasi dan menghargai karyawan yang memiliki kinerja baik

Empat Pilar Talent Management

Tidak ada cara singkat untuk menyederhanakan proses talent management system secara umum. Pasalnya, setiap kebutuhan dan kondisi karyawan di masing-masing perusahaan berbeda.

Namun, terdapat empat pilar strategi penilaian yang harus dimiliki oleh manajemen bakat yang Anda gunakan, yaitu:

  • Atraksi
  • Perkembangan
  • Motivasi
  • Retensi

Empat pilar tersebut akan membantu Anda dimulai dari proses perekrutan hingga pengembangan karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun panjang.

Sumber:
HRSoft: What Is a Talent Management System? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *