Pengertian  Talent Mapping, Manfaatnya dan Langkahnya 

talent mapping karyaone

Talent mapping – Metode untuk mengetahui bakat Anda. Bagaimana caranya?

Banyak terjadi dalam dunia kerja orang yang tidak nyaman dengan pekerjaannya karena tidak sesuai dengan potensi yang ia miliki.   Hal ini dapat menyebabkan kinerja karyawan rendah, kurang semangat bekerja dan stres.

Oleh karena itu penting bagi seseorang untuk mengenali dirinya. Daripada bertanya-tanya kepada orang lain atau keluarga, ada beberapa cara yang lebih praktis untuk mengetahui bakat seseorang yakni dengan menggunakan talents mapping atau pemetaan bakat ini.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management IndonesiaPengertian talents mapping (pemetaan bakat)

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai talents mapping ini, apakah anda sudah mengetahui apa pengertiannya? Istilah yang satu ini ternyata masih asing bagi sebagian besar orang.

Talents mapping atau dikenal dengan pemetaan bakat merupakan serangkaian tes assessment yang berguna untuk mengetahui bakat yang terpendam di dalam orang.

Adapun tujuan dari tes ini adalah agar anda lebih fokus di dalam mengembangkan bakat.   Tidak hanya fokus dalam memperbaiki kekurangan.

Untuk melakukan tes ini sendiri, biasanya akan ada daftar 34 jenis bakat dimana akan diurutkan bakat yang paling dominan di dalam diri anda hingga bakat yang paling lemah.

Keberadaan pemetaan bakat ini sendiri ternyata juga tidak hanya berguna untuk para orang dewasa saja yang bekerja tetapi juga akan membantu para orangtua untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak-anak.

1. Manfaat talent mapping

Keberadaan pemetaan bakat ini sendiri ternyata juga tidak hanya berguna untuk para orang dewasa saja yang bekerja tetapi juga akan membantu para orangtua untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak-anak.

a. Membantu  untuk menemukan bakat terpendam

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan adalah membantu anda untuk bisa menemukan bakat yang terpendam. Jika anda seringkali merasa  kurang menikmati jurusan yang sedang anda pelajari atau deskripsi pekerjaan anda, anda mungkin tidak bekerja sesuai bakat.

Saat ini semakin banyak orang tua yang berusaha menemukan bakat anak-anak mereka.  Namun hal itu tidak terjadi di masa lalu.  Orang tua bergantung pada sistem sekolah yang kurang bisa mengembangkan bakat anda.

Hal ini kemudian membuat anda tidak mampu mengenali bakat sendiri, merasa tidak berbakat dan pada akhirnya membuat anda stres.

Bakat terpendam akan membuat anda melihat diri dengan cara yang berbeda. Anda akan lebih bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih sesuai dan hidup anda pun akan lebih bahagia.

b. Membantu untuk mengembangkan bakat anda

Bukan hanya itu saja, manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari metode ini adalah akan membantu anda untuk mengembangkan bakat yang dominan di dalam diri anda.

Karena anda sudah mengetahui seperti apakah bakat yang paling mendominasi di dalam diri anda, maka anda akan semakin mudah untuk menentukan bagaimanakah langkah-langkah tepat dalam mengembangkan bakat tersebut.

c. Bisa membantu mengetahui kepribadian anda

Tidak hanya itu saja, dengan mengikuti tes inilah ternyata juga akan membantu anda untuk mengetahui bagaimanakah kepribadian yang anda miliki tersebut.  Dengan memahami kepribadian inilah maka secara tidak langsung akan membantu orang lain dalam mengambil sikap terhadap diri anda.

d. Membantu mengetahui tingkat kepercayaan seseorang

Ternyata tes ini pun juga bisa membantu anda untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kepercayaan  seseorang.  Ada orang yang mudah percaya pada orang lain dan ada yang sulit.  Bagaimana tingkat kepercayaan anda?

e. Membuat orang tidak fokus pada kelemahan

Manfaat terakhir yang bisa anda dapatkan dari adanya pemetaan bakat ini yaitu membantu anda untuk tidak hanya fokus  pada kelemahan saja.   Hanya memandang kelemahan diri dapat menyebabkan rendah diri.  Yang kemudian akan mengakibatkan produktivitas rendah.

2. Bagaimana cara melakukan pemetaan bakat?

Untuk melakukan pemetaan bakat ini sendiri, ada beberapa  hal yang perlu diperhatikan.  Berikut ini beberapa urutan untuk membantu anda menemukan bakat maupun kekuatan yang terdapat didalam diri seseorang.

a. Assessment talent mapping

Untuk urutan pertama di dalam serangkaian tes ini adalah menggali bagaimanakah sifat produktif atau bakat yang dimiliki oleh seseorang.

Selain itu, tes ini juga akan membantu anda untuk menginterpretasikan kekuatan terkait dengan peran dengan cara memanfaatkan bakat yang dominan di dalam tubuh anda.

Nantinya didalam self assement ini, anda akan  mengerjakan sekitar 170 pertanyaan dimana harus anda  isi dengan baik.

software untuk mengukur kinerja karyawanb. Assesment personal strength statement

Jika sudah maka akan langsung dilanjutkan dengan tes yang berikutnya yakni assessment personal strength statement.

Di dalam tes ini sendiri akan memberikan banyak manfaat untuk anda. Seperti membantu menggali pengakuan atas kegiatan apa sajakah yang produktif  dan merupakan gambaran bagaimanakah kemampuan atau kompetensi dan minat terhadap apa saja aktivitas yang anda lakukan.

Bukan hanya itu saja, nantinya di dalam tes ini sendiri terdapat 114 aktivitas dimana 99 terdiri dari klaster yang mempunyai keterkaitan dengan peran dan 15 klaster mempunyai keterkaitan dengan bidang yang anda miliki di dalam diri anda tersebut.

c. Strength typology ST 30

Untuk rangkaian tes yang selanjutnya adalah strength typology atau ST-30 ini.  Untuk rangkaian tes yang satu ini juga mempunyai peran untuk mengetahui diri anda dengan cepat. Bukan hanya itu saja, tes ini pun juga berguna untuk mengetahui bagaimanakah gambaran kompetensi dan kemampuan yang anda miliki.

Selain itu, peserta juga akan dihadapkan pada 30 tipologi manusia yang mempunyai keterkaitan dengan aktivitas produksi yang dimiliki seseorang.

Hal ini akan membantu anda mengetahui persona brand atau self awareness yang ada didalam diri anda.

Untuk anda yang  ingin mengetahui seperti apakah bakat yang dominan di dalam diri anda, maka penggunaan talent mapping ini memang akan sangat bermanfaat untuk anda. Dengan begini maka anda bisa memilih jurusan atau pekerjaan yang sesuai dengan talent anda.

Referensi : The New Rules of Talent Management

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *