4 Tanda Karyawan Akan Segera Resign dari Pekerjaan

tanda karyawan resign

Ketika seorang karyawan memutuskan untuk resign, ada beberapa hal negatif yang bisa terjadi. Seperti bertambahnya beban kerja yang harus dilakukan oleh karyawan lain.

Selain itu, ada pengeluaran biaya untuk merekrut karyawan baru dan juga menghabiskan waktu untuk kembali mengadakan pengenalan dan pelatihan kepada karyawan baru nantinya.

Untuk mempertahankan karyawan terbaik dan menghindari hal-hal di atas, penting untuk mengerti tentang tanda-tanda karyawan resign dari perusahaan Anda dan apa alasannya.

Berikut ini 4 tanda karyawan akan segera resign dari pekerjaan yang perlu Anda perhatikan.

1. Melepaskan Diri Secara Perlahan

Seseorang yang bisa melihat rencana masa depan mereka di perusahaan lain akan cenderung untuk tidak terlibat dengan pekerjaan dan posisi mereka sekarang.

Berkurangnya partisipasi karyawan dalam diskusi, tidak antusias dalam mendaftar kegiatan pelatihan atau menghindari proyek jangka panjang adalah beberapa contohnya.

2. Menggunakan Peralatan Pribadi

Jika Anda melihat karyawan yang tiba-tiba membawa laptop pribadi mereka untuk bekerja, atau melakukan percakapan yang tidak biasa menggunakan handphone, maka itu bukan pertanda baik.

Bisa saja mereka sedang mencari lowongan pekerjaan, menerima undangan interview lewat telepon atau bahkan bekerja sama dengan klien Anda untuk mengerjakan proyek di luar perusahaan.

Baca juga:  Apa Itu HRIS (Human Resource Information System)?

3. Tidak Tertarik Mengembangkan Diri di Perusahaan

Karyawan yang berencana untuk terus berada di perusahaan Anda, kemungkinan ingin meminta agar diberikan pelatihan tambahan untuk memiliki kemampuan dan pengetahuan yang diinginkan.

Mereka tertarik dengan pemikiran di mana pendidikan terbaru bisa mempromosikan jabatan dan karir mereka di perusahaan.

Sebaliknya, jika ada karyawan yang tidak lagi tertarik untuk berkembang bagi diri mereka sendiri di perusahaan, itu berarti mereka sedang memposisikan diri mereka di karir lainnya.

4. Pola Absensi Berubah

Salah satu tanda karyawan resign yang paling umum terjadi adalah ketika seorang karyawan tiba-tiba meminta cuti dengan berbagai macam alasan, seperti sakit atau keperluan keluarga. Sementara biasanya karyawan tersebut sangat jarang cuti atau izin sakit.

Jika ini terjadi, coba ajak mereka bicara dan tanyakan mengenai pendapatnya tentang kondisi kerja di perusahaan. Jangan malah menuduh mereka bohong atau pura-pura sakit, karena akan semakin membuat mereka membulatkan keputusan.

Kesimpulan

Memahami alasan resign karyawan yang memutuskan untuk keluar dari pekerjaan adalah langkah pertama untuk mengubah pikiran mereka.

Bila Anda melihat salah satu alasan di atas terjadi pada karyawan Anda, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengadakan komunikasi positif.

Baca juga:  9 Skill Penting Human Resources Management

Setelah Anda mengetahui alasan sebenarnya di balik rencana mereka, Anda dapat menggali potensi untuk memenuhi kebutuhan mereka dan mempertahankannya di perusahaan Anda.

Sumber:
BlogAchievers: 4 signs an employee is about to quit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *