Tax Amnesty: Pengertian dan Manfaat Pengampunan Pajak

tax amnesty

Beberapa waktu lalu sektor perekonomian dan bisnis Indonesia sempat diramaikan dengan berita terkait pengampunan pajak (tax amnesty) dan juga isu mengenai Panama Papers.

Bahkan berita ini sampai dibahas di beberapa media internasional kenamaan. Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan tax amnesty? Lalu, apa manfaat dan tujuannya? Agar mendapat pengertian yang jelas, baca ulasannya berikut ini.

Apa itu Tax Amnesty?

Menurut PMK No. 118/PMK.03/2016, yang dimaksud dengan tax amnesty adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan, dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pengampunan Pajak.

Pada dasarnya, tax amnesty atau amnesti pajak adalah izin bebas bagi pelaku pajak untuk membuka pendapatan mereka yang tidak dilaporkan pada periode pajak sebelumnya tanpa harus menghadapi tuntutan oleh pengadilan pajak atau membayar denda apapun.

Selama periode ini, pembayar pajak hanya perlu membayar pajak khusus dengan imbalan pengampunan pemerintah atas kewajiban pajak mereka.

Mengapa Indonesia Membutuhkan Amnesti Pajak?

Pemerintah berharap program pengampunan pajak ini akan meningkatkan penerimaan pajak, tingkat kepatuhan wajib pajak dan menarik lebih banyak aset yang sebelumnya ada di luar negeri.

Baca juga:  Peraturan Shift Kerja Karyawan Menurut Undang-Undang

Indonesia menargetkan kenaikan pajak sebesar 30% untuk membantu membiayai pembangunan infrastruktur besar-besaran di seluruh negeri. Hal ini merupakan sebuah target ambisius di tengah lambannya pertumbuhan ekonomi dan kepatuhan wajib pajak yang rendah.

Siapa Saja yang Memenuhi Syarat untuk Tax Amnesty?

Tax amnesty ditawarkan kepada semua orang yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) maupun yang belum memilikinya. Pemerintah Indonesia mengatakan bahwa program ini akan berdampak positif pada sektor perekonomian karena aset yang kembali ke Indonesia akan menciptakan objek pajak dan peluang kerja baru.

Seperti Apa Pendapat Kontra yang Bermunculan?

Program amnesti pajak ini dikatakan tidak memberi keuntungan bagi wajib pajak yang selalu taat membayar pajak sesuai dengan ketentuan.

Mereka yang kontra merasa program ini kurang efektif untuk mengembalikan penghasilan negara dari sektor pajak, melainkan justru memberikan kesan pemerintah yang putus asa terhadap banyaknya wajib pajak yang nakal.

Manfaat Tax Amnesty

Selain pemerintah, tentu saja ada pihak lain yang diuntungkan dengan adanya program pajak ini. Mari dibahas satu persatu:

Pemerintah

Seperti penjelasan sebelumnya, amnesti pajak diharapkan efektif menambah penghasilan negara dengan menarik dana dari luar negeri ke Indonesia sebagai calon sumber pajak baru.

Baca juga:  Pengertian Masa Percobaan Kerja (Probation Period)

Pengembang

Pemberlakuan kebijakan amnesti pajak dianggap akan mendorong pertumbuhan sektor properti karena tax amnesty dapat berpengaruh terhadap peningkatan hubungan pengembang dengan investor. Sebelumnya jumlah investor di Indonesia tidak terlalu banyak dikarenakan tingginya pajak properti di Indonesia.

Investor/Konsumen

Pengampunan pajak ini membuat Investor dan konsumen menjadi lebih berani melakukan pembelian properti di Indonesia karena pajaknya yang tidak tinggi.

Sumber:
JakartaGlobe: Tax Amnesty: What is It and Why Does It Matter?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *