Intelligence Manufacturing: Teknologi Manufaktur yang Membawa Perubahan Besar bagi Perusahaan

teknologi-manufaktur

Perusahaan manufaktur merupakan salah satu pilar utama ekonomi dunia. Sebab, perusahaan di bidang ini menyumbang banyak keuntungan bagi sebuah negara.

Seiring perkembangan zaman, perusahaan manufaktur mulai menggunakan teknologi terbaru dalam menunjang bisnis mereka.

Teknologi manufaktur juga banyak jenisnya mulai dari penggunaan robot hingga kecerdasan buatan. Tak heran bila keberadaannya kerap dikaitkan dengan kesuksesan sebuah perusahaan.

Banner KaryaOne - Aplikasi Penggajian Indonesia

Tantangan Bagi Perusahaan Manufaktur

Dalam setiap perusahaan, terutama bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur tentu memiliki tantangan tersendiri dalam operasionalnya sehari-hari.

Tantangan ini tidak boleh dianggap remeh oleh para pemilik industri manufaktur. Sebab, jika Anda tidak mengelola tantangan tersebut dengan baik dan menjadikannya sebagai tolok ukur kesuksesan perusahaan maka, akan sulit bagi Anda untuk maju.

Tantangan tersebut ada banyak faktor mulai masalah pembiayaan hingga bagaimana perusahaan menghadapi perubahan yang cepat.

Pembiayaan dalam Produksi

Produksi membutuhkan pembiayaan yang tidak sedikit. Dari hari ke hari, biaya tersebut cenderung meningkat karena harga bahan baku dan bahan bakar yang semakin naik.

Petinggi dan pengelola perusahaan manufaktur harus benar-benar memikirkan bagaimana cara yang tepat dalam strategi pembiayaan produksi.

Jika pengelolaan produksi lebih besar daripada pendapatan, maka perusahaan akan kesulitan untuk mengembangkan inovasi.

Pendekatan Berkelanjutan

Pendekatan juga menjadi tantangan tersendiri bagi sebuah perusahaan manufaktur. Pendekatan di sini dilakukan untuk meningkatkan kinerja para karyawan.

Apabila pendekatan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik maka produksi Anda pun akan semakin baik pula.

Hal tersebut juga berkaitan dengan hal-hal lainnya yang tidak kalah pentingnya. Misal dalam melakukan pendekatan terhadap lingkungan.

Teknologi

Mau tidak mau, teknologi manufaktur juga diperlukan bagi perusahaan manufaktur. Bahkan keberadaan teknologi ini menjadi hal yang wajib ketika Anda ingin produksi yang lebih baik.

Dalam dunia industri manufaktur penggunaan mesin ada dua jenis, yakni menggunakan metode machine to machine (M2M) dan machine to human (M2H).

Keduanya sangat diperlukan dalam hal pengelolaan mengenai stok barang, produksi dan sebagainya. Semakin perusahaan menggunakan teknologi terkini, maka operasional produksi pun akan berjalan seperti apa yang diharapkan.

Perubahan yang Sangat Cepat

Tantangan selanjutnya yang dihadapi oleh perusahaan manufaktur adalah perubahan yang sangat cepat. Di sini, posisi Anda sebagai pemimpin perusahaan atau pengelola perusahaan di uji.

Anda harus memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di kemudian hari. Kehadiran teknologi manufaktur setidaknya dapat mengurangi kekhawatiran Anda mengenai perubahan tersebut.

Pentingnya Menggunakan Teknologi Manufaktur

Teknologi manufaktur sudah terbukti memberikan banyak manfaat bagi sebuah perusahaan. Khususnya bagi manufaktur yang bergerak di bidang peralatan berat.

Para pakar teknologi menilai jika teknologi manufaktur dapat menjadi sebuah jalan bagi perusahaan untuk mencapai kesuksesan mereka.

Setidaknya berikut manfaat yang akan diperoleh oleh perusahaan jika menggunakan teknologi manufaktur cerdas atau intelligence manufacturing.

Lebih Fleksibel

Menerapkan teknologi manufaktur cerdas setidaknya membuat perusahaan Anda memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan yang lain. Misalnya saja perusahaan menggunakan cloud computing.

Selain lebih efektif, di sisi lain penggunaan teknologi tersebut juga akan menjamin keamanan data-data penting bagi perusahaan Anda.

Kemudian data tersebut dapat diakses kapan saja dengan mudah dan cepat. Tentu Anda tidak perlu membongkar dokumen yang ada di lemari penyimpanan bukan?

Lebih Efektif dan Efisien dalam Hal Biaya Produksi

Biaya produksi yang terjangkau dan keuntungan yang sebesar-besarnya adalah impian bagi perusahaan. Banyak cara dilakukan untuk mencapai hal tersebut.

Salah satunya adalah penerapan teknologi manufaktur cerdas. Bandingkan bila Anda tidak menggunakannya dan hanya mengandalkan kemampuan karyawan atau manusia saja.

Selain memakan waktu yang lama, rentan human error juga membutuhkan biaya tambahan dalam memberikan honor kepada karyawan tersebut.

Mudah untuk Melakukan Manajemen Perusahaan

Manfaat terakhir yang bisa didapat ketika perusahaan menggunakan teknologi manufaktur tidak hanya berguna untuk faktor produksi saja.

Lebih dari itu, keberadaannya juga berguna dalam melakukan manajemen karyawan. Anda bisa menggunakan software atau aplikasi untuk melakukan pengelolaan dari jarak jauh.

Misalkan saja menggunakannya untuk meeting secara online, mengecek kinerja karyawan hingga mengetahui data-data penting karyawan jika diperlukan.

Itulah pentingnya teknologi manufaktur dalam sebuah perusahaan di era Revolusi Industri 4.0. Sudahkah perusahaan Anda menerapkannya? Jika belum sebaiknya Anda mulai pikirkan dari sekarang untuk keuntungan yang lebih baik.

Sumber : huawei.com

____________

KaryaOne adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *