5 Tipe Rekan Kerja yang Baik dan Profesional

tipe rekan kerja

Salah satu penyebab turunnya kinerja dan produktivitas karyawan di kantor adalah memperhatikan hal tidak penting, termasuk rekan kerja yang mengganggu orang lain dan bersikap tidak profesional.

Memang tidak dapat dihindari, ada saja orang-orang yang seperti itu di setiap kantor, namun bukan berarti Anda tidak bisa menemukan rekan kerja yang baik dan profesional.

Ada beberapa tipe rekan kerja yang baik untuk tim dan bahkan bisa memberi keuntungan bagi Anda dalam dunia kerja. Apakah rekan kerja Anda termasuk salah satu tipe di bawah ini?

1. Integrator

Seorang integrator mampu untuk mendeskripsikan pola kepribadian seseorang. Ia memahami konteks masalah secara luas dan dapat “mendamaikan” kembali semua orang yang sedang terlibat masalah.

Tipe rekan kerja integrator akan mengumpulkan berbagai macam masukan dan mempertimbangkan semua pendapat yang ada. Kemudian ia juga akan mensosialisasikan jalan keluar atau solusi tertentu sebelum melakukannya.

Tipe integrator biasanya ingin tergabung dalam kelompok tertentu, namun di samping itu mereka juga membutuhkan waktu dan fokus untuk “membaca” apa masalah sebenarnya yang sedang terjadi.

Integrator suka untuk berhubungan dengan orang lain dan memiliki rasa empati sehingga ia bisa memahami kebutuhan atau masalah orang lain.

Baca juga:  11 Tips Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

2. Inovator

Seorang inovator selalu mencari cara baru untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Tipe rekan kerja ini membawa banyak pendapat baru untuk sekumpulan masalah dan berusaha untuk mengembangkan solusi lama agar menjadi lebih efisien.

Rekan kerja seperti ini mampu untuk mengerjakan bermacam-macam tugas dan memperbaiki sebuah sistem yang tidak berjalan dengan baik.

3. Advokat

Semua orang membutuhkan seseorang yang bisa memberikan dukungan di saat-saat tertentu. Tipe rekan kerja advokat tidak takut untuk mengeluarkan pendapatnya baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Jika mereka membutuhkan suara orang lain, maka mereka akan maju dan memberikan pendapatnya.

Orang dengan kemampuan dan kepribadian seperti ini mampu menyadari kesulitan dan masalah yang dialami orang lain dan ingin membantu mereka untuk menyelesaikannya. Mereka ingin melakukan sesuatu yang baik dan benar bagi orang lain secara maksimal.

4. Si Pencari Jalan

Tipe rekan kerja “si pencari jalan” adalah orang-orang yang memiliki banyak jaringan sehingga memiliki segudang pengetahuan. Mereka akan membagi pengetahuan dan informasi yang dimilikinya untuk orang lain yang membutuhkan.

Sikapnya yang ramah dan mau berbagi membuatnya disukai dan selalu diterima di lingkungan baru.

Baca juga:  8 Kesalahan Fatal Saat Wawancara Kerja

5. Pionir

Jika Anda membutuhkan ide-ide baru, maka Anda membutuhkan seorang pionir. Seorang pionir adalah seorang pemikir yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan beberapa lingkungan dan melihat sejumlah perspektif secara langsung dengan baik.

Tipe rekan kerja pionir bisa mempertimbangkan sejumlah aspek berbeda dari masalah yang ada dan mengusulkan solusi yang baru untuk mengatasinya. Mereka cocok jika Anda ingin memiliki pemikiran atau pandangan baru mengenai sesuatu.

Sumber:
FastCompany: The 5 Types of Coworkers Who Can Make Your Work Life Infinitely Better

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *