7 Tips Cerdas Mempersiapkan Diri di Hari Pertama Bekerja

tips memulai pekerjaan baru

Sebelum memulai bekerja di tempat yang baru, tentu saja ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Ada banyak tips memulai pekerjaan baru, bahkan yang harus segera dikerjakan beberapa hari sebelum memulai pekerjaan baru tersebut.

Apa saja kira-kira tips untuk memulai pekerjaan baru agar dapat bekerja secara produktif dan profesional? Lihat di bawah ini:

1. Persiapkan Kebutuhan Rumah Sebelum Bekerja

Tips ini berlaku bagi Anda yang memiliki anak. Pasalnya, Anda harus bersiap meninggalkan anak di rumah untuk pergi bekerja dari pagi hingga sore hari.

Tergantung usia anak, mungkin saja Anda harus menggunakan jasa babysitter atau meminta tolong kepada orang tua untuk menjaga cucu mereka selagi Anda bekerja. Idealnya, lakukan simulasi ini setidaknya satu atau dua kali sebelum Anda mulai bekerja kembali.

Jika Anda lebih memilih untuk menitipkan anak di tempat penitipan anak (daycare), Anda juga harus sudah menemukan tempat terbaik jauh sebelum mulai bekerja.

Selain itu, urus juga keperluan lain yang akan Anda tinggalkan selagi bekerja seperti hewan peliharaan atau tanaman (jika ada). Pastikan ada orang lain yang akan menggantikan tugas Anda mengurusnya di rumah.

2. Rencanakan Transportasi Menuju Kantor

Pekerjaan baru berarti tempat yang baru dan juga transportasi baru. Agar tidak salah alamat atau rute perjalanan, pastikan Anda mengetahui dengan pasti bagaimana cara menuju kantor dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Baca juga:  5 Tipe Rekan Kerja yang Baik dan Profesional

Jika Anda menggunakan trasnportasi umum seperti bus atau angkot, cari tahu di mana saja perhentian dan jalan yang dilewati, serta di mana titik Anda harus berhenti. Agar tidak salah, sebaiknya Anda berlatih berangkat dan pulang kantor misalnya satu atau dua kali sebelum masuk kerja.

Selain itu, persiapkan juga pilihan moda transportasi lain yang bisa Anda gunakan untuk berjaga-jaga. Berangkatlah lebih awal pada hari pertama agar tidak telat karena hal-hal yang tidak Anda ketahui di jalan yang dilewati.

3. Persiapkan Pakaian Kerja

Pilih pakaian yang akan dikenakan pada hari pertama kerja beberapa hari sebelum hari-H. Cara ini memberikan Anda waktu untuk mencari, mencuci, menjemur dan menyetrikanya dengan rapi. Jika Anda tidak tahu pakaian seperti apa yang harus dikenakan, coba tanya pada HRD kantor Anda yang baru.

Ingat, pilihlah pakaian yang sesuai dengan budaya dan peraturan perusahaan Anda, dan yang terpenting pakaian itu harus bersih dan rapi.

4. Selesaikan Semua Urusan dan Janji

Jangan menyulitkan diri Anda sendiri dengan harus bekerja dan juga mengurus hal personal lainnya. Selesaikan semua urusan dan janji yang sudah Anda buat jauh hari sebelum mulai bekerja. Misalnya saja check up kesehatan, menyelesaikan urusan bank ataupun mengurus sesuatu di kelurahan yang bisa memakan banyak waktu.

Baca juga:  Cara Mengatasi Absensi Karyawan yang Berlebihan

5. Sesuaikan Jam Tidur

Tidak mudah untuk mengatur ulang jadwal tidur agar teratur kembali sehingga sesuai dengan jam bekerja. Untuk itu, biasakan tubuh Anda untuk tidur dan bangun lebih cepat dari biasanya mengingat Anda harus mempersiapkan diri berangkat kerja.

Idealnya, Anda harus membiasakan hal ini paling tidak 2 minggu sebelum mulai bekerja kembali.

6. Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Jangan sampai ada perlengkapan yang ketinggalan dibawa pada hari pertama bekerja. Bawa pulpen dan buku catatan kecil untuk mencatat semua informasi baru yang akan dijelaskan kepada Anda sebagai karyawan baru.

Selain itu, jika Anda belum mengetahui tentang tempat makan siang yang ada di daerah kantor baru, Anda bisa mempertimbangkan membawa bekal untuk berjaga-jaga.

7. Cari Tahu Informasi Perusahaan

Sebelum memulai hari pertama bekerja, sempatkan waktu Anda untuk kembali mencari tahu informasi mengenai pekerjaan dan perusahaan baru tempat Anda bekerja. Misalnya, apa saja visi dan misi perusahaan, siapa saja klien dan pihak yang bekerja sama dengan perusahaan Anda dan lain sebagainya.

Jika Anda memiliki kenalan di perusahaan tersebut, minta agar mengajak Anda untuk makan siang bersama dengan rekan kerja lainnya untuk mengakrabkan diri dengan lingkungan baru.

Sumber:
The Balance: How to Get Ready to Start a New Job

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *