Tips Posting Lowongan Kerja Online

lowongan kerja online

Internet merupakan salah satu media terbaik untuk memasang iklan lowongan kerja online. Alasannya adalah, anda bisa memposting iklan lowongan kerja secara efektif dan memanfaatkan informasi tersebut untuk merekrut calon karyawan baru.

Penggunaan internet juga sangat mudah, lebih murah serta tak memakan banyak kertas sehingga lebih efektif. Saat ini semakin banyak para pencari kerja yang mencari pekerjaan secara online.

Lalu tugas anda sebagai HRD di perusahaan yakni memasang info lowongan kerja online di berbagai kanal strategis yang ada di internet. Lalu bagaimana caranya?

Berikut ini adalah tips cara bagaimana memasang iklan lowongan kerja online di internet.

1. Website Perusahaan

Posting lowongan kerja di website perusahaan, minta bagian HRD untuk memposting lowongan pekerjaan di website perusahaan anda. Buat tombol atau link yang menarik di bagian halaman utama.

Selain itu, anda juga bisa memposting lowongan pekerjaan pada situs yang khusus menjadi tempat iklan lowongan seperti JobStreet dan JobsDb. Pencari kerja banyak memilih untuk mengakses website seperti itu karena akan terhubung langsung dengan website perusahaan yang membuka lowongan.

Setiap harinya jumlah perusahaan yang memasang iklan lowongan kerja via internet terus bertambah.

2. Media Sosial

Rekrut pekerja dengan media sosial, mengingat semakin kuat dan berkembangnya media sosial seperti LinkedIn, Facebook dan Twitter, semakin besar pula kemampuan mereka sebagai tempat untuk merekrut pekerja. Masing-masing media sosial memiliki cara tersendiri sehingga pilih dengan bijak media sosial mana yang ingin anda gunakan.

Memposting lowongan pekerjaan melalui media sosial adalah cara terbaik lainnya untuk menemukan kandidat terbaik secara online. anda bisa memposting di halaman LinkedIn atau Facebook perusahaan.

Facebook menawarkan halaman khusus perusahaan di mana anda bisa lebih fokus untuk mengiklankan lowongan sambil promo mengenai perusahaan anda. Tak hanya itu, Facebook memungkinkan anda untuk menghubungkan langsung halaman Facebook dengan website serta media sosial perusahaan anda lainnya.

Kandidat potensial juga bisa tetap mendapat informasi terbaru mengenai lowongan pekerjaan tanpa harus meninggalkan halaman media sosial mereka. Ini adalah kunci untuk merekrut pekerja yang memang sesuai dengan spesifikasi anda.

Baca juga:  5 Cara Membuat CV yang Menarik Agar Dilirik HRD

3. Koran Lokal

Pasang iklan lowongan kerja di koran lokal yang memiliki website. Ingat, iklan di koran masih sangat bermanfaat untuk mencari kandidat khususnya jika anda memerlukan pekerja lokal.

Kini ketika ingin memasang iklan, anda pasti akan memilih jalur online karena sejumlah manfaat yang ditawarkannya. Namun, dengan memadukan iklan online dengan offline seperti di koran akan lebih menguntungkan.

Banyak koran lokal yang menawarkan tempat untuk memposting iklan lowongan kerja di situs mereka yang umumnya dikunjungi oleh penduduk lokal. Keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah tidak harus membayar iklan dengan batasan baris seperti pada koran cetak.

4. Website Universitas

Posting iklan lowongan kerja di website universitas, terdapat kemungkinan bahwa website universitas memiliki halaman khusus untuk alumni yang mencari kerja. Wadah ini sangat berguna, khususnya untuk pekerjaan yang memiliki syarat pendidikan tertentu, seperti D3 atau S2.

Hampir semua universitas memiliki bagian layanan karir sehingga memungkinkan anda untuk memasang iklan lowongan kerja secara online. Mereka memiliki kontak dengan banyak alumni dan cenderung membantu untuk mencarikan pekerjaan bagi lulusannya.

Bahkan ada layanan yang memiliki grup LinkedIn berisi para alumni yang bisa anda manfaatkan secara gratis. Pastikan universitas yang anda pilih memang memiliki lulusan dengan bidang pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

5. Student Career Center

Selain universitas yang memiliki pusat yang terkoneksi dengan alumni, anda juga bisa memasang iklan lowongan di universitas yang memiliki layanan student career center. Pilih universitas yang mengkhususkan diri sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.

Misalnya universitas yang memiliki jurusan khusus IT, Teknik Elektro, Kedokteran dan sebagainya. Pihak universitas akan memasang iklan anda dan ikut mendapat keuntungan, khususnya bagi mahasiswa yang mencari magang atau mahasiswa tingkat akhir.

Perlu anda ketahui, salah satu tugas universitas adalah membantu mahasiswa dan para lulusannya untuk mendapat pekerjaan. Jalin hubungan dengan dosen dan departemen terkait yang memungkinkan anda bertemu dengan kandidat terbaik.

Baca juga:  Cara Menulis Job Description yang Efektif

Mereka bisa mempertemukan anda dengan anak magang berkualitas atau mahasiswa yang berpotensial serta cocok dengan perusahaan anda.

6. Job Search Engine

Gunakan Job Search Engine (Mesin Pencari Lowongan Kerja) Mirip seperti mesin pencari pada umumnya, mesin pencari ini dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan pencari kerja dan pemberi kerja.

Misalnya saja, Indeed.com yang menawarkan kesempatan bagi perusahaan untuk memasang iklan lowongan yang menarik dengan membayarkan sejumlah uang. Cara ini lebih hemat karena anda tidak harus membayar beberapa website khusus untuk memasang iklan lowongan.

7. Situs Lowongan Kerja

Melanjutkan poin pertama, pertimbangkan untuk memposting iklan lowongan kerja di situs seperti Jobstreet.com atau Urbanhire.com untuk lowongan umum dan Studentjob.co.id untuk lowongan magang.

Situs seperti ini mampu menjangkau banyak kandidat sekaligus. Pilih paket terbaik sesuai dengan kebutuhan dan minta penawaran khusus untuk anda. Pastikan iklan anda menarik sehingga dilihat oleh banyak pencari kerja.

Sementara bagi anda yang membutuhkan karyawan magang, bisa menggunakan pilihan kedua.

8. Website Asosiasi Para Profesional

Memasang iklan lowongan pekerjaan di website asosiasi para profesional biasanya lebih murah bahkan gratis, terutama jika anda merupakan salah satu anggota asosiasi. Informasi dari website asosiasi lokal seperti ini banyak diminati oleh para pencari kerja lokal.

9. Iklan Lowongan di Industri Terkait

Mirip seperti sebelumnya, anda bisa memasang iklan lowongan kerja di industri terkait yang memiliki email newsletter. Kandidat yang dicari bisa jadi ditemukan di sana. Cara ini tidak harus dilakukan, tergantung pada strategi dan tingkat potensial yang ada di industri tersebut.

10. Email Lowongan Pekerjaan

anda bisa mengirimkan email newsletter berisi informasi lowongan kerja untuk para subscriber. Banyak perusahaan yang memiliki list berisi kontak orang-orang yang dirasa berkaitan dengan kebutuhan perusahaan.

Sumber:
TheBalance: How to Post Jobs Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *