7 Tips Public Speaking agar Anda Nyaman Berbicara di Depan Umum

tips public speaking

Tips Public Speaking – Banyak hal yang telah Anda kuasai untuk mendukung pekerjaan Anda setiap hari.

Tapi ketika Anda diminta untuk berbicara di depan umum, apalagi harus menyampaikan materi yang serius seperti urusan pekerjaan yang menyangkut human resources atau topik-topik yang berat, maka disanalah kelemahan terbesar Anda.

Terkadang banyak yang sudah takut terlebih dahulu ketika baru diminta untuk berbicara di depan umum.

Tentunya Anda tidak bisa berdiam diri saja ketika mendapatkan tugas itu. Anda harus bisa meningkatkan public speaking agar semakin lama bisa semakin hebat dalam urusan itu dan Anda tidak perlu takut lagi ketika diminta melakukannya.

Berikut tips public speaking yang dapat meningkatkan skill Anda dalam berbicara di depan umum.

banner_karyaone

Bagaimana cara agar tidak grogi bicara di depan umum?

Ketika mendengar kalau Anda harus berbicara di depan publik, maka rasa nervous dan takut biasanya segera muncul di dalam diri Anda.

Itu adalah suatu hal yang wajar karena tidak setiap orang punya hati dan pikiran yang siap untuk tampil di depan publik.

Berikut ada 8 tips dasar dari Presenta Edu agar Anda tidak grogi berbicara di depan umum.

Dengan mindset yang benar dan rutin melakukan latihan, Anda dengan sendirinya akan lebih percaya diri dan rileks.

Hal-hal yang bisa mengganggu proses Anda berbicara seperti terbata-bata, tidak berbicara dalam beberapa detik, bingung mau ngomong apa, itu akan sangat terminimalisir.

Anda akan lebih terampil dalam bahasa tubuh, kontak mata, serta intonasi. Nantinya audiens juga akan lebih nyaman mendengarkan Anda berbicara.

Bagaimana cara melatih intonasi?

Intonasi dalam public speaking adalah pemberian tekanan nada pada kata-kata yang relevan agar penyampaian kalimat yang diucapkan lebih efektif.

Dengan intonasi Anda dapat memberikan emosi dalam kata-kata, sehingga pendengar lebih bersemangat mendengarkan.

Dari kalimat yang Anda baca, Anda perlu tahu kata-kata mana yang perlu diberi penekanan, emosi seperti apa yg perlu disampaikan dalam kalimat itu. Seberapa cepat kalimat itu perlu dibaca. Dibagian mana yang nadanya perlu dinaikan atau diturunkan.

Anda bisa berlatih berbicara kemudian merekam cara Anda berbicara.  Jika ingin lebih objektif Anda bisa meminta orang lain untuk mendengarkannya. Di sini Anda perlu melatih feeling.

Video dari Hai Irene ini bisa memberikan contoh yang lebih jelas tentang cara melatih intonasi.

Mengapa perlu menjadi humoris saat public speaking?

Dalam tips publick speaking ini kita akan membahas tentang humor.

Selain terus latihan untuk memantapkan materi yang akan dibawakan, jangan lupa masukkan beberapa sisi humor di dalam materi Anda.

Berikan video, gambar lucu atau bahkan cerita-cerita lucu dan menarik yang bisa memunculkan tawa dari para audiens.

Lalu, jangan lupa gunakan bahasa yang efektif serta sederhana ketika menyampaikan materi sehingga audiens lebih mudah mengerti dengan apa yang Anda bicarakan.

Keuntungan lainnya, Anda juga tidak perlu mengingat materi terlalu keras karena tidak menggunakan bahasa yang menyulitkan. Win-win solution.

Bagaimana cara melatih artikulasi?

Artikulasi menunjukan profesionalisme. Semakin jelas dan akurat artikulasi kata yang Anda ucapkan, Anda akan terlihat semakin profesional.

Artikulasi adalah kemampuan mengucapkan kata-kata dengan jelas.

Seseorang akan lebih mampu menyampaikan pesannya dengan lebih tajam ketika dia mengartikulasikan kata-katanya dengan baik dan akurat.

Tips pertama untuk melatih artikulasi adalah dengan mendengarkan bagaimana para profesional berbicara. Perhatikan bagaimana artikulasi mereka. Kemudian Anda bisa berlatih sendiri, merekam suara Anda sendiri. Dan terakhir meminta umpan balik atas suara Anda tersebut dari orang lain.

Untuk tips yang lebih teknis, silahkan menonton video dari Alan Albana berikut ini.

Apakah Anda mengenal audiens Anda?

Tips public speaking berikutnya…

Tidak hanya masalah dalam diri Anda dan materi saja yang perlu Anda siapkan, tapi Anda juga harus mengetahui audiens yang nantinya akan mendengarkan Anda berbicara.

Khususnya dari segi umur karena dengan begitu, Anda bisa mengatur penggunaan kata, informasi, materi apa saja yang layak ditampilkan serta kalimat-kalimat yang bisa memotivasi mereka.

Kuncinya adalah Anda tidak berbicara untuk diri Anda sendiri, tapi untuk mereka, para audiens yang rela mendengarkan apa yang Anda sampaikan.

Semakin Anda mengetahui tipe audiens yang nantinya hadir di hadapan Anda, maka materi Anda akan semakin cocok untuk mereka.

Mengapa Anda perlu menjadi diri Anda sendiri?

Ketika Anda mencari cara bagaimana berbicara dengan baik di depan umum lewat video-video yang ada di YouTube yang terisi oleh berbagai kepribadian dan anjuran, jangan lupakan satu hal: tetap jadi diri Anda sendiri.

Ya, dengan Anda tetap tampil layaknya diri Anda sendiri, Anda akan lebih mudah untuk menyampaikan materi walau terkadang rasa nervous itu muncul.

Karena apa lagi yang Anda tutupi? Toh Anda sudah menjadi apa yang biasa Anda lakukan setiap harinya.

Dan Pentingkah Berpikiran positif?

Tips publick speaking yang harus Anda lakukan untuk bisa siap dalam berbicara di depan publik adalah berpikiran positif.

Ketika Anda mendengar kalau harus tampil di depan publik, biasanya sudah muncul berbagai pikiran negatif yang diisi oleh beberapa skenario: penonton bosan, Anda bingung mau ngomong apa, atau Anda tidak percaya diri sehingga gagal total.

Daripada hanya berpikiran jelek, lebih baik Anda berpikiran positif saja.

Cukup simpel sebenarnya untuk bisa menghasilkan pikiran positif. Dimulai dari mempersiapkan materi dengan matang serta latihan dengan giat, maka Anda tinggal berpikir positif kalau ketika Anda menyampaikan materi, semua orang akan senang dan Anda bisa melakukannya dengan lancar.

Meski merupakan hal yang membuat tegang, public speaking bukanlah sesuatu yang tidak bisa dipelajari.

Anda hanya perlu sering berlatih dan belajar dari banyak sumber. Semakin tinggi jam terbang Anda, kemampuan public speaking juga pasti akan ikut terasah. Good luck!

Sumber : hardvard.edu

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Comment (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *