Tren Teknologi HR Terkini

Back to Pos

Di penghujung tahun 2018 ini, dunia Human Resource management atau biasa disebut HR semakin diramaikan dengan peningkatan keterlibatan pegawai (employee) bersama employer, penggunaan teknologi real-time, serta perebutan talent yang potensial untuk di masa yang akan datang.

Semakin banyak perusahaan yang mengoptimalkan manajemen sumber daya manusia agar lebih baik dan akurat, sehingga sama-sama membentuk kecenderungan atau tren teknologi. Apa saja tren tersebut? Simak ulasannya berikut.

banner_karyaone

Talent Management

Dalam talent management di masa globalisasi, makin banyak pemegang bisnis menyadari bahwa talent potensial sesungguhnya tidak hanya berasal dari lingkup geografisnya sendiri, tapi juga berasal jauh di luar lingkupnya sendiri.

Bahkan di luar sana ada banyak talent potensial yang dapat berkontribusi untuk perusahaan Anda dengan lokasi dan waktu kerja yang fleksibel. Dan untuk memanajemen talent yang belum bergabung dengan perusahaan Anda, banyak situs dan forum talent management yang bisa sangat membantu Anda.

Rekrutmen Jarak Jauh

Kini proses perekrutan calon karyawan (talent) tak hanya harus melalui tatap muka langsung atau pengumpulan dokumen administratif dasar yang hanya akan memenuhi meja kerja Anda. Mengingat banyak talent potensial yang bisa berkontribusi bagi perusahaan Anda jauh di luar sana, proses rekrutmen pun dilakukan dari jarak jauh secara digital.

Contoh umumnya rekrutmen online yang tanpa harus buang-buang kertas dan wawancara via webcam atau video call. Anda hanya perlu duduk santai di meja dan mengoperasikan PC (personal computer) atau gadget Anda.

Serba Mobile

Teknologi kini hampir selalu berada di genggaman tangan. Hanya perlu beberapa sentuhan di layar gadget Anda, beragam tugas sudah dijalankan. Kemudahan ini membuat talent, karyawan, hingga pimpinan perusahaan dapat melaksanakan dan menyimpan tugas mereka, semudah memutar musik di gadget mereka.

Penggunaan aplikasi mobile mempermudah HR untuk monitoring & payroll karyawan, karyawan mudah mengajukan cuti, lembur, reimbursement hingga absensi dan pengumpulan data yang lebih akurat serta real-time. KaryaOne – Human Resource Management adalah pilihan perangkat lunak dan aplikasi mobile tepat untuk manajemen sumber daya perusahaan Anda.

Cloud-Based dan AI

Penggunaan perangkat lunak dan aplikasi mobile dalam dunia HR terkini dilatarbelakangi oleh semakin bergunanya teknologi layanan cloud-based yang dapat dipantau dan digunakan secara real-time.

Layanan cloud-based kini juga semakin mengoptimalkan keterlibatan karyawan dalam human resource information system (HRIS) sehingga mempermudah manajemen HR, tak hanya sekedar layanan penyimpanan riwayat.

Artificial Intelligence atau AI juga bekerja sama dengan layanan cloud-based, membuat penggunaan layanan lebih mudah dan manfaatnya lebih mudah didapat. Hal ini karena AI memiliki kemampuan belajar/machine learning, di mana semakin banyak data dan feedback (dari manusia) yang diperoleh, AI akan semakin mahir dalam memproses data dan layanan.

Platform Komunikasi

Wadah komunikasi yang mudah diakses, digunakan, serta mudah menghubungkan semua personil dalam perusahaan semakin populer penggunaannya. Tidak jarang karyawan atau bahkan atasan perusahaan butuh mengkomunikasikan suatu hal secara profesional, namun tidak bisa bertemu secara langsung.

Atas kebutuhan ini, muncullah platform komunikasi antar personil dalam perusahaan yang profesional dan mudah digunakan. Penggunaan platform komunikasi dalam perusahaan kini hanya memerlukan pembiasaan user interface, umumnya hanya beberapa hari.

Itulah beberapa tren terkini dalam teknologi HR, mulai dari rekrutmen jarak jauh, layanan cloud-based, hingga platform komunikasi antar personil perusahaan. Semoga ulasan tren ini dapat bermanfaat dalam peningkatan HR perusahaan Anda!

Sumber:
Humanresourcesmba: What are the Latest Trends in HR Technology?

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos