Peran dan Tugas HRD Manager dalam Perusahaan

tugas hrd manager

HRD Manager merupakan salah satu kunci utama kesuksesan setiap perusahaan. Sementara itu, karyawan merupakan aset perusahaan yang paling berharga, dan HRD Manager lah yang bertanggung jawab untuk memaksimalkan value karyawan.

Mereka yang menjabat sebagai HRD Manager, mungkin juga termasuk Anda, harus memandang karyawan sebagai individu penting dan membuat pekerjaan mereka menjadi menyenangkan, serta terciptanya lingkungan kerja yang kondusif.

Untuk mencapai hal itu, ada beberapa tugas HRD Manager yang menjadi tanggung jawab besar mereka. Seperti berikut ini.

Merekrut Karyawan Baru

Merekrut karyawan membuat perusahaan terus menjalankan fungsinya dan bergerak mencapai tujuan utamanya. HRD Manager memiliki tugas untuk mencari kandidat, melakukan wawancara, merekrut dan melakukan proses onboarding karyawan baru. Semua tugas itu akan dikerjakan bersama dengan staff HRD dan manajer (user) lainnya.

Menangani Tugas Administratif

Tugas administratif seperti mengurus payroll, memproses permohonan cuti/izin, membuat jadwal kerja hingga mengelola data karyawan hanyalah beberapa hal yang harus dikerjakan oleh HRD Manager beserta timnya.

Penggunaan HRIS (Human Resource Information System) dalam tugas ini memiliki peran besar karena mampu menghemat waktu dan tenaga HRD Manager.

Baca juga:  5 Cara Menjadi Manajer HRD yang Baik

Memastikan Lingkungan Kerja Aman dan Menyenangkan

Lingkungan kerja yang aman dan menyenangkan dapat mencegah terjadinya konflik dalam perusahaan. Untuk mengatasi kemungkinan terjadinya risiko kerja, HRD Manager memiliki kewajiban untuk melindungi perusahaan dari masalah hukum sekaligus melindungi karyawan dari bahaya fisik ataupun emosional.

Untuk melaksanakan tugas ini, HRD Manager bisa membuat dan mengimplementasikan program pelatihan dan rencana yang bisa memastikan lingkungan perusahaan aman dan tetap sesuai dengan budaya yang ada.

Mengatur Karyawan Secara Strategis

Jangan menyerahkan pengorganisasian karyawan sepenuhnya kepada HRD Manager dan timnya saja, melainkan harus menjadi usaha bersama antara manajer setiap divisi.

Dalam hal ini, HRD Manager dapat membantu untuk membuat pengaturan karyawan secara strategis antara manajer dan karyawan, termasuk dengan tim HRD.

Misalnya membuat rencana suksesi, mengembangkan program kerja untuk mencapai tujuan, membuat program penilaian atau tracking performa karyawan hingga rencana pelatihan.

Berhubungan Baik dengan Karyawan

HRD Manager berperan salah satunya sebagai sosok yang mengatur hubungan antara karyawan dan atasan mereka. Tugas HRD Manager yang tak kalah penting lainnya adalah mengadakan percakapan personal dengan setiap karyawan secara berkala.

Baca juga:  10 Tipe Recruiter, Anda Termasuk yang Mana?

Selain itu, mereka juga harus mengambil langkah yang diperlukan untuk memastikan karyawan dapat bekerja dengan nyaman, serta menjadi mediator jika terdapat konflik antar karyawan.

Sumber:
HR Payroll Systems: What Does a Human Resources Manager Do?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *