Tujuan Laporan Keuangan Perusahaan

tujuan laporan keuangan

Laporan keuangan perusahaan menyajikan banyak informasi finansial yang bisa digunakan oleh para investor dan kreditur untuk mengevaluasi performa keuangan perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu, laporan keuangan juga penting bagi para manajer di perusahaan. Dengan penerbitan laporan keuangan, manajemen bisa berkomunikasi dengan pihak luar maupun para investor mengenai pencapaiannya dalam menjalankan perusahaan.

Masih ada banyak lagi tujuan laporan keuangan perusahaan, berikut ini di antaranya.

aplikasi gaji online

1. Kondisi Keuangan

Kondisi keuangan perusahaan merupakan hal yang penting bagi para investor dan kreditur. Sebagai penyedia modal, kedua pihak tersebut mengandalkan kondisi keuangan perusahaan untuk menjaga keuntungan dari investasi yang telah mereka keluarkan.

Tentu saja investor dan kreditur ingin mengetahui untuk apa saja dana yang mereka berikan kepada perusahaan. Laporan keuangan memberikan informasi rinci tentang investasi aset perusahaan.

Selain itu, laporan ini juga mencantumkan komponen utang dan ekuitas perusahaan sehingga investor dan ekuitas hutang dapat memahami posisi perusahaan.

2. Hasil Operasi Perusahaan

Kondisi keuangan perusahaan yang terlihat di neraca adalah kondisi aset, kewajiban dan ekuitas yang ada pada akhir periode laporan. Namun, laporan tersebut tidak menyebutkan atau menjelaskan apa saja penyebab berubahnya kondisi keuangan perusahaan.

Sedangkan, laporan mengenai informasi operasional perusahaan juga merupakan salah satu hal yang ingin diketahui oleh investor.

Laporan keuangan mengenai laba rugi misalnya, akan memberikan penjelasan mengenai penjualan, pengeluaran dan keuntungan atau kerugian.

Dengan membuat laporan laba rugi, investor dapat mengevaluasi performa pendapatan perusahaan dan memperkirakan cash flow di masa depan.

3. Cash Flow

Laba perusahaan yang tercatat pada laporan laba rugi tidak memberikan informasi langsung mengenai pertukaran tunai perusahaan dalam sebuah periode waktu tertentu.

Sementara itu investor ingin mendapatkan informasi mengenai semua sumber pendapatan yang akan kembali membayar investasinya.

Dari sini dapat jelas terlihat bahwa laporan cash flow atau arus perputaran keuangan sangat dibutuhkan. Dengan demikian para investor mengetahui apakah perusahaan memiliki cukup uang untuk pembelian aset dan pembiayaan pengeluaran.

4. Ekuitas Stakeholder

Laporan mengenai ekuitas para pemegang saham sangat penting bagi ekuitas investor karena menunjukkan berbagai perubahan seperti komponen ekuitas termasuk laba ditahan dalam satu periode.

Jumlah ekuitas pemegang saham adalah total aset perusahaan dikurang total kewajiban sehingga menghasilkan kekayaan bersih perusahaan.

Tujuan Laporan Keuangan menurut PSAK No. 1

Tujuan laporan keuangan menurut PSAK no. 1 adalah penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas.

Laporan keuangan ada untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan dan arus kas entitas yang bermanfaat bagi sebagian besar kalangan pengguna laporan alam pembuatan keputusan ekonomi.

Tujuan laporan keuangan yaitu menunjukkan hasil pertanggungjawaban manajemen atas sumbe rdaya yang dipercayakan kepada mereka.

Laporan keuangan menyajikan informasi berikut:
a. aset
b. liabilitas
c. ekuitas
d. pendapatan dan beban termasuk keuntungan dan kerugian
e. kontribusi dari dan distribusi kepada pemilik dalam kapasitasnya sebagai pemilik
f. arus kas

Laporan keuangan tidak hanya diperuntukan untuk bisnis kecil atau perusahaan. Namun juga digunakan oleh organisasi-organisasi termasuk pemerintah. Anda bisa mempelajari tentang tujuan laporan keuangan untuk pemerintah melalui video dari channel Kuliah Akuntansi Pemerintahan di bawah ini

 

Baca juga:

  1. Contoh Studi Kasus Perhitungan FIFO, LIFO, AVERAGE di Perusahaan
  2. Rekonsiliasi Bank : Pengertian, Penyebab, Manfaat dan Bentuk
  3. Definisi Neraca Keuangan, Cara Membuat, dan Contohnya
  4. Pengertian Laporan Keuangan (Laporan Laba Rugi, Neraca, Arus Kas) dan Contoh

Sumber:
SmallBusiness: What Is the Importance of a Company’s Financial Statements?

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

banner_karyaone

Comment (1)

  • Steviana Reply

    Saya ingin bertanya, apakah ada perusahaan besar sama sekali tidak mempublikasikan informasi keuangannya? Jika ada , apa alasannya? Dan jika tidak ada apa yang menjadi patokan setiap perusahaan ?

    Maret 19, 2020 at 1:00 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *